Buat Kamu yang Ingin Belajar Disiplin, Maka Kamu Perlu Memiliki Benda-benda Ini

Bagi kamu yang sering menumpuk-numpuk pekerjaan atau menunda-nunda pekerjaan, maka kamu perlu mengakhirinya sekarang juga. Pasalnya, jika kamu mengerjakan pekerjaan dengan cara seperti itu, kamu pasti tidak akan maksimal dalam mengerjakannya dan pekerjaan yang kamu lakukan pun akan terasa berat. Selain itu, kamu pun akan dicap oleh orang lain sebagai orang yang tidak disiplin.

Apakah kamu mau jadi orang yang tidak disiplin? Menjadi orang yang nggak disiplin itu tentunya menyiksa diri kita sendiri. Hidup kita akan terasa tidak tenang, karena kita selalu dikejar bayang-bayang pekerjaan yang seolah-olah tidak ada habisnya.

Ya gimana mau habis atau terselesaikan, pekerjaannya saja tidak kita kerjakan dan yang lebih parahnya lagi pekerjaan yang baru pun datang satu persatu, sehingga memperbanyak tumpukan pekerjaan kita.

Jika pekerjaan sudah terlalu menumpuk dan kita sudah tidak kuasa untuk menyelesaikannya, maka tidak jarang yang pada akhirnya lari tunggang langgang meninggalkan semua pekerjaan tersebut. Akhirnya, orang yang tidak disiplin pun lalai dengan tugasnya.

Tapi, apakah sikap tidak disiplin ini patut kita pelihara? Pastinya tidak kan? Lalu, apakah kamu mau belajar jadi orang yang disiplin? Jika mau, kira-kira ada nggak ya benda-benda yang bisa membantu kita menjadi lebih disiplin?

Alarm

turbosquid.com

Satu senjata yang bisa mengingatkan kita untuk bangun atau mengerjakan sesuatu adalah alarm. Kamu bisa menggunakannya untuk membangunkan kamu supaya bangun lebih pagi dan kamu pun bisa menggunakan alarm untuk mengingatkan bahwa kamu perlu melaksanakan suatu pekerjaan tertentu. Tapi, saat menggunakan alarm, kamu harus punya tekad yang kuat.

Kenapa perlu tekad yang kuat? Karena walaupun alarm telah berbunyi, kalau tekad kita nggak kuat, maka bukannya kita bangun untuk beraktivitas, malah kita kembali menarik menarik selimut untuk tidur lagi. Parah kan kalau begitu keadaannya. Jadi tekadnya harus kuat kalau mau disiplin.

Alarm mah hanya alat saja. Kecuali kalau kita pakai alarm berjalan atau sosok yang bisa ngomelin kita kalau kita nggak bangun atau belum melaksanakan pekerjaan.

Jam Dinding

itrademarket.com

Supaya kita tidak terlena saat mengerjakan sesuatu, dan terlena saat bersantai, maka kita perlu jam dinding. Fungsinya adalah untuk mengingatkan kita bahwa waktu terus berjalan dan banyak pekerjaan yang harus kita selesaikan.

Dengan melihat waktu, maka kita bisa mengantisipasi kecepatan bekerja kita dan kapan harus berhenti dari satu pekerjaan untuk melakukan pekerjaan lainnya.

Kalender

isagrafika.com

Buat kamu yang punya deadline tertentu yang ditetapkan dengan tanggal, maka kamu perlu punya kalender di rumah, supaya kamu ingat berapa lama lagi kamu perlu menyelesaikan tugas-tugasmu. Kamu pun bisa menggunakan kalender untuk menandai bahwa kamu sudah melaksanakan pekerjaan tertentu di hari tersebut.

Intinya sih, tujuan kamu menyediakan kalender di rumah, agar kamu lebih ingat dengan waktu. Jadi kamu bisa lebih disiplin dengan jadwal dan kerjaan nggak akan numpuk di akhir.

Post It

iif.co.nz

Untuk membantu mengatur apa yang perlu kamu kerjakan di hari tertentu dan untuk menuliskan garis besar pekerjaan kamu, maka kamu bisa menggunakan post it, yaitu kertas kecil yang ada perekat di bagian atasnya, sehingga kamu bisa menempelkannya di dinding atau di pinggiran laptop kamu.

Buku Agenda

percetakanmurahsurabaya.esy.es

Agar semua pekerjaan bisa tercatat dan terorganisir dengan jelas, maka kamu membutuhkan buku agenda. Dengan buku agenda, maka kamu bisa membaca apa saja yang akan kamu lakukan, dan kamu pun bisa membaca apa saja yang sudah kamu lakukan, mulai dari apa yang sudah tercapai dan apa kegagalan apa saja yang telah dilalui.

Dari buku agenda, kita pun bisa belajar dari masa lalu.

Tinggalkan komentar