Bakteri Yang Menguntungkan Beserta Jenis-jenisnya

BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN – Hai sobat satujam! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai bakteri yang menguntungkan. Nah, penasaran kan? Makanya jangan sampai kita menganggap bahwa yang namanya bakteri itu pasti merugikan atau membahayakan untuk kita.

Mari kita benahi pikiran kita supaya kita tidak menganggap semua bakteri itu merugikan ataupun membahayakan kita. Bahkan, bakteri yang bermanfaat ataupun menguntungkan kita itu cukup banyak. Anda bisa kenali bakteri-bakteri yang menguntungkan untuk kita sebagaimana ulasan di bawah ini.

Jenis-jenis Bakteri yang Menguntungkan

Bakteri
amazonaws.com

Bakteri yang menguntungkan disebut dengan “probiotik“, probiotik juga akan berfungsi dengan baik jika dibantu oleh bakteri lain, nama dari bakteri yang membantu probiotik adalah “prebiotik‘. Bakteri-bakteri yang menguntungkan tersebut akan melawan penyakit-penyakit yang akan melalui lapisan kulit, kekebalan tubuh dan lapisan mukosa.

Dan bukan hanya menguntungkan bagi manusia saja, tapi juga bisa menguntungkan untuk tumbuhan dan lain sebagainya.

Jenis bakteri-bakteri yang menguntungkan manusia yaitu untuk kesehatan antara lain adalah;

1. Streptomyces griseus, yang mana bakteri ini berperan membantu tubuh dalam menghasilkan antibiotik jenis streptomycin.

2. Streptomyces venezuelae, bakteri ini juga membantu untuk menghasilkan antibiotik kekbalan tubuh dalam jenis chloramphenicol.

3. Streptomyces aureofaciens, adapun bakteri yang ini berperan dalam menghasilkan antibiotik jenis tetracycline.

4. Bacillus polymyxa, bakteri yang satu ini membantu dalam menghasilkan antibiotik yang berjenis polymixin. 

5. Penicillium, bakteri penicillium pada tubuh manusia sangat berperan dalam menghasilkan antibiotik yang berjenis penisillin.

6. Baccilius brevis, dengan adanya bakteri ini maka akan menghasilkan antibiotik yang berjenis terotrisin yang menjaga untuk tubuh.

7.  Bacillius subtilis. bakteri yang ini membantu dalam membentuk antibiotik jenis basitrasin untuk melindungi tubuh.

8. Polymyka, jenis bakteri ini membantu dalam menghasilkan antibiotik jenis poliximin untuk kekebalan tubuh.

Adapun bakteri yang bermanfaat menguntungkan pada bidang pertanian atau tumbuhan antara lain adalah;

1. Rhizobium leguminosarum, peran bakteri yang satu ini paada tumbuhan atau pertanian adalah fiksasi nitrogen pada akar kacang-kacangan.

2. Bacillus cereus, bakteri ini dalam tumbuhan berperan sebagai mengendalikan laju pertumbuhan hama ulat grayak yaitu pada tumbuhan kubis.

3. Enterobacter sp, peran bakteri jenis ini adalah menghambat penyakit bercak pada daun mentimun.

4. Leuconostoc mesenteroides, kalau bakteri yang ini membantu dalam menghasilkan bakterisida atau bakteriosin.

Nah, itulah ulasan mengenai bakteri yang menguntungkan beserta jenis-jenisnya. Sekiranya ulasan di atas sudah cukup jelas dan bisa dipahami, semoga dengan ulasan di atas bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita bersama, wassalam.

Tinggalkan komentar