Kunci Para Pengusaha Berhasil Bangkit dari Kegagalan

Edison menyebutkan bahwa ia mengalami 10 ribu kegagalan sebelum menemukan formula bola lampu yang tepat untuk digunakan masyarakat. Jumlah kegagalan Edison ini terasa seperti mitos. Mudah sekali mendengar kisahnya, namun sulit untuk bertahan jika kita mengalami kegagalan ke-100 ataupun ke-1000. Apa yang sebenarnya membuat Edison terus mencoba?

Untuk bisa tetap konsisten, penting bagi seseorang untuk merayakan kemenangan-kemenangan kecil agar bisa tetap konsisten ketika hasil belum sesuai harapan. Ketika Sandiaga Uno baru memulai usaha, banyak peristiwa yang akan dicap sebagai kegagalan oleh kaca mata orang awam. Dalam Safari Ramadhan 2013, Sandiaga Uno mengutarakan bahwa ia ditolak untuk bertemu oleh 17 calon klien pertamanya. Ia pernah kalah tender 12 kali. Ia juga pernah ditolak bank 15 kali. Padahal ia sudah memberikan usaha terbaik untuk mendapat peluang tersebut.

Kegagalan semacam ini sangat menggoda untuk melambaikan bendera putih dan menyerah. Saat itulah, kita perlu mensyukuri kemenangan kecil karena telah berusaha sepenuh hati dan memberikan yang terbaik—perlu kejujuran yang tinggi terhadap diri kita sendiri untuk bisa tahu bahwa kita sudah berusaha semampu kita atau hanya mencari-cari alasan.

Kemenangan kecil berupa memberi impresi baik patut kita syukuri dan  rayakan. Memang ada rasa kecewa karena tidak bisa memperoleh hal yang ingin kita raih. Namun kesan baik yang diberikan atas etos kerja kita pasti akan bermanfaat kelak.

Walau seringkali terabaikan, kita punya pilihan untuk tetap bersabar untuk merayakan kemenangan kecil dalam menjalani proses.  Pilihan ini dapat secara sadar kita latih dengan banyak mencari ilmu, baik dari berdiskusi dengan orang yang tepat ataupun banyak membaca buku.

Latihan ini diperlukan agar kita bisa mengubah pandangan dari “Ah, percuma usaha lagi, saya sudah gagal,” menjadi “Saya sudah berusaha keras dan membina hubungan baik. Ini kemenangan kecil yang bisa saya rayakan.” Apa yang tampak sebagai kegagalan ternyata sebuah kemenangan kecil.

Sandiaga juga rajin membaca buku sehingga ia memahami proses yang diperlukan oleh banyak tokoh untuk bisa sukses. Ketika hasil tidak sesuai harapan, Sandiaga teringat Colonel Sanders yang ditolak lebih dari seribu kali sebelum menghasilkan resep ayam goreng yang kita kenal saat ini. “Jadi kalau baru ditolak 15 kali atau 20 kali itu belum seberapa,” kata Sandiaga Uno. Penolakan ini menjadi kesempatan untuk belajar dan menjadi kemenangan kecil karena telah berproses.

Merayakan kemenangan kecil bukan berarti menghiraukan kenyataan jika hasil kerja kita belum cukup baik. Merayakan kemenangan kecil bukan berarti berpuas diri atas pencapaian saat ini. Merayakan kemenangan kecil itu mensyukuri bahwa kita telah mencoba dan berkembang—bahwa kita telah belajar.

Merayakan kemenangan kecil ini membuat kita lebih bersabar menghadapi bayang-bayang kegagalan. Sebagai entrepreneur, Edison juga pandai menggeser pola pikirnya. Ketika ditanya mengapa terus bertahan setelah gagal, Edison menjawab, “I have not failed. I’ve just found 10.000 ways that won’t work.”

Tinggalkan komentar