Inilah 5 Cara yang Bisa Membebaskan Tubuhmu dari Gangguan Depresi

Berada dalam tekanan bisa membuat seseorang mengalami stres hebat yang bisa berujung pada gangguan depresi. Depresi sendiri merupakan suatu kondisi yang membuat seseorang berada dalam suasana hati paling buruk dalam kurun waktu tertentu.

Parahnya lagi, jika seseorang mengalami depresi dalam jangka waktu yang lama, ia bisa mendapatkan beberapa gangguan dalam hidupnya, seperti perasaan sedih terus menerus, hilang semangat untuk melakukan hal yang disukai hingga menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Separah itukah akibatnya? Dan jawabannya adalah “Ya”!

Memang orang stres tak selalu terbawa arus hingga menjadikan dirinya depresi, tapi, ada kalanya ia tak bisa membantu dirinya sendiri untuk keluar dari masalah dan menambah beban pikirannya. Sehingga, jadilah ia mengalami gangguan psikologis ini.

Nah, sebelum kamu mengalami depresi, maka cegah dirimu sendiri dari masalah kesehatan mental itu dengan beberapa cara berikut ini.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B

anekatop10.com

Ketika kamu dalam keadaan stres, maka berikanlah nutrisi baik bagi otakmu dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Sebab, makanan yang tinggi kandungan vitamin B dapat memproduksi senyawa yang merangsang kebahagiaan.

Ketika serotonin, dopamin dan epinephrine yang ada dalam otakmu bekerja dengan baik tanpa kekurangan vitamin B, maka kemungkinan dirimu untuk mengalami stres akan lebih sedikit. Bahkan, kamu akan terjauhkan dari yang namanya depresi.

Mulai saat ini, perbanyaklah konsumsi daging, ikan, telur, susu, bayam dan makanan lainnya yang mengandung banyak sekali vitamin B.

Melakukan Hal Baru dalam Hidupmu

williamcharlesblackwell.wordpress.com

Lakukanlah aktivitas yang memberikan kegembiraan bagi dirimu. Misalkan saja memulai kembali melakukan hobi dan kegiatan lain yang kamu sukai dengan lebih baik dan waktu yang lebih terjadwalkan lagi.

Atau jika kamu ingin menantang dirimu, tak ada salahnya untuk mencoba mengeksplor bakatmu dalam bidang lain yang belum pernah kamu lakukan. Membuat dirimu dalam kondisi baru, barang kali dapat menjauhkan dirimu dari rasa stres dan meningkatkan perasaan bahagiamu.

Melakukan Meditasi

papasemar.com

Jika kamu dalam keadaan yang susah untuk lepas dari rasa stres dan takut jika sampai mengalami depresi, cobalah untuk melakukan meditasi. Menurut seorang psikolog, meditasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk meredakan rasa cemas dan suasana hati yang sedang buruk.

Di saat kamu sedang dalam masalah yang membuatmu berada dalam suatu kondisi yang buruk dan merasa tertekan, tak perlu ragu untuk melakukan meditasi. Dengan cara ini, kamu akan merasa lebih tenang dan dapat melakukan aktivitasmu dengan lebih baik dari sebelumnya.

Tidur dengan Cukup

www.myhousecallmd.com

Meski banyak pekerjaan yang harus kamu selesaikan, jangan lupa untuk tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari. Tidurlah 7-8 jam perhari untuk membuat dirimu lebih segar dan bisa terhindarkan dari depresi.

Sebab, kurangnya waktu tidur itu bisa membuat seseorang mengalami depresi dan memiliki suasana hati yang kurang baik. Karena, otak seseorang itu juga dipengaruhi dari waktu istirahat yang kamu miliki. Pernah kan lihat orang jadi lebih sensi karena kurang tidur? Itu masalahnya.

Olahraga di Pagi Hari

sehatkancantik.blogspot.com

Bangunlah sepagi mungkin untuk mendapatkan udara yang segar sambil olahraga ringan di sekitar rumah. Olahraga bisa menjadi salah satu cara yang kamu gunakan untuk mengusir depresi. Sebab, senyawa dalam otak yang mengatur mood seseorang bisa meningkat setelah berolahraga.

Luangkanlah waktu 20-30 menit selama 3 hingga 5 seminggu untuk berolahraga agar mendapatkan tubuh serta jiwa yang semakin sehat. Semangat!

Tinggalkan komentar