Pengertian Dari Bakteri Gram Positif dan Negatif

BAKTERI GRAM POSITIF DAN NEGATIF – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang bakteri gram positif dan negatif. Kami akan menjelaskannya dengan detail dan sangat terperinci. Langsung saja mari kita bahas tentang bakteri positif dan negatif dibawah ini.

Pada tahun 1884 , ada seseorang ilmuwan yang berasal dari Denmark, yang bernaman Hans Christian Gram, yang mengembangkan suatu teknik yang berfungsi untuk membedakan jenis bakteri melalui ketebalan lapisan peptidoglikan pada dinding sel dengan menggunakan pewarna.

Tidak usah berlama-lama mari kita bahas langsung saja bakteri positif dan negatif dibawah ini.

Bakteri Gram Positif

hellosehat.com

Yang pertama yang akan kami bahas adalah bakteri gram positif, bakteri ini adalah bakteri yang dinding selnya dapat menyerap warna violet dan memiliki lapisan yang cukup tebal. Contoh bakteri gram positif adalah, Arachnia, Clostridium. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ciri – Ciri Bakteri Gram Positif

comune.sicilia.it
  • Dinding sel

Yang pertama adalah dinding sel atau yang sering kita sebut dengan homogen yang memiliki tebal 20 sampai 80 mn dan sebagian besar dari dinding tersebut tersusun dari peptidoglikan dan sebagian yang lainnya adalah polisakarida dan asam taikot.

  • Bentuk Sel Bulat, atau batang filamen.
  • Reproduksi / pembelahan biner.

Dan masih banyak ciri-ciri yang lainnya.

Bakteri Gram Negatif

frmtr.com

Bakteri gram positif dan negatif. Setelah kami membahas bakteri positif maka selanjutnya kami akan membahas tentang bakteri gram negatif. Bakteri ini adalag bakteri yang memiliki dinding sel yang berwarna merah.

Bakteri gram negatif ini memiliki lapisan yang bernama peptidoglikan yang milikki lapisan yang tipis. Lapisan peptidoglikan ini adalah bakteri gram negatif yang terletak di ruang periplasmik atau lebih tepatnya diantara membran dan plasma dengan membran luar.

Dan contoh dari bakteri gram negatif adalah, Rhizobium, haemophilus influenze, dan masih banyak lagi contoh bakteri gram negatif.

Sekian penjelasan dari kami tentang bakteri gram positif dan negatif jika ada saran anda bisa menulisnya dikolom yang ada dibawah ini. Jika anda ingin informasi yang lainnya anda bisa membacanya artikel kami yang lain.

Tinggalkan komentar