Bayimu Sering Terbangun di Malam Hari? Lakukan Langkah Cerdas Ini Supaya Tidurnya Bisa Lebih Nyenyak

Jadwal tidur seorang bayi itu memang tidak tentu, terkadang ia bisa tidur dengan cepat, namun sering juga mengajak orangtuanya untuk begadang. Bagi kamu yang baru saja menjadi orangtua, mungkin akan kaget dengan perubahan pola tidurmu yang sudah teratur.

Apalagi kalau bayimu itu tiba-tiba terbangun tengah malam karena merasa tidurnya kurang nyaman. Sehingga, ia pun tidur tidak nyenyak dan seringkali terbangun. Kalau sudah begini, secapek dan sengantuk apapun kamu, harus ikut menemaninya juga.

Merawat bayi itu bukanlah hal yang mudah, kamu memang perlu kehati-hatian dan kesabaran yang tinggi agar bayimu tidak rewel dan bisa tumbuh dengan baik. Begitu juga dengan memaklumi waktu tidurnya yang kerap terbangun di malam hari.

Akan tetapi, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi anakmu yang kerap terbangun di malam hari kok. Kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini agar ia terlelap dan tidur dengan lebih nyenyak.

1

Tempat Tidurnya Wangi dan Besih

www.youtube.com

Ketika kamu menyiapkan sebuah tempat tidur untuk anakmu, jangan sampai lupa untuk membuatnya selalu wangi dan bersih, bebas dari debu dan kotoran. Kamu saja yang dewasa akan merasa terganggu kan jika memiliki tempat tidur yang kurang bersih?Begitu pula dengan bayi.

Sering-seringlah mengecek kebersihan dari tempat tidur buah hatimu. Dan untuk wewangiannya, kamu bisa memberikan wewangian alami dari minyak aroma, barangkali bayimu bisa merasa lebih nyaman ketika terlelap dengan aroma yang dikeluarkannya.

2

Penerangan

lullabycasa.com

Memberikan penerangan yang baik di dalam kamar si kecil akan membantunya untuk tidur dengan lebih nyenyak. Kamu bisa memasang sebuah lampu yang memberikan kesan hangat dan kenyamanan untuk buah hatimu.

Serta, hindarkan sorot lampu langsung mengenai bayi, karena hal ini justru membuat si bayi merasa kurang nyaman. Pilihkan saja lampu dengan penerangan yang redup di kamar si bayi. Karena cahaya ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan pun bisa mengganggu kenyamanan tidur si bayi.

3

Mandi Air Hangat

www.mycity-web.com

Menurut beberapa orang, memandikan bayi dengan air hangat adalah langkah yang paling tepat untuk membuat buah hatimu dapat tidur dengan lelap. Fungsi utama dari mandi air hangat ini agar tubuh si bayi merasa tenang dan lebih rileks.

Sehingga, ketika ia ditidurkan, perasaan tenang itu akan memicunya untuk tidur dengan lebih cepat dan nyenyak. Setelah mandi, kamu pun bisa memijat tubuhnya secara perlahan untuk melancarkan peredaran darahnya dan menambah ketenangan untuk si bayi.

4

Berikan Susu Ketika Akan Tidur

www.theguardian.com

Membiarkan bayi tidur dalam keadaan yang kenyang bisa membuatnya terlelap lebih lama dan terasa nyenyak. Kamu bisa memberikannya ASI sebelum tidur agar perutnya benar-benar terisi dengan baik.

Pastikan ia merasa benar-benar kenyang, agar nanti tidak terbangun secara tiba-tiba karena perutnya merasa lapar dan butuh diisi. Kalau tiba-tiba dia bangun, kemungkinan untuk menidurkannya dengan cepat pun lebih susah, belum lagi kalau dia menjadi rewel.

5

Selalu Ada di Samping Bayi Meski Tertidur

www.getyourfit.com

Ketika kamu menidurkan bayimu, jangan kemudian meninggalkannya saat si bayi memang benar-benar sudah pulas. Keberadaanmu disisinya itu bisa meningkatkan rasa nyaman dan keamanan tersendiri untuk si bayi.

Dengan begitu, tidurnya pun akan lebih nyenyak dan tenang. Karena kamu sebagai orangtua selalu ada di sampingnya untuk menemaninya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membuat tidur malam bayimu lebih nyenyak lagi. Sehingga, saat bayi tidur dengan nyenyak, kamu sebagai orangtua pun memiliki waktu yang cukup banyak untuk beristirahat, bukankah begitu?

Tinggalkan komentar