7 Tempat Wisata di Batu Malang yang Sayang Dilewatkan

BATU MALANG – Kawasan Kota Wisata Batu Malang sudah dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur. Ada banyak sekali obyek wisata menarik ang bisa kamu nikmati bersama pasangan, keluarga atau teman-teman dekat. Kamu bisa menjumpai suguhan wisata alam yang menarik hingga wisata sejarah, agro dan wisata kuliner.

Banyak tempat wisata yang ada di Batu Malang. Bila kamu baru pertama kali pergi berlibur di kota ini pasti akan kebingungan memilih tempat wisata yang pas. Tapi kamu bisa memprioritaskan tempat-tempat yang akan membuat liburan kamu semakin menarik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik yang ada di Batu Malang.

Wisata Air Terjun Coban Rais dan Coban Rondo

mytrip123.com
mytrip123.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa Kota Batu berada di daerah dataran tinggi sehingga memiliki beberapa wisata air terjun yang sangat indah. Salah satu wisata air terjun tersebut adalah Coban Rondo dan Coban Rais.

Coban Rondo merupakan wisata air terjun yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga karena akses menuju lokasinya cukup mudah. Lokasi dari Coban Rondo di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon. Air terjun di Coban Rondo memiliki ketinggian 60 meter. Di sini juga terdapat taman labirin yang sangat cocok untuk lokasi berfoto dan bermain.

Coban Rais merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang ada di Kota Batu. Untuk menuju lokasi air terjun ini kamu harus melalui jalan setapak, jalan hutan dan menyusuri sungai. Selama perjalanan menuju lokasi air terjun kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam Kota Batu yang sangat memikat.

Selain itu di hari libur ataupun hari-hari akir pekan, tempat ini juga biasa digunakan sebagai lahan perkemahan yang cukup populer. Ada banyak anak sekolah yang sengaja bermalam untuk berkemah dan melakukan berbagai macam kegiatan seru di sana. Untuk segi fasilitas juga terbilang lengkap, ada banyak penjual dan warung yang menjual makanan begitu juga dengan fasilitas umum seperti kamar mandi dan mushola bisa dengan mudah ditemui dilokasi wisata tersebut.

Taman Selecta Batu

Taman Selecta Batu
klikhotel.com

Berkunjung ke Kota Batu tidak lengkap rasanya bila tidak mampir di obyek wisata Selcta. Obyek wisata ini sudah ada sejak tahun 1930 pada masa penjajahan Belanda. Taman rekreasi ini dibangun di atas lahan seluas 18 hektar dan dibagi menjadi 4 bagian utam yakni taman rekreasi, hotel, restoran dan kebun.

Di Taman Selecta Batu kamu bisa menikmati berbagai fasilitas dan wahana seperti taman bunga, kolam renang, outbond dan juga area jogging. Dengan suasana udara yang sejuk serta pemandangan taman yang indah, Selecta menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Namun yang sangat terkenal di taman wisata selecta adalah taman bunga. Ya, taman bunga selecta sudah menjadi buah bibir para wisatawan karena di sana bunga-bunga di tanam dan di tata sedemikian rupa sehingga nampak bagus dan indah. Bahkan tempat ini kerap dijadikan foto prewedding oleh mereka yang hendak menikah dan tentu hasil fotonya sangat mengagumkan.

Alun – alun Kota Batu

Alun - alun Kota Batu
klikhotel.com

Indonesia memang merupakan negara yang unuk. Hampir di setiap kota besar di negara ini memiliki ruang publik yang disebut dengan alun-alun, begitu juga di Kota Batu.

Kota ini juga memiliki alun-alun yang sangat unik dibandingkan dengan alun-alun di kota lain. Alun-alun Kota Batu didesain sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai sarana rekreasi, edukasi dan olahraga bagi warganya.

Sejak direnovasi pada tahun 2011, alun-alun kota Batu telah menjadi wisata di Batu, Malang yang murah-meriah. Kamu bisa menikmati indahnya air mancur serta puluhan burung merpati yang beterbangan di sekitar air mancur. Selain itu terdapat juga berbagai wahana seperti biang lala, mini playground, ruang informasi dan toilet dengan bentuk unik.

Yang menarik, tidak jauh dari alun-alun batu kalian bisa menjumpai salah satu makanan yang sangat terkenal di sana sekaligus sebagai tempat nongkrong anak muda yaitu tempat makan ketan dengan berbagai macam aneka ras. Ya, kalian bisa memilih hampir semua rasa yang nantinya akan di balurkan di atas ketan yang tersaji hangat di atas piring. Kalau di tanya rasa apa yang paling populer? tentu jawabannya adalah ketan durian. Mendengar namanya saja sudah jadi ngiler.

Eco Green Park

Eco Green Park di Batu Malang
klikhotel.com

Eco Green Park berada di Jl. Ora-ora Ombo No. 9A, lokasinya tepat berada di sebelah Batu Scret Zoo. Setiap harinya, tempat wisata ini buka mulai pukul 9.00 pagi sampai pukul 5.00 sore. Harga tiket masuk ke Eco Green Park di hari biasa adalah 40.000 Rupiah per orang dan 60.000 Rupiah per orang pada akhir pekan.

Di tempat ini terdapat sekitar 35 wahana edukasi yang bisa kamu pilih. Dengan moto Fun and Study, Eco Green Park berharap agar para pengunjung terutama anak-anak bisa belajar tantang ekosistem alam. Kita disini juga bisa melatih ketangkasan anak dengan mengajak bermain mereka dengan berbagai macam wahan yang tersedia lengkap di sana.

Paralayang dan Rumah Pohon

Paralayang dan Rumah Pohon di Kota Batu Malang
rentalmotordimalang.com

Tempat wisata ini bisa kamu jadikan salah satu alternatif tempat wisata untuk menikmati keindahan alam Kota Batu. Wahana paralayang dan rumah pohon ini berada di satu lokasi yakni di Gunung Banyak. Di lokasi ini kamu bisa melihat pemandangan keseluruan Kota Batu dari atas gunung.

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan ketenangan. Kamu bisa duduk-duduk di bangku kayu sambil menikmati keindahan Kota Batu. Tapi jika ingin menguji nyali, kamu bisa mencoba wahana paralayang. Jangan khawatir jatuh karena kamu akan dipandu oleh pemandu yang profesional.

Berkunjung ke Paralayang jangan lupa mampir ke rumah pohon. Pernah membayangkan tidur dan menginap di rumah yang serba kayu dengan pemandangan alam yang menyejukkan hati?

Kamu bisa menginap di Rumah Pohon. Cukup dengan 250.000 – 350.000 Rupiah per malamnya, kamu bisa menghabiskan malam di atas rumah pohon. Jika tidak ingin menginap, kamu bisa melihat-lihat sambil berfoto dengan biaya 5.000 Rupiah saja.

Kaliwatu Rafting

kaliwatu rafting malang
bromotravelindo.com/

Nah, jika kalian ingin berwisata penuh adrenalin sepertinya melakukan rafting di sungai daerah Batu bisa sangat menyenangkan. Bayangkan, kalian bisa menikmati keindahan alam pegunungan sambil mengikuti arus sungai yang cukup deras tentunya liburan yang kalian akan semakin terasa sempurna.

Kalian di sana bisa menyewa peralatan rafting lengkap dengan harga yang cukup ekonomis. Adapun arum jeram tersebut dilakukan di sungai kaliwatu yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Jatim Park 1, mungkin hanya sekitar 4,5 km saja. Untuk akses jalannya pun sekarang juga sangat mudah dan sudah diperbaiki sehingga para pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapi ke kolasi.

Bagaimana? apakah kalian tertarik juga?

Agrowisata Petik Apel Bumiaji

agrowisata bumiaji
gambar-rumah.com

Bagi kalian pecinta buah apel, seprtinya kota batu bisa menjadi surga bagi kalian semua. Ya, jadi kota Batu-Malang juga disebut kota Apel karena hasil pertanian buah apelnya sangat-sangat melimpah.

Adapun salah satu tempat wisata agrowisata yang memanfaatkan peluang tersebut adalah Agrowisata Bumiaji. Di sana kalian bisa memakan apel sepuasnya dan bisa memetik apel secara langsung dari pohonnya.

Jika kalian ingin pulang membawa apel juga sangat diperbolehkan, kita hanya perlu memetik dan menimbang apel yang hendak kita bawa pulang untuk di bayar. Rasa apel khas batu ini memang terkenal manis dan segar.

Jatim Park 2 (Secret Zoo dan Museum Satwa)

Jatim Park 2 Batu Malang
klikhotel.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini bukan? Jatim Park 2 merupakan tempat wisata yang terdiri dari Scret Zoo, Museum Satwa dan Hotel Pohon Inn. Pada museum satwa kamu bisa melihat berbagai satwa yang diawetkan serta fosil-fosil binatang yang di datangkan dari berbagai dunia.

Bila kamu sudah bosan melihat-lihat di museum satwa selanjutnya kamu bisa melihat beragam binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini dibuat dengan konsep modern, yakni berbagai binatang ditempatkan di dalam kandang yang dibuat mirip dengan habitat aslinya.

Sementara Scret Zoo menampilkan tema yang berbeda di setiap lokasi penempatan satwanya. Mulai dari tema Feeding Birds, Tiger Land, Fantasy Land, River Adventure, Savana, Kampung Afrika dan lain-lain. Untuk bisa masuk ke dalam Jatim Park 2 kamu akan dikenakan biaya Rp 70.000 pada hari biasa sedangkan ketika akhir pekan harga tiket menjadi Rp 100.000.

Jatim Park 1

Jatim Park 1 di Kota Batu Malang
pikavia.com

Jatim Park 1 adalah sebuah saran rekreasi sekaligus belajar untuk keluarga. Tempat wisata ini menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur dengan 56 wahana permainan. Selain wahana permainan terdapat juga beberapa tempat yang menarik seperti Volcano, Galeri Nusantara, Science Center, Flumride dan Mythologies, serta miniatur beragam candi di Indonesia.

Jatim Park 1 pernah dinobatkan sebagai juara satu oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam ketegori wisata buatan. Harga tiket masuk Jatim Park untuk weekday 55.000 Rupiah sedangkan untuk weekend dan hari libur 75.000 Rupiah.

Museum Angkuts

museum-angkut-kota-batu

Jika berkunjung ke batu malang, belum lengkap rasanya sebelum ke tempat yang satu ini. Sering kali museum diidentikkan dengan tempat yang membosankan dan cenderung lebih formal dan kaku. Namun hal yang berbeda akan kalian temui di Museum yang satu ini.

Museum tersebut bernama museum angkut atau kadang orang menyebutnya dengan museum angkot atau juga kadang disebut musium angkut. Museum ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib kalian kunjungi dengan teman atau keluarga saat kalian berlibur ke kota Batu, Malang.

Tempat wisata menarik ini tergolong tempat wisata baru. Baru dibuka pada 9 Maret 2014 tahun lalu, walaupun baru tempat ini semakin terkenal karena fasilitas dan wahana yang menarik. Sesuai dengan namanya, angkut ini berkonsep kendaraan atau otomotif dari berbagai Negara. Museum ini berisikan kendaraan-kendaraan yang ada dari zaman dahulu yang sering digunakan orang untuk bepergian dari beragam tempat dan Negara di dunia.

Museum yang memiliki luas sebesar 3 hektar ini menawarkan sensasi nostalgia dengan item – item otomotif zaman dahulu hingga sekarang. Disana kalian akan melihat museum trasnportasi yang didalamnya mempertontonkan berbagai macam koleksi alat trasportasi dari beragam jenis dan pabrikan. Bagi kalian pecinta otomotif, pasti akan sangat senang dengan tempat yang satu ini.

Terdapat beragam jenis kendaraan dari yang paling terbaru dan keren hingga yang paling aneh. Selain itu, Museum Angkut Batu juga mengoleksi kendaraan dari Indonesia. Mulai dari sepeda onthel, perahu, dokar, becak, dan pedati sampai hingga kapal terbang dan kapal. Adapun koleksi museum ini beragam mulai dari yang replika, modifikasi hingga original.

Selain museum, tempat ini juga menawarkan berbagai macam zona-zona hiburan lainnya mulai dari zona edukasi, gangster town, Batavia, jepang, eropa, Istana Buckingham, Las Vegas, Hollywood, Batmobile, dan pasar apung. Dipastikan kalian tidak akan merasa bosan disana.

Bagaimana untuk mencapai ke tempat ini ? Museum angkut untuk lebih lengkapnya beralamat di di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang, Jawa TImur. Untuk mencapai tempat ini kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi atau pun umum.

Jika melakukan perjalanan dengan alat transportasi umum, kalian dapat memulai dari Malang, dengan menaiki rute Stasiun Malang -angkutan umum -Terminal Landung Sari -bus Puspa jurusan Jombang – Sampai di Museum Angkut Batu.

Ketika memasuki gerbang masuk area Museum Angkut, kalian kemudian akan melihat Pasar Apung yang berada di sebelah kanan jalan dan juga replika jet tempur di sebelah kiri jalan. Ketika telah sampai di lokasi wisata museum angkut Batu ini, kalian diharuskan untuk segera untuk membeli tiket masuk. Hal ini dikarenakan para pengunjung sudah pasti ramai. Jadi usahakan cepat agar tidak mengunggu terlalu lama. Para wisatawan sangat antusias untuk melihat museum yang relatif masih baru ini, jadi kalian harus sabar menanti. Adapun, jam buka museum angkut Malang ini mulai dari pukul 12.00 – 20.00.

Bagaimana dengan tiket masuk? Tenang, untuk ukuran falitas dan kesenangan yang dapat kalian dapatkan, tempat wisata ini tergolong murah. Harga tiket masuk untuk hari biasa, Senin – Kamis : Rp60.000. Sedangkan tiket masuk pada akhir pekan dan liburan hanya  Rp80.000 per orang. Termasuk murah bukan? Apabila  kalian ingin membawa kamera, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 30.000 pada saat masuk.

Batu Night Spectacular

http://www.vebma.com/
http://www.vebma.com/

Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama. Wisata yang satu ini terletak di Desa Oro-oro Ombo dekat dengan tempat wisata Jatim Park 2. Ada banyak wahana permainan yang menghibur di antaranya adalah slalom test, gallery hantu, sepeda udara, trampoline, lampion garden dan masih banyak lagi. Terdapat juga berbagai wahana yang dapat menguji adernalin anda seperti mouse coaster dan drag race.

Batu Night Spectacular buka dari pukul 15.00 sampai 24.00. Itulah mengapa tempat ini diberi nama Batu Night Spectacular karena dibuka dari waktu sore hingga malam. Waktu yang paling tepat untuk menikmati tempat ini adalah di waktu malam karena tempat ini terasa sangat meriah saat diterangi oleh lampu yang berwarna-warni.

Untuk anda yang membawa anak-anak, di sini juga tersedia wahana bermain yang diperuntukkan untuk anak-anak yaitu Kids Zone yang terdapat 25 wahana di dalamnya.

Untuk tiket masuknya terbilang sangat murah yaitu hanya 25.000 rupiah. Namun saat anda sudah berada di dalam dan ingin menikmati wahana yang ada, anda harus mengeluarkan uang lagi mulai dari 5.000 samapi 25.000 rupiah sesuai tarif yang dikenakan oleh masing-masing wahana.

Jika anda memilih wahana sepeda angin, anda dapat melihat Kota Batu yang ada di bawah. Di dekat pintu keluar yang berada di sebelah timur terdapat night market yaitu tempat untuk membeli oleh-oleh khas Batu dan Malang. Tersedia juga food court dan panggung pertunjukkan di sampingnya.

Pada pukul 20.30 dan 22.30 anda dapat menyaksikan pertunjukkan air mancur yang bergerak menari-nari mengikuti musik yang diputar di food court. Ini merupakan momen terbaik yang bisa anda dapatkan di tempat ini.

Kusuma Agrowisata Batu

http://wisatabromojatim.com/
http://wisatabromojatim.com/

Kota Batu juga dikenal sebagai penghasil apel yang manis dan ranum. Jadi, apabila anda berkunjung ke Kota Batu tidak ada salahnya untuk mencicipi langsung buah apel di kebunnya.

Kusuma Agrowisata Batu terletak di Jalan Abdul Gani Atas Kota Batu. Di sini anda dapat menikmati udara yang bersih, segar dan sejuk. Anda juga dapat memetik apel sendiri langsung dari pohonnya.

Tempat ini juga meawarkan hotel sebagai fasilitas pendukung. Lokasi tempat ini terletak di ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut. Wisata yang ditawarkan di sini adalah perkebunan yang di dalamnya terdapat kebun yang buah dari pohon jeruk, apel, jambu merah, buah naga, strawberry dan sayur hidroponiknya dapat kita petik sendiri.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan tempat outbound yang berisi permainan airsoft gun, flying fox dan ATV.

Terdapat 5 paket wisata apel yang masing-masing memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda. Untuk paket yang lebih murah memiliki tarif 32.000 rupiah sedangkan yang paling mahal 54.000 rupiah. Sudah termasuk tiket untuk masuk kebun, memetik apel sendiri dan aneka makanan minuman. Anda juga dapat menikmati suasana perkebunan dengan mobil wisata yang memiliki tarif 10.000 rupiah per orang.

Di tempat agrowisata ini terdapat seorang pemandu yang akan menjelaskan segala sesuatu tentang budidaya tanama dan hal-hal yang berkaitan dengan buah-buahan yang ada. Anda akan diajak untuk berkeliling perkebunan yang cukup luas.

Apabila anda merasa lapar, anda bisa mengunjungi Apple House dan Strawberry House. Kedai makanan ini memiliki menu yang mayoritas berbahan dasar apel dan strawberry di antaranya adalah Apple Chicken Steak, Apple Beef Steak, Mie Sarang Apple, Udang Saus Strawberry, Chicken Fruit Strawberry dan masih banyak lagi.

Museum D’Topeng Kingdom

museum d'topeng
havefunwithkids.wordpress.com

Selain bisa berwisata alam, saat ke Batu-Malang kalian juga bisa mampir ke wisata edukasi yaitu museum d’topeng kingdom. Jadi di sana ada berbagai macam koleksi topeng dari berbagai daerah dan berbagai macam bentuk. Namun tempat wisata ini bisa dikatakan masih baru karena baru didirikan sejak tangal 23 Mei 2014.

Museum ini banyak sekali menyimpan benda sejarah khususnya tradisional Indonesia, bahkan tercatat lebih dari 2000 topeng ada disana. Salah satu diantaranya adalah topeng yang ditemukan di candi borobudur yang dilapsi dengan bahan prada.

Koleksi lain seeprti kursi antik dan juga berbagai macam wang juga turut melengkapi koleksi yang ada. Bahkan seperti koleksi Al-quran kuno dan juga kursi peninggalan kerajaan singaraja juga bisa kita lihat di museum d’topeng kindom.

Untuk jam bukanya sendiri, setiap hari pukul 12 siang sampai dengan jam 8 malam. Jadi kalian jangan khawatir untuk mampir kesana sekedar untuk menambah wawasan si kecil mengenai berbagai macam jenis topeng yang ada di Indonesia.

Wisata Ke Batu-Malang Rugi Kalau Tidak Membawa Oleh-oleh

Tidak lengkap rasanya berwisata ke suatu daerah tanpa membawa pulang oleh-oleh khasnya untuk keluarga di rumah. Oleh-oleh khas menjadi istimewa karena ada kebanggan tersendiri bagi pembawanya. Orang yang membawa oleh-oleh khas akan merasa bangga karena oleh-olehnya hanya bisa diperoleh dari daerah yang dia kunjungi.

Apalagi untuk daerah yang memang sudah terkenal dengan makanan khasnya, tentu akan membuat lebih istimewa bagi orang yang membawanya. Seperti contoh kota Malang, Malang adalah kota yang terkenal dengan apelnya, maka tak heran jika ada seseorang yang bepergian ke Malang kemudian ada yang menanyakan “mana apelnya?”, ya karena apel sudah menjadi buah serta oleh-oleh khas Malang.

Nah, berikut adalah beberapa oleh-oleh khas yang bisa menjadi pilihan anda saat berkunjung ke wisata Batu Malang.

  • Pia Brawijaya

Seperti namanya, kue pia ini mungkin juga ada di banyak tersebar di daerah lain. Namun karena pia ini adalah produksi dari hasil salah satu toko oleh-oleh besar yang ada di Batu dengan nama yang sama, maka pia ini diberi nama dengan Pia Briwjaya.

Pia Brawijaya dikemas menggunakan kemasan kotak coklat yang menarik. Pilihan rasanya juga beragam. Diantaranya ada rasa kacang hijau, keju, apel, dan durian. Dalam keadaan tidak terlalu ramai, pengunjung bisa mencicipi dulu rasanya dengan pia yang sudah disediakan berupa pia yang sudah dipotong-potong dan tersimpan di toples tester. Pia ini memiliki kisaran harga antara 35 ribu sampai 50 ribu.

  • Aneka Keripik

Keripik adalah salah satu oleh-oleh khas Batu yang paling banyak dijumpai serta beragam jenisnya. Diantara keragaman keripik itu adalah keripik buah, keripik tempe, keripik sayuran sampai keripik ceker atau usus. Tinggal pilih saja sesuai selera atau ukuran.

Istri waktu itu memilih untuk membeli keripik tempe. Alasannya sederhana, murah, enak dan hampir semua orang suka. Kalau keripik buah, di Lampung juga lumayan banyak. Dan untuk beberapa jenis buah, ada yang orang tidak suka karena asam atau alasan lainnya.

Jadi itu tadi beberapa tempat wisata yang wajib kalian kunjungi saat bermain ke kota Batu-Malang. Jadi Malang itu memiliki banyak sekali tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan juga berbagai wahan bermain anak yang cukup lengkap. Selain itu untuk masalah kuliner, ada banyak sekali makanan ataupun oleh-oleh yang siap menggoyang lidah anda, bahkan sebagai salah satu kota penghasil buah apel terbesar di Indonesai, maka saat kalian bermain ke kota Malang tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati kesegaran dan kelezatan buah apel yang dipetik langsung dari pohonnya.

Tinggalkan komentar