Capoeira, Olahraga yang Memadukan Bela diri dan Dansa

Bicara mengenai Brazil, maka yang muncul dibenak kita adalah negara yang memiliki macam keahlian dan seni. Misalnya saja dalam hal keahlian, sudah tidak diragukan lagi kecakapan dan kepandaiannya dalam memainkan bola. Dari sepakbola banyak lahir bintang berbakat dan bertalenta yang kemampuannya sudah mendunia. Contohnya Ronaldho, Kaka, Ronaldhino dan lain-lain.

Begitu juga dengan seni keahlian yang lain misalnya Capoeira. Olahraga yang memadukan elemen dansa dan bela diri. Olahraga semacam ini sudah terkenal, tidak hanya negara Brazil namun sudah ke mancanegara. Tahukah kamu apa sebenarnya olahraga capoeira ini?

Capoeira adalah sebuah olah raga bela diri yang dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan. Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut Jogo.

Bela diri capoeira
upload.wikimedia.org

Dewasa ini, olahraga capoeira berhasil menarik ribuan turis bahkan siswa dari luar benua untuk tertarik mempelajari seni bela diri tersebut.  Karena begitu antusiasnya masyarakat mempelajari jenis olahraga ini sampai-sampai mereka bekerja keras untuk mendalami bahasa Brazil maupun Portugis.

Indonesia sendiri yang memiliki bela diri yaitu pencak silat telah melahirkan komunitas copoeira yang tidak sedikit peminat. Salah satu komunitas capoeira terbesar di Indonesia adalah Capoeira Luanda Indonesia. Komunitas ini sendiri sudah sangat terkenal di Indonesia.

Sudah saatnya bagi kita untuk juga ikut gabung mempelajari bela diri capoeira yang cukup populer di dunia ini. Sebab selain bisa bela diri juga bisa dansa.

Tinggalkan komentar