87+ Foto dan Video Balap Motor Dunia

BALAP MOTOR – Ini adalah olahraga otomotif yang menggunakan sepeda motor. Khususnya road race, cukup populer di Indonesia. Hampir tiap minggu di berbagai daerah di Indonesia even balap motor diselenggarakan. Selain road race, balap motor jenis lain yang cukup sering diadakan adalah motorcross, drag bike, grasstrack dan supersport.

Terdapat banyak jenis olahraga yang menggunakan sarana motor balap serta banyak pula jenis dan bentuk motor. Oleh karena itu, banyak jenis perlombaan dan kejuaraan balap motor. Perlombaan dan kejuaraan balap motor tersebut di naungi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM).

Bagi kamu yang menyukai balap motor, tentu ingin tahu perlombaan dan kejuaraan apa saja yang ada saat ini. Berikut beberapa penjelasannya.

 

Road Racing

Balap Motor - Road Racing
beritadaerah.co.id

Asal muasal road racing atau balap jalanan adalah balapan yang lokasi lombanya di jalan umum seperti Grand Prix Macau, lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy) dan beberapa lintasan di Ireland.

Namun, balapan ini sekarang dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibangun khusus karena lintasan yang ada di jalan umum terlalu bahaya dan terlalu beresiko.

BACA JUGA: Modifikasi Mobil Keren dari Berbagai Negara di Dunia

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang pengertin serta definisi dari road race atau balam motor yang merupakan salah satu dari cabang olahraga. Penertian dari road race secara mendasar adalah balapan motor yang dilakukan dia arena jalan beraspal akan tetapi jika dilihat dari artinya Road race memiliki arti balap jalanan dan yang dimaksud balap jalanan ini adalah balapan yang menggunakan motor hasil produksi masala atau disebut juga dengan modifikasi.

Road race tidak seperti halnya balapan motor motogp yang menggunakan motor prototype yang dilakukan dijalan umum yang resmi. Di Indonesia Road Racebiasanya diselenggerakan pada akhir pecan yaitu sabtu dan minggu. Motor yang digunakan dalam balapan Road Race seperti yang disebutkan di atas yaitu dengan menggunakan motor modifikasi dengan panduan pada buku.

Balapan motor jalanan atau Road Race ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1970 an yang lalu. Dan disebut dengan Road Race karena menggunakan jalanan umum  dan seperti yang sudah dikatakan di awal yang masih menggunakan jalanan  umum  seperti jalan raya dan seiring perkembangannya, sekarang sudah menggunakan lintasan khusus.

Peraturan yang ada pada arena balapan Road Race ini diatur oleh Ikatan Motor Indonesia  Pusat. Peraturan ini meliputi regulasi tata perlombaan, regulasi peraturan seorang pembalap (joki motor), serta regulasi tekni seperti  modifikasi apa saja yang boleh dilakukan dalam memodifikasi motor untuk balapan.

Banyak sekali event balap motor Road Race yang ada di Indonesia mulai dari kejurda provinsi hingga level yang tinggi yaitu Indoprix. Namun selain event-event tadi, masih banyak event-even yang diselenggarakan hajatan Road Race seperti oleh club event pabrik motor seperti Honda Racing Championship [HRC] ], dan Yamaha Cup Race [YCR, maupun club event mandiri.

Club event yang sering menyelenggarakan hajatan Road Race di daerah-daerah seperti Noname dan Kapota sebagai kejuaraan tingkat daerah di Jawa Bara. Selain itu, ada juga club even seperti Gaduro Sport Club di Jawa Tengah,dan juga  VSC Yogyakarta dan Javanoa Sport Club Jawa Timur.

Karena balapan Road Race ini kurang begitu familiar, tida banyak orang yang tahu tentang tingkat balapan Road Race ini. Ternyata selain di level Indonesia dan asia, balapan Road Race juga diselenggarakan dengan tingkat dunia dan balapan Road Race tingkat dunia disebut juga dengan WSBK atau kepanjangan dari Wordl Super Bike.

WSBK atau singkatan dari Wordl Super Bike ini merupakan balapan Road Race tingkat dunia yang sesungguhnya. Serta motor yang digunakan adalah motor besar yang kekuatan mesin 1000 cc seperti Suzuki GSX-R Yamaha R1 dan Honda CBR dan juga sederet motor yang dikenal dengan kuda besi seperti Ducati, Kawasaki, dan Aprillia.

Namun semua itu sebenarnya adalah motor produksi masala tau motor modifikasi dan modifikasinya juga sesuai dengan batasan yang telah diatur dan dibukukan oleh penyelenggara balapan Road Race tingkat dunia.

Di luar negri juga ada Superbike yang tidak kalah serunya dengan motogp dan live TV dan mungkin bisa dikatakan sebanding dengan Motogp dan ini semua disiarkan dalam TV diberbagai Negara bahkan pembalap daari Superbike banyak sekali yang pindak ke Motogp dan tak sedikit yang yang sebaliknya.

Itulah beberapa ulasan tentang balapan Road Race yang merupakan salah satu dari cabang olahraga yang sangat seru. Semoga bisa menambah wawasan kita, salam olahraga.

Circuit Racing

Balap Motor - Circuit Racing
www.kompasiana.com

Circuit racing atau balap sirkuit adalah balapan yang menggunakan motor pabrikan yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan menggunakan sirkuit yang sudah dirancang khusus pula.

Jika kamu mengetahui balapan motor dengan level tertinggi, yaitu motoGP itulah kejuaraan yang dinamakan balap sirkuit. Motornya dirancang khusus untuk balapan dan tidak dijual secara bebas.

Satu lagi contohnya, yaitu World Superbike, yaitu contoh balapan yang menggunakan motor yang diproduksi massal dan dijual secara bebas, namun motor yang digunakan untuk balapan di modifikasi terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan.

Classic Racing

Balap Motor - Classic Racing
www.motorcyclenews.com

Classic racing atau balap klasik adalah balap motor dimana pembalapnya menggunakan motor -motor sebelum pertengahan tahun 70-an yang dimodifikasi sedemikian rupa.

Di Indonesia sendiri classic racing sudah bukan hal yang baru. Setiap tahunnya diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sentul pada ajang balapan touring seri nasional.

Classic racing pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008 yang bernama Classic Race Championship. Balapan mobil klasik ini bekerjasama dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Klasik Indonesia (PPMKI). Balapan ini mendapatkan respon yang tinggi dari para komunitas atau penggemar mobil klasik yang ingin mencoba sensasi balapan di Sentul.

Berdasarkan perjalanannya classic racing dapat bertahan sampai tahun 2012, lalu pada tahun 2013 diambil alih oleh promotor lain. Sampai di tahun 2014 balapan motor klasik ditiadakan kemudian muncul kembali pada tahun 2015 dengan nama Old Skool Racing Championship atau disingkat OSRC.

Balapan ini akhirnya dipromotori oleh Ervin Maladjong dari Gazpoll Racing. Adapun tujuan dari OSRC adalah untuk mewadahi penggemar mobil balap yang ingin bertanding di arena balapan.

Motocross

Balap Motor - Motocross
www.youtube.com

Nah, jenis ajang balapan yang satu ini sangat menarik untuk disimak dan disaksikan, yaitu motocross.

Kejuaraan lomba yang satu ini diadakan menggunakan lintasan berlumpur, dan memiliki tanjakan yang cukup tinggi untuk dilewati.

Walaupun begitu, jarak lintasan balap motorcoss bisa dibilang sukup pendek apabila dibandingkan dengan balapan lainnya.

Tapi jangan salah sangka, meskipun pendek, tetapi rintangan yang dilewati cukup mengundang adrenalin juga loh.

Nah, untuk sepeda motornya, pada ajang balap motorcross, motor di desain sebisa mungkin memiliki tangki bahan bakar yang kecil, selain supaya ringan dan kecil.

Motorcross juga di desain dengan suspensi yang panjang, supaya memungkinkan pengendaranya untuk melakukan lompatan untuk melewati rintangan pada kecepatan yang tinggi.

Mesin dari motorcross itu sendiri biasanya menggunakan 1 silinder unit two-stroke atau four-stroke, dengan variasi ukuran yang berbeda, yakni dari 50cc sampai dengan 650cc.

Motocross merupakan olahraga bermotor yang ekstrim dan mengasyikan. Olahraga ini sedang booming di Indonesia, hal ini dapat dilihat dari banyaknya komunitas motocross yang bermunculan.

Menggunakan motor jenis ini memang sangat menegangkan dan dapat memacu adrenalin sampai puncaknya, terlebih jika melaju di atas track bebatuan yang berlumpur.

Motor biasa umumnya tidak akan bisa untuk melaju di track seperti ini, karenanya dibutuhkan motor dengan spesifikasi khusus offroad, salah satunya adalah motocross ini.

Motor untuk kegiatan offroad sendiri dibagi menjadi 2 jenis, yaitu enduro dan motocross. Jenis motocross yang sedang dibahas ini biasanya digunakan dalam lintasan yang pendek dan penuh rintangan.

Motocross memiliki tangki bahan bakar yang kecil serta suspensi yang tinggi. Tangki bahan bakar yang kecil dimaksudkan agar bobot motor tetap ringan dan motor tetap dapat lincah bergerak kesana kemari. Sementara suspensi yang tinggi digunakan agar motor dapat melompati berbagai rintangan yang menghadang di depannya.

Jenis motor offroad berikutnya adalah enduro. Motor enduro memiliki berbagai perlengkapan seperti motor pada umumnya, seperti lampu sign, lampu dan klakson.

Motor jenis enduro ini memiliki tangki yang besar agar muat bahan bakar lebih banyak. Motor ini dirancang demikian karena memang didesain untuk berkendara dalam waktu lama. Idealnya perlombaan dengan motor enduro ini memakan waktu sekitar 1 sampai 2 hari. Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk menguji daya tahan motor sekaligus penggunanya.

Sejarah Motocross

Motocross awalnya diciptakan pada tahun 1860 oleh seorang ilmuan asal inggris yang bernama Pierre Michaux. Awalnya motocross hanya berupa sepeda motor sederhana bermesin uap.

Mulai awal tahun 1900-an banyak penggemar motocross bermunculan dari seluruh penjuru negeri. Balap motor ini terus terjadi sampai sekitar tahun 1920an dan pada akhirnya kompetisi ini dikenal dengan sebutan “Motocross” yang dilangsungkan di Camberley, Inggris. Sebelum itu perlombaan ini dinamakan British Off-Road.

Motocross merupakan gabungan dari kata “motorcyclette” dan “Cross country”. Pada waktu itu motor yang digunakan dalam perlombaan motocross sama dengan yang dipakai di jalanan biasa. Karenanya perkembangan teknologi terus dilakukan guna meningkatkan performa motor dan keselamatan pengendara.

Setelah itu perlombaan motocross sempat terhenti karena terjadinya perang dunia kedua sampai akhirnya perlombaan ini hidup kembali pada tahun 1952 dengan diadakannya Europian Champiohsip Series. Akhirnya sekarang kejuaraan motocross populer dan digelar di berbagai tempat di penjuru dunia.

Lalu pada sekitar tahun 1960an mesin sepeda motor 2 stroke muncul. Pada tahun 1970an barulah olahraga ekstrim ini berpacu di arena balap.

Pada periode ini perusahaan motor dari Eropa seperti Inggris, Cekoslovakia dan Swedia mulai bersaing untuk menciptakan motor yang ringan dan tangkas untuk melakukan manuver.

Barulah pada akhir tahun 1960an perusahaan Jepang berhasil memproduksi sebuah motor dengan kualitas tinggi. Perusahaan ini bernama Suzuki dan motornya berhasil ikut dalam kejuaraan dunia motocross pada level 250cc. Kejuaraan ini berlangsung pada tahun 1972 dan bertempat di Los Angeles Coliseum.

Pada tahun 1990an mulai berlaku aturan ramah lingkungan bagi sepeda motor. Karena itu penggunaan motor 2 stroke mulai dibatasi dan diganti dengan motor 4 stroke yang lebih ramah lingkungan.

Sampai sekarang olahraga motocross ini terus maju dan berkembang. Kejuaraan motocross sekarang diadakan di dalam sebuah arena motocross internasional yang bagus dan berkualitas seperti Motocross Freestyle Arenacross dan Supercross.

Supermoto

Balap Motor - Supermoto
www.bikebandit.com

Supermoto merupakan gabungan dari balapan jalanan dengan motocross.

Motor yang digunakan untuk balapan umumnya menggunakan motocross, namun bannya diganti dengan ban motor balap jalanan.

Lintasannya pun gabungan antara lintasan jalanan beraspal dengan lintasan berlumpur.

Berdasarkan otorace.com, memang balap motor jenis supermoto dunia tidak seramai serta sepopuler MotoGP Arena, meskipun demikian akhir-akihr belakangan ini, dunia Supermoto mulai makin terkenal serta memanas, baik di dalam maupun luar negeri.

Supermotard atau Supermoto ialah balap motor yang dilombakan di sirkuit yang memadukan tiga macam lintasan (track) yang tidak sama, yaitu track datar (flat), track motorcross, serta sirkuit (road race) jalanan. Dengan memakai sepeda motor yang memanglah didesain untuk maksud itu. Menurut website Federation of International Motorcycling (FIM), Supermoto sendiri masuk ke dalam katagori motocross.

Di tingkat dunia, hari ini Supermoto sudah lahir jadi genre balap motor sendiri dengan pembalap tersendiri pula. Merka tidak sama dari pengendara di kelas-kelas dan jenis balapan lain. Satu di antaranya yang tengah serius jadikan balap motor “jangkung” ini semakin popular yaitu S1GP atau Supermoto 1 Grand Prix, yang sudah memperoleh dukungan dari FIM.

Supermoto sendiri pada awalannya dikenal di tahun 1970an dengan sebutan Superbikers, yang digelar jaringan TV ABC. Berawal dari situ, supermoto hanya memakai motor-motor hasil modif dari motor off-road trail, yang dirubah lebih menjadi multi-purpose. Dengan kata lain dapat juga dipakai untuk ngebut di sirkuit jalanan.

Speedway

Balap Motor - Speedway
truemotosite.net

Speedway ini bisa dikatakan cukup sulit. Karena rintangannya terlalu banyak.

Dari segi sirkuitnya saja sudah sulit, yaitu sirkuit yang berbentuk oval. Bayangkan saja lintasan lurus saja sudah sulit apalagi lintasan oval.

Selain itu, pembalap juga berlomba dengan gaya khas, yaitu mengepot, berbelok dengan menggeser roda belakang motor untuk mempermudah pembalap dalam melewati sirkuit yang berbentuk oval tersebut.

Jika membahas tentang balapan motor jenis ini, mungkin banyak masyarakat dunia yang belum mengetahuinya atau tidak sepopuler moto GP saat ini. Bukan hanya tidak mengetahuinya saja melainkan mungkin belum pernah menontonnya.

Arena yang digunakan dalam balapan motor speedway ini berbentuk lingkaran dan lintasan yang digunakan pn tidak terbuat dari aspal seperti pada umumnya, melainkan dari tanah, sangat unik bukan.

Jika kalian melihatnya baik-baik, sepeda motor speedway ini terlihat seperti model motor jaman dahulu atau jadul istilah singkatnya. Dan ternyata motor yang digunakan untuk speedway ini merupakan motor dengan seri keluaran baru.

Hanya saja dari segi penampilan memang sengaja dibuat seperti model motor jaman dulu. Kenapa modelnya dibuat seperti motor pada jaman dulu? Karena model atau penampilannya dibuat seperti itu bertujuan untuk mengurangi berat atau bobot kendaraan sepeda motor ini.

Bobot atau berat yang dimiliki oleh sepeda motor speedway ini diterangkan tidak lebih dari 100 kg, hanya sekitar 85 kilogram saja. Jika kalian tahu bahwa motor yang digunakan untuk ajang balap speedway ini bukan sembarang motor atau bukan motor yang umum di pasaran saat ini.

Motor ini hanya diproduksi oleh dua buah produsen motor dari Praha Republik Ceko. Salah satu produsennya yaitu Jawa. Tapi disini bukan jawa yang ada di negara kita lo ya. Jawa ini merupakan sebuah singkatan yaitu Janecek dan Wanderer yang disingkat menjadi “JAWA”.

Nama parbik motor balap speedway ini berasal dari pendirinya yang disebutkan tadi. Mungkin yang belum tahu sama sekali dikira terinspirasi dari jawa, ternyata tidak, kebetulan saja nama pendirinya jika disingkat jadi seperti nama jawa yang ada di negara kita.

Kemudian sepeda motor balap speedway ini mempunyai dapur pacu yang menggendong mesin dengan kapasitas yang tidak tanggung-tanggung. Yaitu sekitar 500 centimeter kubik atau mempunyai cc 500.

Luar biasanya motor balap speedway ini dengan kapasitas mesin sebesar itu hanya menggunakan satu silinder saja. Dan motor balap speedway ini tidak menggunakan radiator untuk mendinginkan mesin yang sangat besar tersebut. Memang luar biasa motor balap yang satu ini.

Motor balap speedway ini mempunyai piston dengan diameter 90 mm serta langkah 78,5 mm ini juga tidak menggunakan perseneling gigi. Jadi hanya tinggal tarik tuas gas yang sudah terpasang pada motor, motor langsung berjalan dengan sendirinya.

Di dalam mesin motor balap yang satu ini terdapat kopling kering yang ditanam agar motor bisa netral.  Gunanya ditanam kopling kering dalam mesin motor ini untuk meredam kebringasan putasan mesin saat sedang balapan.

Motor balap speedway ini yang mempunyai cc 500 dapat mengeluarkan tenaga hingga 75 hp di kitiran 8.500 rpm. Kekuatan sebesar itu dapat menempuh jarak 1 hingga 100 meter hanya dalam waktu sekitar 3 detik saja. Mungkin lebih cepat dari motor GP atau mobil-mobil sport lainnya mungkin.

Bayangkan saja dalam jarak 1 hingga 100 meter hanya ditempuh dalam waktu 3 detik saja. Itu seperti apa kencengnya. Belum body yang tidak terlalu berat alis cukup ringan untuk motor yang mempunyai kecepatan 500 cc.

Dan jika diperhatikan dengan seksama, gaya balapan motor speedway ini seperti mobil yang sedang nge-drift. Dan posisinya dominan miring miring saat balapan dimulai. Dengan kecepatan sebesar itu balapan motor ini merupakan salah satu ajang balapan yang sangat menantang.

BACA JUGA: Balap Motor Paling Ekstrim di Dunia

Trail Motor

Balap Motor - Trail Motor
www.otonusa.com

Trail motor ini lebih banyak rintangannya dibandingkan dengan speedway.

Karena dalam kejuaraan ini pembalap harus melewati rintangan buatan seperti tong bertumpuk, kotak, ban dan sebagainya.

Ada pula rintangan alam seperti bebatuan.

Bagi pembalap yang berhasil melewati rintangan dengan baik, maka bisa dipastikan menjadi juaranya.

Motor trail mempunyai kelebihannya sendiri. Motor trail adalah hasil modifikasi dari motor off road atau medan yang bukan aspal. Motor trail saat ini sudah sangat populer, terbukti dengan banyaknya komunitas-komunitas pecinta motor trail serta berbagai even-even yang berhubungan dengan motor trail.

Namun, saat ini motor trail tidak hanya dinikmati oleh mereka yang ikut komunitas saja, melainkan sudah sangat banyak orang awam yang mulai melirik motor ini. Mereka menggunakan motor ini untuk sehari-hari ataupun untuk menguji adrenalinnya menaklukan medan off road.

Motor trail saat ini sudah menjadi motor koleksi dan bersanding dengan motor-motor keren lainnya, seperti motor sport, HD dan motor Harley Davidson. Peminatnya sangat banyak, dari kalangan anak muda hingga orang tua, anak kuliahan hingga kalangan pengusaha.

Kebanyakan orang beranggapan kalau menunggangi motor trail ini akan menambah percaya diri dan memberikan kesan gagah, apalgi jika ditambah beberapa aksesorisnya seperti helm full face, sepatu boat dan pelengkap safety yang lain.

Keunggulan motor trail yang dapat digunakan di segala medan memang menjadikan motor ini punya pesonanya sendiri. Tidak hanya menjadi alat transportasi, tapi juga sebagai penyalur hobi bertualang dan mengeksplorasi alam Indonesia yang indah.

Sejarah Motor Trail

Sejarah motor trail ini berawal dari Shozo Kawasaki, Jepang sekitar tahun 1930-an ketika sedang terjadi perang dunia kedua di Eropa. Shozo Kawasaki merupakan pionir dari motor trail. Perusahaan ini awalnya bergerak di bidang perakitan alat dan senjata perang, seperti mobil tempur, pembuatan rudal dan alat-alat militer lainnya. Lalu perusahaan ini bekerja sama dengan perusahaan BMW untuk membangun pabrik perakitan pesawat.

Selanjutnya, Shozo Kawasaki mulai memproduksi sepeda motor jenis motor dua tak. Lalu setelah Perang Dunia II usai, Kawasaki mulai focus untuk memproduksi sepeda motor jenis motor empat tak, termasuk juga motor-motor untuk segala medan atau motor trail.

Awalnya motor trail digunakan untuk menunjang pekerjaan di lapangan, hingga akhirnya muncul kompetisi balap motor cross yang lintasannya berupa tanah dengan beberapa rintangan. Dan sejak saat itulah, banyak pabrikan motor Jepang mulai memproduksi motor jenis motor trail.

Shozo Kawasaki yang merupakan perintis dari motor trail mulai memproduksi motor-motor sport. Hingga sekarang perusahaan Kawasaki Motor menjadi salah satu perusahaan produsen motor terkenal dan terbesar di dunia.

Ciri Khas Motor Trail

Motor mempunyai beberapa ciri khas yang membuatnya banyak di minati. Apa saja itu? Berikut sedikit penjelasannya.

  1. Mesin Motor

Pabrikan dari motor trail mengeluarkan dua jenis motor trail yaitu dua tak dan empat tak. Akan tetapi, yang menjadi cirri khas dari mesin motor trail adalah power, durabilitas, dan akselerasinya yang mumpuni. Contohnya adalah seperti mesin KLX 150 cc dan KLX 250 cc, konsumsi bahan bakar dari kedua motor ini termasuk irit.

  1. Bodi Motor

Umumnya, bodi motor trail adalah ramping. Bodi seperti ini berfungsi supaya motor lebih luwes saat bermanufer di lintasan off road. Selain itu, ground clearance dari motor trail lebih tinggi jika dibandingkan motor jenis lain. Biasanya bodi motor trail terbuat dari kerangka baja ringan.

  1. Roda Bergerigi

Roda dari motor trail jelas berbeda dengan motor on road atau motor biasa yang digunakan di lintasan aspal. Karena motor trail umumnya dipakai di lintasan off road, yaitu lintasan tanah atupun lumpur maka roda yang digunakan adalah roda bergerigi agar daya geseknya dengan tanah bisa lancer.

  1. Suspensi

Suspensi merupakan bagian motor yang berfungsi untuk meredam getaran saat motor melaju di lintasan yang datar. Letak suspensi dari motor trail adalh di depan dan belakang. Suspensi bagian depan berbentuk garpu, sedangkan bagian belakang monoshock.

Drag Race Motor

Balap Motor - Drag Motor Race
supraxlamaclassicclub.blogspot.com

Apakah kamu sering menonton film balapan motor? Nah, biasanya kejuaraan yang sering digunakan dalam film adalah drag race motor.

Kejuaraan ini dilakukan dengan dua pembalap yang mulai balapan di belakang garis start dengan tanda start berupa lampu.

Pada saat lampu menyala, maka pembalap harus memacu gas motornya melewati dua lintasan yang lurus sejauh 1/4 mil.

Bagi pembalap yang mampu menempuh waktu paling singkat untuk menuju garis akhir, maka dia dinyatakan sebagai pemenangnya.

Menurut bringmetoheart.wordpress.com, Bisa jadi banyak orang yang sering menyaksikan balapan drag race. Tetapi belum tentu semuanya tahu kalau itu namanya drag race dan bagaimana aturannya. Pada dasarnya drag race sama dengan balap mobil atau motor tetapi dengan lintasan yang lebih pendek. Balap mobil atau balap motor yaitu kompetisi yang memerlukan skill tinggi yang spesifik. Perlombaan yang seperti drag race dinilai sedikit lebih aman lantaran memakai lintasan pendek yang cuma melibatkan 2 kendaraan dalam tiap-tiap babaknya.

Drag race atau sprints ialah balapan di mana dua peserta memulai bersebelahan di belakang garis start yang sama. Biasanya juga dengan sinyal start berupa lampu. Pada saat lampu start warna hijau menyala, dua pembalap meningkatkan mobil/motornya melalui dua lintasan lurus sejauh seperempat mil atau sekitaran 402 mtr. Durasi tempuhnya dicatat serta dihitung. Pembalap dengan catatan waktu tempuh paling singkat mencapai titik finish ialah pemenangnya. Cara pembagian kelas balap drag bisa memakai batasan cc mesin ataupun bracket time atau waktu tempuh. Di Indonesia sendiri banyak balapan drag race yang diadakan pada trek 201M mengingat terbatasnya tempat.

Top speed, horse power serta kecepatan perpindahan tuas transmisi adalah hal yang perlu diperhatikan dalam balapan ini. Mobil drag race umumnya dipacu dengan kecepatan optimal lebih kurang 569 km. perjam dengan lintasan balap cuma selama 402 mtr.. Balapan ini umumnya kelar dalam kurun waktu kurang dari lima detik. Arena ini terbagi dalam dua tahap, yakni Stage & Race. Stage adalah tahap pertama ketika membawa mobil yang dipakai ke belakang garis start. Peserta bakal didiskualifikasi bila meletakkan ban mobil melebihi garis start. Sedang Race, adalah step di mana ke-2 mobil ‘ngebut’ sampai meraih garis finish.

Menurut infomotorbalap.wordpress.com, umumnya drag race ini kerap dikerjakan lantaran beberapa aspek :

  1. Persedian tempat yang kurang untuk jadikan tempat untuk bermain. Dikarenkan drag race cuma menggunakan jalanan trek lurus yang tidaklah terlalu mengganggu jalan raya serta gampang dikerjakan serta gampang didapatkan.
  2. Pemakai atau pemain drag race ini umumnya yaitu beberapa pembalap yang kurang memiliki bakat pada balap dalam sirkuit, jadi dia mengambil keputusan untuk adu cepat di drag race.
  3. Tempat untuk drag race begitu gampang di dapatkan lantaran cuma jalanan lurus saja.
  4. Adu cepat, lantaran beberapa penggemar balap motor begitu suka pada kecepatan tinggi, serta itu gampang di kerjakan waktu balapan drag race.

Hill Climb

Balap Motor - Hill Climb
irfandazis.wordpress.com

Hill climb adalah balapan memanjat tebing dengan motornya dimana motor yang digunakan untuk menaiki bukit dirancang secara khusus dengan lengan ayun yang panjang dan ban khusus ala motocross.

Pembalap yang mampu mencapai pada titik tertinggi di bukit atau tercepat dalam menaiki bukit, maka pembalap tersebut dinyatakan sebagai pemenangnya.

Pada tahun 2013 Honda Amerika mengumumkan akan menjadi sponsor kemitraan untuk ajang Pikes Peak International Hill Climb. Selain itu, pabrikan motor yang berasal dari jepang ini akan berpartisipasi dan bersaing di Sembilan kelas pada ajang bergengsi tersebut.

Menurut halaman blog Motorcycle USA, Honda akan menurunkan sekitar 10 motor andalanya di ajang balap ini, diantaranya adalah CBR600RR, CRF450R, CBR1000RR dan CRF250R.

Ajang bergengsi ini adalah kesempatan Honda untuk bisa menampilkan jajaran produk handalnya ke seluruh dunia. Karena pada dasarnya kami bekerja untuk menjadikan Honda lebih kuat di semua tingkatan  balap, “kata Mike Accavitti, yang menjabat sebagai Wakil Presiden Senior, American Honda.

Mike juga menambahkan bahwa mereka akan melakukan hal semaksimal mungkin untuk bisa menyiapkan sepeda motor yang kompetitif untuk menampilkan semangat balap yang tinggi.

Grand Prix Racing

Balap Motor - Grand Prix Racing
duniamu.id

Balapan grand prix pada setiap musimnya diadakan di berbagai belahan dunia dan pada tempat yang berbeda pula.

Lintasan balapannya kurang lebih tidak berbeda dengan street racing, yakni dengan jalur sepanjang 130 km.

Pada saat motor berada di belokanan yang tajam, para pembalapnya tidak cukup apabila hanya sekedar mengerem saja, tetapi  ia juga harus mengikutsertakan badannya untuk miring ke arah samping sampai ke lutut.

Untuk apa? Karena ketika sebuah benda berada pada kecepatan maksimal dan ingin berbelok, tanpa adanya gaya bantuan yang cukup dari segi bebannya, maka benda tersebut akan terjatuh karena ketidakseimbangan gaya pada benda. *jadi ngomongin sains

Nah, supaya para pembalapnya tetap aman, mereka juga diharuskan untuk menggunakan safety, yakni memakai pelindung khusus pada seluruh tubuh, khususnya pada lutut, karena bagian tersbeutlah yang paling rawan untuk terluka.

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali diadakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), sekitar pada tahun 1949.

Pada waktu itu secara traditional telah diadakan beberapa balapan di setiap even untuk aneka kelas motor, berdasar kapasita mesin, dan untuk kelas sidecars (motor bersespan).

Kelas kelas yang ada ketika waktu itu adalah 50 cc, 125 cc, 250 cc, 350 cc, dan 500 cc untuk motor single seater, serta 350 cc dan 500 cc untuk motor sidecars.

Kemudian ketika memasuki tahun 1950 an, motor dengan mesin 4 tak mulai mendominasi seluruh kelas di ajang balapan yang bergengsi di dunia. Sekitar pada akhir tahun 1960 an, motok dengan mesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas yang kecil.

Balap untuk kelas motor GP saat ini sering diadakan diberbagai dunia sebanyak 17 kali di Negara-negara berbeda yang ada di dunia. Balapan biasanya digelar seminggu sekali yaitu tiap akhir pecan dengan beberapa fase.

Pada hari jum’at digelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian dilanjutkan dengan hari sabtu dilaksanankan latihan resmi sesi ke dua dan QTT, dimana para pembalap berusaha untuk membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka ketika ajang balapan dimulai.

Kemudian pada hari minggu dilakukan kompetisi balap motor GP ini, meskipun terkadang ada seri yang digelar di hari sabtu yanitu Belanda dan Qatar. Biasanya ajang balap dilakukan oleh 20 peserta pembalap dengan durasi sekitar 45 menit.

Susunan Grid tidak akan berubah sesuai dengan hasil dari qualifikasi yang diadakan di hari sebelumnya. Pembalap diperbolehkan masuk pit apabila hanya untuk mengganti motor karena cuaca hujan ketika balapans edang berlangsung.

F1 Moto Grand Prix

sport.viva.co.id
sport.viva.co.id

Memang sudah tak dapat dipungkiri, bahwa kedua ajang balapan yang satu ini, yakni MotoGP & Formula 1 adalah salah satu balapan yang paling banyak menghabisakan banyak dana untuk peserta yang ikut bertanding.

Tidak hanya sekedar skill atau talenta saja yang dibutuhkan bisa ikut dan mencapai kesuksesan diajang MotoGP.

Kerjasama team, pembalap, dukungan pun juga menjadi hal utama yang diperlukan untuk menjadi seorang juara dunia di ajang balap  motor yang satu ini.

Kenapa biaya yang diperlukan sangat banyak dalam penyelenggaraan balap motor ini?

Karena, kalau dilihat dari segi kualitas, sebuah motor yang tarafnya berada di kelas MotoGP adalah motor-motor dengan spesifikasi tingkat tinggi, yang mana bisa dibilang sangat jeuh perbedaannya apabila kita membandingkannya dengan motor yang ada pada umumnya.

Sebuah mesin dari motor di ajang balapan MotoGP memiliki mesin 1000 cc yang dapat mengeluarkan energi lebih dari 260 HP, belum lagi ditambah dengan bobot Motor yang super duper ringan.

Kesuksesan moto GP tidak lepas dari berbagai organisasi yang terlibat di dalamnya. Beberapa organisasi yang terlibat di dalam komisi Grand Prix antara lain Dorna, FIM, IRTA dan MSMA.

FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) adalah badan tertinggi dunia yang mengurusi hal-hal tentang sepeda motor. FIM yang berdiri pada tahun 1904 ini tidak hanya membahas masalah sepeda motor saja namu, menjadi pengawas produksi motor yang diproduk si secara masal terutama dalam hal keamanan dan kelayakan.

Dalam kegiatan balap motor, FIM adalah badan yang bertanggung jawab dan mengawasi tentang regulasi dan teknis pelaksanaan kejuaraan balap tersebut, juga mengenasi status, criteria dan taraf dari sebuah perlombaan balap motor.

Dorna ialah organisasi yang menyelenggarakan balap motor GP atau bisa juga disebut dona adalah promoter kejuaraan Moto GP. Dorna bertanggung jawab mengenai kualitas even dan sponsor even.

Supercross

dirtrider.com
dirtrider.com

Supercross adalah sebuah perlombaan balap motor yang diselenggarakan pada lintasan non aspal yang sulit, penuh debu, dan pastinya tantangan.

Balap motor yang satu ini menggunakan jenis motorcross khusus yang di desain sedemikian rupa supaya bisa melewati rintangan non aspal yang penug tantangan.

Untuk lintasannya biasanya menggunakan tanah yang berdebu, ataupun pasir.

Sebuah ajang balap supercross biasanya diadakan di dalam sebuah stadion olahraga dan berada diatas sirkuit buatan yang sudah diciptakan oleh para panitianya.

Setiap perlombaannya, terdiri kurang lebih dari 20 putaran, dan di dalam satu musimnya terdapat 17 seri balapan.

Nah, setiap pembalap yang mempunyai nilai paling tinggi di setiap akhir musimnya, maka ia berhak mendapatkan gelar juara supercross.

Mungkin kalau ada yang bertanya apa perbedaan motorcross dan supercross, sebenarnya secara keseluruhan sama, hanya saja perbedaannya terletak pada tingkat keberagaman rintangannya, tikungan-tikungannya yang sulit, serta bagaimana cara lintasan tersebut dibuat.

Dilla SA, Pembalap Wanita Indonesia

balapmotor.net
balapmotor.net

Sekarang ini sudah banyak bermunculan pembalap motor wanita di Indonesia, salah satunya yaitu Dilla Syarifah Alawiyah. Dilla menjadi satu-satunya pembalap wanita di Indonesia yang behasil mengikuti seleksi balap motor Shell Advance Asia Talent Cup (SAATC) Oktober 2016 di Malaysia.

Nama Dilla SA memang tidak begitu popular dikalangan pembalap motor wanita Indonesia. Dilla sendiri udah lama tidak mengikuti balapan motor. Dilla optimis dirinya bisa mengikuti ajang balap motor SAATC dengan maksimal.

Untuk mengikuti ajang balap motor SAATC ini Dilla berlatih dengan seorang pembalap motor legenda Indonesia yaitu, M Fadli Imammudin. Sekarang ini Dilla masih bersatus sebagai siswi di SMA Plus PGRI Cibinong, Kab. Bogor.

Puput Cribo, Pembalap Road Race dan Drag Bike

balapmotor.net
balapmotor.net

Puput Cribo atau nama lengkapnya Putri Kurnia Andini lahir pada 20 April 2008 di Kebumen. Saat ini Puput masih bersekolah di SDN 1 Pejagoan Kebumen Jawa Tengah. Puput pertama kali belajar balapan dengan menggunakan fiz r road race dan matic.

Di umurnya yang 8 tahun ini, Puput Cribo sudah mulai sering tampil di sirkuit balapan. Wanita mungil ini kerap kali mencuri perhatian para penonton. Puput menggeluti dua cabang balap motor sekaligus, yaitu Road Race dan Drag Bike.

Motor andalan Puput yaitu basic matic dan F1Z R, motor 2T produksi Yamaha. Motor ini terkenal dengan tenaganya yang liar, bahkan pembalap pria pun belum tentu bisa menaklukan F1Z R ini. Tim Boge Concept Kebumen melakukan beberapa modifikasi sehingga motor F1Z R menjadi lebih nyaman dan enak untuk ditunggangi oleh Puput Cribo.

Sampai saat ini Puput Cribo sudah pernah mengikuti 6 event balap motor road race dan drag bike. Meskipun Puput menggeluti dunia balap motor, tapi urusin akademiknya di sekolah tidak pernah ketinggalan. Terbukti Puput selalu memperoleh nilai yang memuaskan di kelasnya.

Raya Kitty, Pembalap Motor yang Jago Masak

naikmotor.com
naikmotor.com

Raya Kitty, wanita muda berusia 22 tahun ini pasti sudah kamu kenal. Ya, Raya merupakan salah satu pemain sinetron Anak Jalanan yang sedang naik daun. Raya merupakan pembalap motor wanita yang cukup berprestasi.

Gadis priangan ini, selain jago balapan ternyata juga pinter memasak. Meskipun di trek balapan Raya tampil garang, tapi di dapur Raya kembali melakukan pekerjaan wanita seperti memasak. Raya bercita-cita ingin mempunyai rumah makan khas Sunda bersama ibunya.

Ayyatussypa, Pembalap Wanita ISC 2016

naikmotor.com
naikmotor.com

Ayyatussypa, salah satu diantara pembalap wanita tangguh lainnya. Dia tampil dengan gagahnya sebagai pembalap wanita di ajang balap motor Indonesia Scooter Championship (ISC) 2016 seri II.

Ayyatussypa yang biasa dipanggil dengan sebutan Aya menggunakan Vespa tim Casa da Vespa dalam mengikuti gelaran ISC 2016. Berkat ketangguhan di medan laga, Aya pun berhasil meraih juara di kelas matic dan vespa wanita ISC 2016.

Pembalap asal Pandeglang Banten ini mengalami sedikit masalah dengan pergelangan tangan kirinya ketika mengikuti event ISC 2016. Meskipun begitu Aya berhasil mengendalikan vespa nya dan berhasil meraih juara.

Ayyatussypa yang baru lulus dari Sekeloh Menengah Atas ini memiliki feel yang bagus untuk terjun ke dunia balap motor. Aya sudah 3 kali tampil mengikuti ajang balap motor dengan menggunakan motor vespa.

Selain menjalankan hobinya untuk ikut serta dalam balapan motor, Aya juga bercita-cita menjadi seorang guru.

Ketahanan Motor Enduro & Balap Motor Enduro

Enduro
adventuriderz.com

Enduro adalah istilah yang digunakan dalam kejuaraan balap motor  untuk menguji ketahanan, baik itu ketahanan si pengendara (rider) ataupun ketahanan motor itu sendiri dengan melewati berbagai rintangan yang diberikan.

Contohnya saja melewati hutan. Jadi si rider harus berupaya dengan sekuat tenaga dan pikiran bagaimana caranya melewati ranting setiap pohon yang tinggi maupun rendah.

Begitu juga halnya dengan pohon yang pendek, tumbang, jalan berbatu,  sungai, naik dan turut bukit, jalanan berupa kerikil dan pasir. Tentu untuk melewati ini semua butuh waktu beberapa jam dan dengan rute yang cukup jauh.

Ketahan motor  enduro dilombakan dalam jangka waktu yang panjang dan dilakukan di alam. Misalnya di Reli Paris – Dakar dan Six Day Endurance.

Turunan dari cabang olahraga Enduro adalah balap motor Enduro. Balap motor ini difokuskan pada pengumpulan poin yang diperoleh atau diraih si pembalap (rider). Dan tidak dikhususkan secara mutlak terhadap waktu tempuh secara keseluruhan peserta.

Reli yang dilombakan bisa berjumlah ribuan mil sehingga dibutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikannya. Di beberapa tempat khusus akan disediakan kotak bonus untuk diberikan kepada rider apabila berhasil sampai ke tujuan yang diperintahkan.

Badan atau lembaga yang menaungi lomba balap motor enduro adalah The Iron Butt Association.

Motor enduro merupakan motor yang pada dasarnya dituntut memiliki performa yang bagus dan berkelas. Ban yang digunakan pada motor enduro hampir serupa dengan motorcross yakni berupa ban pancul dengan bergaris kotak-kotak besar dan jarang atau tidak rapat.

Beberapa jenis motor enduro yang sering dikenal di jalan raya antara lain KTM (150 XC, 200 XC, 250 XC, 250 XC-F, 300 XC, 300 XC-F, 350 EXC-F, 450 XC-F, 500 EXC), Yamaha (TT-R125RE, TT-R230, WR250F, WR450F), dan Honda (CRF150F, CRF230F, CRF250X, CRF450X).

Land Speed

Speed Motor
smainverted.com

Land speed merupakan kejuaran balap motor yang menitik beratkan kepada seorang pembalap motor tunggal memacu atau mengendarai kendaraannya melewati lintasan lurus sepanjang 1 mil atau bahkan di beberapa tempat 3 mil.

Jadi si pembalap tadi harus berusaha dan berupaya membuat catatan waktu tercepat untuk melwati reli yang diberikan. Sehingga dengan begitu dia bisa saja memperoleh rekor pembalap tercepat dari rider sebelumnya. Land speed merupakan perlombaan balap motor yang mengunakan motor bertenaga diatas besar.

Dalam prakteknya seorang rider akan mengeluarkan tenaga dan pikirannya agar sampai ke garis finish dengan waktu tercepat. Sehingga tidak tutup kemungkina seorang rider tersebut bisa mengalahkan rekor rider sebelumnya berdasarkan jenis motor yang dugunakan.

Motor yang digunakan seorang rider untuk kejuaran land speed harus memiliki performa yang baik. Baik disini yakni dari sisi tenaga atau power. Harus tahan terhadap panasnya mesin. Bensin yang digunakan harus dari jenis pertamax plus.

Ban yang digunakan mesti tubles. Karena ban tubles tahan terhadap kerikil dan tidak gampang bocor. Rem yang digunakan harus cakram dan tidak mudah haus atau habis.

Tidak lupa juga bahwa rider yang mengemudikan motornya mesti menggunakan safety agar aman dari kecelakaan. Diamping itu juga helm yang dikenakan harus berkualitas SNI dan tahan terhadap bantingan atau benturan yang keras.

Grasstrack

www.youtube.com
www.youtube.com

Grasstrack merupakan sebuah permainan balapan yang medannya berada di atas tanah. Ini berbeda dengan balapan motocroos, grasstrack memiliki kualifikasi motor apa saja yang bisa ikut dalam grasstrack. Secara tidak langsung balapan grasstrack membatasi kapasitas mesin motornya.

Motor yang bisa ikut dalam grasstrack yaitu motor yang memiliki mesin 110 CC sampai 125 CC. Dalam ajang balapan grasstrack juga memiliki tingkatan kelas, mulai dari kelas bebek empat tak open, pemula, kelas bebek dua dan empat tak campuran. Mengenai motornya bebas, yang penting memenuhi kriteria di atas.

Para pembalap di grasstrack kebanyakan bukanlah pembalap-pembalap berpendidikan, maksudnya berasal dari sekolah pembalap. Kebanyakan dari mereka berasal dari pembalap-pembalap liar.

Ada beberapa harapan bagi pembalap motor grasstrack. Satu diantaranya yaitu dengan adanya grasstrack ini dapat memunculkan bibit atau benih pembalap beru yang dapat diandalkan. Terlebih lagi bisa sampai bertanding di kancah internasional. Hal tersebut tentunya akan mengharumkan nama Indonesia.

Kejuaraan grasstrack tidak Cuma diajangkan di kota-kota besar saja, akan tetapi di beberapa daerah yang terdapat banyak tempat kosong dan bisa dijadikan arena balap motor grasstrack.

Superbike World Championship

www.mazdaraceway.com
www.mazdaraceway.com

Superbike World Championship yang biasa disingkat SBK merupakan kejuaraan balap motor utama superbike di dunia. SBK pertama kalinya dimulai pada tahun 1988. Di satu musim yang diselenggarakan di fasilitas balapan permanen, Superbike World Championship memiliki rangkaian ronde, setiap rondenya terdiri dari 2 kali balapan.

Motor yang digunakan di Superbike World Championship adalah motor pabrikan yang telah tersedia di pasaran, dan tentunya telah dimodifikasi. Beda halnya dengan MotoGP, yang balapannya menggunakan motor khusus balapan.

Eropa adalah tempat dan pusat pasar kejuaraan Superbike World Championship. Akan tetapi dibeberapa ronde juga diselenggarakan di Australia, Jepang, dan Qatar. Di tahun 2008, untuk pertama kalinya SBK mulai diselenggarakan di Amerika Serikat, yaitu sejak tahun 2004.

Satu ronde kejuaraan SBK juga pernah diinisiatifkan untuk diselenggarakan di Indonesia, akan tetapi dibatalkan oleh Federation Internationale de Motocyclisme atau yang disingkat FIM.

Hal demikian karena kejuaraan SBK berada di bawah regulasi FIM yang posisinya sebagai badan internasional balapan motor, dan juga dimanage oleh FGSport. Di tahun 2007 sampai 2008 FGSport berubah namanya menjadi Infront Motor Sports karena menjadi bagian dari Infort Group. Di kejuaraan SBK tahun 2013 yang kemudian diambil alih oleh Dorna.

Kejuaraan ini dibawah regulasi FIM, yang merupakan badan internasional balap motor dan dikelola oleh FGSport. Pada tahun 2007 dan 2008 FGSport menjadi bagian dari Infront Group sehingga namanya berubah menjadi Infront Motor Sports. Pada kejuaraan tahun 2013 penyelenggaraan SBK diambil alih oleh Dorna.

Balapan The Isle of Man TT

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Isle of Man TT adalah salah satu balapan motor yang paling berbahaya di dunia. Balapan tersebut diadakan di sebuah pulau yang berada di laut Irlandia, yang mana terletak antara Irlandia Utara, Skotlandia, Wales dan Inggris.

Balapan yang satu ini konsisten diadakan setiap tahunnya dan menjadi ajang balap motor kelas dunia yang bergengsi dan paling ekstrim. Selain itu, balap motor ini merupakan balapan yang dikenal sebagai The Tourist Trophy.

Balapan motor Isle of Man TT ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1907. Dengan umur yang sudah lebih 100 tahun, membuat balapan ini mempunyai umur yang lebih tua dari Moto GP. Di zaman itu, balapan ini menjadi balapan paling bergengsi di ranah Eropa. Dan biasanya ajang balapan ini dilangsungkan pada akhir bulan Mei dan di awal bulan Juni setiap tahunnya.

Balapan ini dikatakan ekstrim dikarenakan balapan diadakan di jalan umum, yang mana jalanan tersebut melewati jalanan kota, perbukitan dan pedesaan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti balapan ini hanya dua minggu, yang mana minggu pertama digunakan untuk latihan, dan di minggu kedua baru digunakan untuk balapan.

Pada saat pertama kali muncul, yaitu pada tanggal 28 Mei 1907, balapan ini masih bernama International Auto Siklus TT. Dan baru pada tahun 1911 namanya diubah menjadi Isle of Man TT yang mana digelar pertama kali di Snaefell Mountain Course. Pada waktu itu balapan ini masih merupakan bagian dari FIM Motorcycle Grand Prix World Championship dari tahun 1949 sampai tahun 1976.

Pada tahun berikutnya yaitu tahun 1977 balapan tersebut dipindahkan ke Inggris karena masalah keamanan dan oleh FIM diganti namanya dengan British Grand Prix untuk musim 1977. Semenjak tahun tersebut sampai tahun 1990, The Isle of Man menjadi bagian dari Trophy Tourist Formula 1 Championship. Dan dari tahun 1989 balapan tersebut dikembangkan oleh Dinas Pariwisata setempat dan diganti nama menjadi Isle of Man TT Festival.

Isle of Man ini mempunyai panjang sirkuit yang lebih panjang dari sirkuit Moto GP. Panjang lintasannya mencapai 60.72 Km yang mana sangat jauh lebih panjang daripada sirkuit Moto GP.

Balapan motor isle of man ini dikatakan sangat berbahaya dikarenakan si pembalap diharuskan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalanan yang begitu sempit yang dilengkapi dengan berbagai macam tikungan dan treknya diapit oleh dinding batu, pagar dan bangunan-bangunan penduduk setempat.

Karena treknya yang sulit dan sempit, balapan ini sudah memakan banyak korban. Terhitung sudah 227 pembalap meregang nyawa gara-gara mengikuti balapan ini. Namun sampai saat ini masih banyak pembalap yang termotivasi untuk mengikuti balapan tersebut.

Balapan ini benar-benar balapan yang sangat berbahaya dan menantang serta dapat meningkatkan adrenalin si pembalap dan begitu pula yang menontonnya. Hal tersebut dikarenakan si pembalap biasanya memacu motornya sampai mencapai kecepatan maksimal sehingga sangat membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi dan keterampilan yang luar biasa.

Balapan Isle ini juga banyak menyita perhatian banyak orang sehingga banyak orang dari segala penjuru dunia datang untuk menonton balapan ini. Sehingga secara tidak langsung hal tersebut berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi para penduduk disana. Sehingga membuat pemerintah disana sangat menjaga dan melestarikan ajang balap paling ekstrim ini seperti dengan tetap mengembangkan treknya menjadi lebih berkualitas dan lain-lain.

Side Car Grand Prix

side-car-grand-prix
www.flickr.com

Balap Side Car Grand Prix ini bisa dibilang balap paling unik. Uniknya balap side car grand prix ini dikendarai oleh 2 orang, tidak seperti balap motor lainnya yang hanya dikendarai 1 orang saja. Dari 2 rider tersebut mempunyai peran berbeda, rider pertama sebagai pengendara utama, sedangkan rider satunya sebagai pembonceng side span.

Side Car Grand Prix pertama kali diadakan oleh FIM pada tahun 1949. Saat itu Side Car Grand Prix merupakan salah satu balap original yang dimiliki oleh FIM, selaku penyelenggara MotoGP saat itu.

Di era modern ini, balap side car sudah jarang sekali terdengar. Hal ini karena media di Indonesia jarang mengulas balap motor satu ini. Berbeda dengan MotoGp dan WSBK yang selalu tayang di media cetak dan televisi.

Akan tetapi, balap side car masih menjadi tontonan favorit di beberapa negara Amerika dan Eropa, bahkan mereka punya peminat dan fans tersendiri.

Di era ini, pabrikan BMW menjadi salah satu pabrikan paling sukses dengan menyabet gelar juara dunia sebanyak 19 kali. Sementara pemegang gelar juara dunia pertama diisi oleh Norton, pabrikan asal Amerika. Pabrikan Norton mampu mengoleksi 5 gelar juara dunia sejak diselenggarakan.

Selain pabrikan BMW dan Norton, pabrikan Yamaha asal Jepang juga sempat mencicipi gelar juara dunia pada balap side car GP. Yamaha berhasil mengoleksi 10 gelar juara dunia.

Pada tahun 1996, side car GP memisahkan diri dari MotoGP. Kemudian side car GP berdiri sendiri dengan bendera FIM side car world championship. Pastinya dengan spesifikasi yang lebih modern dibandingan era sebelumnya.

Hingga saat ini side car masih menjadi salah satu balap terfavorit yang banyak peminatnya. Lantaran balap ini memiliki keunikan dan sisi memacu adrenalin yang tak kalah seru dengan balap motor lain.

BACA JUGA: 7 Gambar Motor Balap Tercepat di Dunia

Side Car Cross

sidecar-cross
wallippo.com

Side car cross ini mirip dengan side cargrand prix, hanya sanya sidecarcross menggunakan motor trail untuk adu balapnya.

Side car cross pertama kali diadakan pada tahun 1971 dengan nama FIM Cup yang diselenggarakan oleh FIM (Federation Internationale de Motorcycle). Balap side car cross pertama diadakan pada tanggal 25 April 1971 di Pernes les Fontaines, Perancis.

Meskipun pertama kali diadakan tahun 1971, namun tahun 1975 baru mulai diadakan perlombaan kompetisi yang memperebutkan gelar juara dunia. Saat itu kebanyakan pesertanya berasal dari Eropa. Dalam sejarah penyelenggaraan side car cross, ajang balap motor ini belum pernah diadakan di luar Eropa.

Side car cross biasanya digelar menjadi dua race, terkadang digelar pada hari yang sama, kadang juga digelar pada hari yang berbeda. Setiap race berlangsung selama 30 menit ditambah dua putaran. Kedua race di tiap seri diambil poinnya untuk ditentukan seorang juara umum.

Jika salah satu ridernya ada yang mengalami cedera, maka dapat melakukan pertukaran rider selama musim. Pertukaran rider ini tidak mempengaruhi poin yang sudah didapat tim yang lama. Namun bila rider yang menggunakan lebih dari satu tim tersebut menang, hanya rider yang berkompetisi lebih dari setengah musim balapan atau yang mendapatkan lebih dari 50% poin yang akan dianggap sebagai juara dunia.

Itulah beberapa kejuaraan motor balap dunia, semoga menambah pengetahuan kamu tentang dunia otomotif.
Kalau kamu tahu ada kejuaraan balap yang belum kita sebutkan diatas, silahkan tambahkan di kolom komentar. 🙂

Tinggalkan komentar