Kenali Faktor Penyebab Bayi Susah BAB

Mungkin bayi kamu menangis atau rewel karena merasa kesakitan saat BAB, atau perutnya kembung sering muntah dan berat badan bayi kamu tidak mengalami kenaikan yang significant serta saat kamu meraba perut bayi kamu terasa keras??? Nah itu bisa jadi bayi susah BAB atau sembelit.

Biasanya buat kamu ibu ibu muda atau pertama punya bayi tidak menyadari gejala itu dan cenderung panik ketika melihat bayi menangis atau rewel saat BAB. Sebagai ibu muda atau calon ibu perlu mengetahui sebetulnya apa saja penyebab bayi susah BAB dan bagaimana cara mengatasinya sehingga kamu bisa mengantisipasi dirumah.

Berikut akan dijelaskan tentang penyebab dan juga cara mengatasi bayi susah BAB. Apakah penyebab sembelit?

asi eksklusif
http://assets.kompas.com/

1. Faktor susu : Jika bayi kamu mengonsumsi susu formula bisa jadi itu menjadi salah satu faktor bayi kamu mengalami susah BAB karena jika bayi kamu menggunakan Air Susu Ibu atau ASI akan sangat jarang untuk mengalami yang namanya sembelit atau susah buah air besar karena ASI merupakan makanan yang terbaik bagi bayi dan sangat mudah untuk dicerna.

Sedangkan pada susu formula mengandungan lemak dan protein yang tidak seimbang serta susu formula terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang terlalu tinggi. Jadi sebagai ibu kamu perlu pintar memilih susu fomula agar bayi kamu tidak mengalami kesusahan bab.

2. Sistem pencernaan bayi belum sempurna : Faktor kedua yang bisa menjadi pemicu bayi susah bab adalah ketika sistem pencernaan pada bayi belum sempurna namun bayi susah diberi makanan yang tidak seharusnya atau salah memberi makanan pendamping. Maka dari itu perlu menjajaga pola makan bayi agar percernaan menjadi lancar.

3. Kekurangan cairan atau dehidrasi : Faktor ke tiga yang bisa membuat Bayi susah bab adalah kekurangan cairan atau dehidrasi, ketika bayi kekurangan cairan bisa menyebabkan pencernaan tidak lancar.

Nah setelah kamu tahu beberapa faktor yang bisa menyebabkan bayi sulit bab berikut cara mengatasinya :

susu formula
sehatfresh.com

1. Jika anda mampu memberikan asi maka berilah asi untuk bayi kamu, karena sebaik baiknya makanan untuk bayi adalah ASI.

2. Namun jika asi kamu tidak keluar dan harus memberi susu formula pada bayi kamu maka kamu perlu cermat untuk melihat kandungan susu formula itu sebelum kamu memberikannya pada bayi kamu atau kamu perlu konsultasi ke dokter untuk memilihkan susu formula yang baik untuk bayi kamu. Dan kamu juga perlu melihat aturan pemakaiannya.

Artikel terkait : cara mengatasi bayi cegukan

3. Ketika kamu melihat anus bayi kamu terluka, kamu bisa mengoleskan minyak bayi di daerah sekitar anus bayi kamu.

4. Jika bayi susah BAB kamu bisa memberikan pijatan lembut disekitar perut bayi dengan gerakan searah jarum jam.

Tinggalkan komentar