5 Bangunan Unik Berbentuk Lingkaran Dari Berbagai Belahan Dunia

Arsitektur telah berkembag dari masa ke masa. Mulai dari rumah kayu dan kulit kaum nomaden zaman dulu hingga berbagai bentuk bangunan pencakar langit zaman sekarang. Bangunan bukan hanya tempat tinggal, namun seni.

Hampir semua bangunan berbentuk simetris hingga yang paling berbentuk acak ada di berbagai belahan bumi. Namun adalah gedung tinggi yang berbentuk lingkaran? Tentu saja ada, kamu tidak percaya?

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa bangunan yang berbentuk lingkaran. Mungkin bisa menjadi insirasi bagi kamu yang memiliki cita – cita merancang rumah idaman masa depan kamu sendiri.

Radisson BLU Hotel

amusingplanet.com

Gedung hotel ini dibangun selama tahun 2003 hingga 2005 di kota Frankfurt, Jerman. Desain bangunan yang nyaris bulat sempurna ini dikerjakan oleh John Seiffert. Desain melingkar dengan bagian tengah yang berbentuk kotak timbul.

Hotel yang satu ini memiliki 428 kamar yang bisa kamu pilih. Dengan ketinggian bangunan hingga 96 meter, hotel ini memiliki 18 lantai. Biaya konstruksinya mencapai 115 juta euro, angka yang fantastis bukan?

Selain beberapa fakta menarik di atas, satu lagi fakta unik lainnya adalah bahwa gedung ini memiliki menara di dalam gedung tempat penyimpanan botol wine. Hebatnya, tempat penyimpanan ini mampu menampung hingga 1.500 botol.

 

Fangyuan Mansion

amusingplanet.com

Kalau gedung melingkar yang satu ini ada di Shenyang, China. Tentu saja yang paling unik dari gedung ini adalah kenampakannya yang menyerupai koin China kuno. Dengan bagian tengah lingkaran berbentuk kotak menjorok ke dalam.

Meskipun bentuknya yang unik, entah mengapa gedung ini mendapat vote sebaai gedung terjelek oleh CNN. Tinggi gedung ini mencapai 100 meter dan pembangunannya diselesaikan pada tahun 2011.

Lembaga arsitek yang mendesain gedung ini adalah C.Y Lee & Partners Architect. Kantor jasa arsitek yang satu ini jugalah yang menjadi desainer Taipei 101, gedung ketiga tertinggi di dunia setinggi 508 meter.

 

Sunrise Kempinski Hotel

amusingplanet.com

Hotel bulat yang satu ini benar – benar bulat, bukan hanya melingkar. Letaknya sekitar 60 kilometer dari pusat kota Beijing. Bentuknya yang elips hampir bulat dikatakan seperti kenampakan matahari.

Sunrise Kempinski Hotel ini menjadi semakin indah karena berdiri tepat di bibir danau Yanqi. Gedung setinggi 97 meter ini memiliki 21 lantai dengan 306 kamar. Bangunan bulat ini didesain oleh Shanghai Huadu Architect Design Co.

Meskipun berdiri di China, korporasi hotel ini sebenarnya adalah perusahaan asal Berlin, Jerman bernama Kempinski. Kempinski sendiri memiliki cabang hotel di 30 negara berbeda.

 

Guangzhou Circle

amusingplanet.com

Nah, kalau gedung berbentuk donat yang satu ini ada di kota Guangzhou, bahkan dinamai Guangzhou Circle. Lain dari dua gedung melingkar sebelumnya, gedung yang satu ini didesain oleh desainer asal Italia.

Bangunan setinggi 138 meter dengan diameter lingkaran tengah 50 meter ini diarsiteki oleh Joseph di Pasquale dari studio Milan AM Project. Geung ii mempunyai 33 lantai dan terletak di pinggir sungai Pearl.

Gedung ini dibagun dengan biaya lebih dari 25 miliar euro.

 

Al Dar Headquarters

amusingplanet.com

Kalau gedung melingkar yang terakhir ini bernama Al Dar, berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Bangunan dengan tinggi 121 meter dan memiliki 23 lantai ini didesain oleh MZ Architects. Pembangunan gedung ini selesai pada tahun 2010.

Uniknya, Al Dar adalah gedung dengan bentuk melingkar satu – satunya yang berdiri di kawasan Timur Tengah. Gedung ini pernah meraih penghargaan sebagai “Best Futuristic Design” dari The Building Exchange (BEX).

Tinggalkan komentar