10 Bangunan dengan Arsitektur Unik yang Dapat Beradaptasi dengan Lingkungan Sekitarnya

Rumah atau bangunan yang idealnya dibangun di perkotaan atau di tempat yang banyak penduduknya. Walaupun jauh dari penduduk kota ataupun desa, desain bangunannya pastinya gak terlalu jauh berbeda dengan bentuk rumah pada umumnya.

Baca juga 10 Arsitektur Bangunan yang Unik, Nyentrik, dan Menakjubkan

Kali ini ada beberapa bentuk Bangunan yang menggunakan arsitektur unik yang membuatnya terlihat biasa saja tetapi ternyata luar biasa. Bangunan-bangunan tersebut juga dapat berbaur dengan baik terhadap lingkungan sekitarnya.

Woodpile Studio – Netherlands

theownerbuildernetwork.co

Woodpile Studio dibangun oleh Entertainer Hans Liberg yang didesain oleh Piet Hein Eek. Bangunan yang dibuatnya tersebut berhasil dengan baik berbaur dengan lingkungan yang ada. Jika jendelanya dibuka maka dengan segera cahaya dari luar akan menerangi isi ruangan bangunan tersebut.

Juniper House – Sweden

www.bigimagesystems.com

Didesain oleh arsitek handal negara Swedia Hans Murman dan Ulla Alberts. Juniper House hampir tidak terlihat oleh mata, tergantung sudut pandang bagi yang melihatnya. Rumah ini tidak menggunakan kaca sebagai media kamuflase, tetapi menggunakan wall sticker untuk membuatnya terlihat menyatu dengan alam sekitar. Gambar wall sticker itu penuh menutupi seluruh dinding bangunan tersebut.

Mirrorcube – Sweden

www.pinterest.com

Rumah pohon ini hanya dapat diakses melalui jembatan yang membentang sepanjang 12 meter. Rumah ini adalah hasil karya luar biasa dari Tham dan Videgrad. Rumah ini dibuat di tengah hutan yang jarang disentuh penduduk sekitar. Keseluruhan dinding bagian luar rumah pohon tersebut dibalut dengan cermin, sehingga memantulkan bayangan sekitar dengan sempurna. Jadi ada kemungkinan kamu akan kesulitan menemukan rumah ini.

The Pinnacle – Nashville

www.yeniemlak.com

The Pinnacle merupakan gedung pencakar dengan jumlah lantai mencapai 29 lantai. Gedung ini berada di jantung distrik Sobro Nashville, Tennessee. Awal pembangunannya pada bulan Juli 2007 dan selesai pada tahun 2010. Gedung dirancang oleh arsitektur terkenal di dunia Pickard Chilton. Gedung ini mendapatkan sertifikat LEED Gold karena gedung yang memiliki ruang hijau penuh dibagian atapnya.

Green Box – Italy

www.housebeautiful.com

Banyak sekali orang yang memiliki impian berupa garasi yang multi fungsi. Tidak hanya digunakan untuk parkir kendaraan pribadi saja, tetapi bisa juga menjadi studio, laboratorium kecil, kantor kecil-kecilan dan lain sebagainya.

Tetapi kebanyakan dari mimpi tersebut tidak dapat dijadikan kenyataan kecuali untuk Act Romegialli. Dia mengubah garasinya yang berada di pegunungan Italia dengan bernuansakan alami. Disetiap sisi garasinya tumbuh tanaman rambat yang berbunga menjadikan hiasan dinding alam yang indah.

The Dessert House – California

kickassthings.com

Layaknya hewan armadilo, sebuah rumah yang digarap oleh Ken Kellogg ini mempunyai arsitektur dengan atap yang berlapis yang dapat melindungi rumah tersebut dari terpaan angin kencang dan panasnya suhu di gurun. Dengan menggunakan bahan-bahan bangunan seperti biasanya, rumah ini seperti sebuah batu organik besar diantara bebatuan dan pasir gurun.

The Dune House – Florida

mayportmirror.jacksonville.com

Tinggal di dekat pesisir pantai memanglah mengasyikkan. Pada tahun 1975, seorang arsitek William Morgan mencoba merancang sebuah rumah yang dibuat dibawah pasir. Hasilnya rumah tersebut mirip sekali dengan rumah yang ada di film Teletubies. Tetapi jangan salah sangka lho, rumah ini ternyata sangatlah nyaman dan indah.

Camouflage House 3 – Jepang

www.cbsnews.com

Greenhouse atau rumah hijau biasanya menjadi tempat tinggalnya berbagai macam tumbuhan. Tetapi yang ini sedikit berbeda dengan greenhouse biasanya. Sebuah greenhouse yang dirancang oleh Hiroshi Iguchi merupakan greenhouse yang dapat ditinggali oleh manusia juga. Dengan tetap menjaga keaslian dari greenhouse, dia membiarkan tumbuhan yang di dalam greenhouse tumbuh menjadi besar.

The Pierre – San Juan Islands, Washington

www.dd-space.com

Jika kamu mengunjungi rumah ini lewat belakang rumah, maka kamu seperti tidak melihat rumah atau bangunan sama sekali, hanya sebuah bongkahan batu raksasa disana. Tetapi jika melihatnya dari samping maka kamu akan menemukan sebuah rumah yang nyaman dan tentram. Rumah ini dibangun di dalam sebuah batu raksasa yang kemudian ditutupi dengan atap hijau.

Cave Palace Ranch – Utah

www.pinterest.com

Inilah rumah yang paling unik di negara Amerika. Rumah ini dibangun di dalam sebuah gua batu merah yang alami. Pada awalnya hanyalah sebuah gua kosong yang kemudian berubah menjadi sebuah rumah yang sangat fantastis.

Tinggalkan komentar