Kalaripayattu, Beladiri Asli India yang Disegani Dunia

Kalaripayattu merupakan salah satu beladiri asli India dan dikenal sebagai ibu dari seni bela diri lainnya yang ada di India seperti Teyyam, Velekali dan Kathakali. Seni bela diri Kalaripayattu terdiri atas gerakan, seni menggunakan pedang dan sedikit gerakan tari.

Seni bela diri Kalaripayattu sudah ada di India sejak 3000 tahun yang lalu. Kalaripayattu diajarkan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa India. Bela diri yang satu ini membutuhkan kedisiplinan dan kerja keras yang tinggi dalam latihannya.

Seni bela diri Kalaripayattu dalam latihannya menggunakan senjata, pedang, bambu, perisai, pisau dan stik. Tapi penggunaan pedang dan benda tajam lainnya hanya diperuntukkan bagi yang sudah ahli saja.

beladiri Kalarippayattu india
www.youtube.com

Inti dari bela diri Kalaripayattu adalah untuk meregangkan anggota tubuh dengan melakukan kombinasi gerakan dipadukan dengan konsentrasi pikiran dan roh. Dengan mengikuti latihan bela diri ini diyakini bisa menyeimbangkan berbagai sistem yang ada dalam tubuh dan melancarkan peredaran cairan tubuh.

Latihan tahap awal bagi pemula diawali dengan gerakan badan seperti gerakan tari, diantaranya dengan gerakan memutar bahu, lompat tinggi dan push up. Tahap latihan selanjutnya yaitu dengan berbagai macam tendangan, seperti tendangan ayun dan tendangan tinggi.

Kalaripayattu dikenal sebagai seni bela diri yang lebih bersifat pertahanan daripada penyerangan. Kalau kamu tertarik untuk menjadikan Kalaripayattu sebagai hobi baru, cobalah ikuti perkumpulan Kalaripayattu yang ada di kotamu.

Tinggalkan komentar