7 Batu Paling Langka Sekaligus Termahal di Dunia

Batu mulia menunjukan status seseorang. Semakin langka batu mulia yang ia punya semakin tinggi tingkat sosialnya. Sehingga itu semua menyebabkan harga sebuah batu mulia menjadi sangat mahal hingga jutaan dollar. Semua orang tahu bahwa berlian adalah teman terbaik untuk kecantikan wanita karena berlian memiliki bentuk yang indah dan jarang dimiliki oleh orang lain. Namun apakah berlian adalah batu yang paling langka di dunia?

Berikut ini adalah batu mulia paling langka di dunia, hanya segelintir orang memiliki batu mulia ini. Inilah 7 urutan batu mulia paling langka.

 

Jadeite

jewelsdujour.com
jewelsdujour.com

Jadeite adalah pemenang dari 10 batu paling langka di dunia. Jadeite kualitas terbaik dapat ditemukan di daerah Myanmar. Untuk kualitas yang agak rendah kamu bisa menemukanya di Guatemala, Russia, Kazakhstan, Jepang dan California, Amerika Serikat. Nilai keindahan Jadeite terdapat dari kombinasi warna hijau dan tingkat transparansinya yang tinggi. Sebuah kalung Jadeite yang bernama “Doubly Fortunate” terjual di pelelangan dengan harga 9.4 juta dollar Amerika.

Red Diamonds

ghanapremium.com
ghanapremium.com

Semua jenis berlian dengan berbagai warna pada umumnya sangat langka, namun ada satu yang lebih langka dari yang lain yaitu red diamond. Sekarang ini hanya terdapat 20 red diamon di dunia dan kebanyakan beratnya tidak lebih dari setengah karat. Namun ada 3 buah red diamon yang beratnya lebih dari 5 karat, salah satunya adalah Moussaieff dengan berat 5.11 karat. Argyle Mine di Australia memproduksi sejumlah kecil red diamonds setiap tahunya. Pada tahun 1987, Hancocok Red seberat 0.95 karat terjual dipelelangan seharga 926.000 dollar Amerika. 20 tahun kemudian rekor tersebut terpecahkan ketika purplish red diamond seberat 2.26 karat terjual dengan harga 2.6 juta dollar Amerika.

Serendibite

jewelsdujour.com
jewelsdujour.com

Selama hampir 100 tahun hanya terdapat 3 Serendibite yang ditemukan. Penemuan pertama yaitu di Gangapitiya dekat Ambakotte, Sri Lanka pada tahun 1902 dan pada tahun 2005 ditemukan di distrik Mogok, Myanmar. Batu berwarna cyan ini namanya berasal dari bahasa arab yaitu “Serendib”. Batu ini terdiri dari kalsium, magnesium, aluminium, silikon, boron dan oksigen. Harga dari batu super langka ini adalah 1.8 sampai 2 juta dollar Amerika per karat.

Blue Garnet

jewelsdujour.com
jewelsdujour.com

Blue garnet memiliki semua warna pada pelangi yaitu merah, kuning, hijau, biru, ungu, coklat, hitam, merah muda dan bahkan tanpa warna. Batu ini ditemukan pertama kali pada tahun 1990 di Bekily, Madagaskar dan beberapa tempat lain seperti di Amerika Serikat, Rusia dan Turki. Yang mebuat Blue Garnet istimewa adalah kemampuanya mengubah warna ketika jumlah besi Vanidium yang besar. Pada siang hari, batu ini berwarna biru kehijau hijauan, namun akan berubah menjadi ungu jika cahaya berkurang. Blue Garnet termahal adalah seberat 4.2 karat yang terjual sekitar 6.8 juta dollar Amerika.

Painite

ninefinestuff.com
ninefinestuff.com

Painite pernah menduduki urutan nomor satu batu paling langka di dunia, Painite masih termasuk langka namun tidak selangka dahulu. Itu terjadi karena penemuan 55 karat Painite di Myanmar pada tahun 2001. Harga Painite perkaratnya adalah sekitar 50.000 sampai 60.000 dollar per karat.

Grandidierite

imgur.com
imgur.com

Grandidierite ditemukan oleh seorang penjelajah asal Perancis bernama Grandidier. Sebagian besar ditemukan di Madagaskar. Hanya terdapat satu spesimen yang dibuat dengan berat 0.29 karat. Harga dari batu ini sekitar 50.000 dollar Amerika

Musgravite

pinimg.com
pinimg.com

Musgravite berasal dari daerah Musgrave Range di Australia bagian selatan. Batu ini pertama kali ditemukan pada tahun 1967. Beberapa Musgravite juga ditemukan di Greenland, Madagaskar, Antartika, Sri Lanka dan Tanzania. Namun hanya terdapat 8 spesimen yang memang diaukui keaslianya. Warna batu ini yaitu hijau muda,abu abu dan ungu. Harga batu ini sekirat 35.000 dollar per karat.

Tinggalkan komentar