Bukan Terbesar, Tapi Ini 10 Bandara Unik, Berbahaya, dan Ekstrim di Dunia

Kalau kamu sudah terbiasa lihat bagaimana suasana di bandara Soekarno Hatta atau bandara Juanda Surabaya yang luas dan lapang, melihat bandara-bandara berikut ini bakal bikin kamu geleng-geleng kepala. Bukan hanya karena keunikan tempatnya tapi juga karena ada kondisi dan situasi di sekitarnya yang mengerikan dan berbahaya.

Kamu mau tahu apa saja daftar nama bandara unik, berbahaya, dan ekstrim itu? Yuk simak di bawah ini.

 

Bandara Ice Runway di Antartika

wikimedia.org
wikimedia.org

Kamu mungkin gak pernah kepikiran kalau ada bandara di Antartika. Tapi nyatanya memang ada. Bandara Ice Runway ini dipakai oleh pesawat yang mengangkut para peneliti atau wisatawan ang ingin mengunjungi Antartika.

Kamu bisa bayangin bagaimana rasanya ada di sana. Dengan suhu minus 50 derajat celcius, pasti kalau ke sana harus bawa baju hangat yang tebal. Di bandara dan sekelilingnya semua tertutup salju dan es.

Pilot yang mendaratkan pesawat pun harus ahli. Biar pesawat bisa mendarat sempurna di landasan yang disediakan dan tidak tergelincir.

Bandara Congonhas di Brazil yang Berada di Tengah Kota

architecturendesign.net
architecturendesign.net

Kalau biasnaya kamu melihat lapangan terbang itu ukurannya luas, tapi bandara yang ada di kota Sao Paolo Brasil ini paling cuma seukuran stadion sepakbola. Uniknya lagi, di sekelilingnya banyak terdapat rumah penduduk.

Jadi pilot yang hendak mendaratkan pesawat di bandara Cngonhas ini memang betul-betul harus ahli. Karena kalau tidak bisa-bisa pesawat menabrak pemukiman penduduk yang ada di sekitar. Bandara ini pun umurnya cukup tua, karena dibangun pada tahun 1930.

Bandara Courchevel di Prancis yang Berada di Kaki Gunung Bersalju

youtube.com
youtube.com

Kalau umumnya bandara landasannya rata, tapi di bandara yang satu ini lain. Landasannya naik turun karena mengikuti kontur lokasinya yang berada di kaki gunung bersalju. Memang aneh, tapi agaknya asyik juga kalau kamu bisa naik pesawat dari bandara Courchevel ini. Sebab kayak naik roller coaster gitu.

Bandara Gibraltar dengan Landasan lewat Jalan Raya

flickr.com
flickr.com

Kamu pernah bayangin nggak ketika sedang berhenti di perempatan lampu merah dan tiba-tiba ada pesawat yang melintas di hadapanmu? Ya kejadian macam ini mungkin kamu alami kalau sedang jalan-jalan dekat bandara Gibraltar. Sebab perkembangan kota yang begitu cepat membuat bandara ini tak punya pilihan lain selain membuat landasan dengan ‘memotong’ jalan raya.

Kalau di Indonesia yang biasa lewat adalah kereta api, tapi di Gibraltar adalah pesawat terbang. Jadi kalau kamu sedang melewati jalanan dekat landasan pesawat di bandara itu, kamu mesti berhati-hati. Kan nggak lucu kalau kendaraan yang kamu tumpangi kesamber pesawat.

Bandara Juancho E. Yrausquin di Belanda yang Ada di Tebing Gunung

top10ten.net
top10ten.net

Entah siapa yang merancang lokasi bandara ini. Sebab dengan lokasinya yang berada di dekat tebing, bisa bikin hati penumpang berdegup kencang takut nyemplung ke laut.

Bukan hanya lokasinya saja yang ekstrim, bandara ini juga punya landasan paling pendek di dunia. Dengan panjang hanya 1500 kaki saja, pilot harus benar-benar mahir kalau ingin landing di tempat ini.

Bandara Kansai di Osaka Jepang yang Berada di Tengah Laut

doyouknowjapan.com
doyouknowjapan.com

Bandara yang terletak di kota Osaka Jepang ini tidak berada di darat, tapi di tengah laut. Jadi kalau kamu mendarat di bandara ini, nantinya kamu bisa lihat kalau di sekelilingmu adalah laut.

Walau begitu, fasilitas di bandara ini lengkap. Jadi kamu tak perlu khawatir kegerahan karena mendarat di bandara yang berada di tengah laut.

Bandara Madeira di Portugal yang Sak Uprit

unmotivating.com
unmotivating.com

.Bandara yang ada di Santa Catarina Portugal itu tidak besar. Lokasinya pun dekat dengan laut dan gunung. Pilot yang menerbangkan pesawat harus benar-benar piawai kalau ingin mendarat di bandara ini. Bandara yang mulai dibuka pada 18 Juli 1964 ini termasuk salah satu bandara paling berbahaya di dunia.

Bandara Lukla di Kaki Gunung Everest, Nepal

youtube.com
youtube.com

Nama resmi bandara ini adalah bandara Tenzing-Hillary. Tapi orang lebih mengenalnya sebagai bandara Lukla, karena lokasinya memang berada di daerah di Nepal itu. Bandara ini termasuk yang paling berbahaya di dunia karena lokasinya yang ada di kaki Gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia.

Biasanya bandara ini dipakai oleh orang yang memang ingin naik ke Gunung Everest. Jadi setelah mendarat di bandara ini, baru perjalanan menuju puncak Everest bisa diteruskan. Bandara Lukla ini tidak besar. Karena itu hanya pesawat berukuran kecil saja yang bisa mendarat di sini.

Bandara Princess Juliana di Pulau Karibia

aviationabove.com
aviationabove.com

Bandara ini letaknya dekat dengan pantai Simpson Bay, Saint Marteen. Kamu bisa bayangkan saat enak-enaknya selonjoran atau main-main di pantai, tiba-tiba ada pesawat yang hanya beberapa meter saja lewat di atasmu.

Ya pengalaman itu bakal bisa kamu temui kalau liburan ke Simpson Bay. Sebab pesawat yang hendak mendarat di bandara Princess Juliana itu akan lewat di atas ubun-ubunmu.

Bandara Svalbard di Norwegia, dekat Kutub Utara

wikipedia.org
wikipedia.org

Kalau bandara ini lokasinya dekat dengan kutub utara. Bandara Svalbadrd ini juga tercatat sebagai bandara yang lokasinya berada paling utara di bumi. Bandara ini dibuka pertama kali tahun 1959 dan tiap tahunnya bisa mendaratkan ratusan ribu penumpang. Penumpang itu biasanya ingin tamasya ke Svalbard atau daerah sekitarnya.

Mengerikan dan menantang kan bandara-bandara ini? Kalau menurutmu, dari 10 bandara terunik di dunia ini, mana yang ingin kamu datangi? Ayo tuangkan pilihanmu lewat komentar di bawah ya.

Tinggalkan komentar