5 Bahaya MSG bagi Kesehatan Tubuh

Makanan tanpa Monosodium glutamate atau lebih dikenal dengan MSG rasanya tidak enak. Begitulah pendapat sebagian besar orang saat ini. Setiap masakan pasti ditambahkan MSG.

Katanya dengan penambahan MSG masakan menjadi lebih sedap dan enak. Makanya, sangat sulit sekali menemukan menu masakan yang tidak menggunakan MSG. Di berbagai tempat, baik pedagang di pinggir jalan hingga restoran menggunakan MSG.

Tapi, tahukah kamu bahwa penggunaan MSG secara terus menerus akan mengakibatkan banyak sekali gangguan pada kesehatan? Ya, MSG ternyata memiliki banyak sekali efek negatif bagi kesehatan.

Meskipun membuat masakan menjadi enak dan sedap, tapi MSG sangat membahayakan bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya. Sebagian kecil orang sudah sadar akan bahaya MSG.

Oleh karena itu, mereka menghindari masakan yang menggunakan MSG dan mencari alternatif lain agar masakan tetap enak dan sedap. Mereka sadar bahwa MSG akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Apa saja efek negatif tersebut? Berikut ulasannya.

Kegemukan

tulisansehat.blogspot.com

Banyak orang yang tidak menyukai dengan berat badan. Karena hal tersebut mengganggu aktivitas dan mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, mereka berusaha agar bisa menurunkan berat badannya.

Tapi, sebagian besar dari mereka tidak sadar bahwa salah satu penyebab berat badannya bertambah adalah penggunaan MSG dalam setiap makanan yang mereka makan. Ya, mSG ternyata bisa mengakibatkan kegemukan bagi orang yang mengonsumsinya.

Hal ini dikuatkan dengan penelitian yang dilakukan di Tiongkok. Penelitian tersebut dilakukan dengan mengamati perubahan pada 752 orang yang sebagian mengonsumsi makanan ber-MSG dan sebagian lagi mengonsumsi makanan yang tidak menggunakan MSG.

Hasilnya adalah orang yang mengonsumsi makanan yang menggunakan MSG berat badannya bertambah.

Kerusakan Otak

list25.com

Mungkin, mengonsumsi makanan yang mengandung MSG dalam taraf sedikit tidak akan terlalu berpengaruh bagi kesehatan. Namun, jika MSG dikonsumsi dalam jumlah besar dan sangat sering, maka bisa mengakibatkan permasalahan.

Salah satunya adalah kerusakan otak. hal ini disebabkan karena MSG memiliki kandungan zat kimia yang selalu merangsang otak untuk berfikir makanan.

Maksudnya adalah otak dipaksa untuk mengirim sinyal nafsu makan pada tubuh. Hal ini bisa membuat otak tidak bisa berfikir normal dan hanya berfikir mengenai makanan saja.

Pengaruh pada Hati

dietdoctor.com

MSG juga bisa berpengaruh terhadap kinerja hati. Karena otak selalu memberikan sinyal nafsu makan. Intinya bahwa orang yang seringkali mengonsumsi makanan yang mengandung MSG akan merasa selalu lapar dan ingin makan.

Jika hal ini diikuti, maka hati akan bekerja lebih ekstra. Sehingga mengganggu kestabilan kinerja hati. Lama kelamaan bisa mengakibatkan gangguan pada hati.

Menghambat Kecerdasan

www.dakta.com

Masalah ini yang seringkali diteriak-teriakkan oleh mereka yang anti MSG kepada orang pecandu MSG, yaitu menyebabkan kebodohan. Ya, pernyataan tersebut memang benar adanya.

Mengonsumsi MSG dalam jumlah yang banyak dan sering akan mengakibatkan hambatan pada otak. Karena otak selalu memberikan sinyal nafsu makan. Hal tersebut membuat otak tidak bisa berfikir lainnya dan sulit untuk digunakan berfikir selain makanan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk menghindari MSG, khususnya bagi anak-anak. Karena bisa berpengaruh pada pertumbuhan otaknya. Yang perlu diawasi juga dari anak-anak adalah jajanannya. Karena banyak jajanan yang mengandung MSG cukup tinggi.

Radang Kulit

grosiramazing.com

Memang, gangguan radang kulit ini sangat jarang ditemukan bagi mereka yang suka mengonsumsi MSG. Namun, hal ini bisa terjadi meskipun kemungkinannya sangat kecil sekali. Jadi, tidak ada salahnya untuk menghindari MSG agar tidak terkena radang kulit.

Tinggalkan komentar