Belajar Efektif dan Efisien

Terdapat beberapa hal yang harus Anda patuhi sebelum belajar. Hal ini akan membuat proses belajar menajdi efektif dan efisien. Pertama, niat yang kuat. Tanpa niat, kemungkinan kecil cara belajar ini akan berhasil. Kedua, yakin dan percaya diri bahwa Anda mampu mempelajari suatu materi pelajaran dengan baik, efektif, dan efisien. Ketiga, Fokus dan konsentrasi. Bila Anda tidak fokus dan konsentrasi, maka sangat sulit untuk memahami suatu materi pelajaran.

Tips belajar yang efektif dan efisien

Setelah memenuhi ketiga syarat sebelum belajar, berikut adalah tips yang dapat Anda terapkan agar proses belajar menjadi efekstif dan efisien.

  1. Siapkan sebuah buku yang berisi tentang materi pelajaran yang ingin dipelajari. Selain buku, mungkin ada juga ringkasan materi yang Anda buat sendiri, atau hal lain yang berisikan materi yang ingin dipelajari.
  2. Setelah itu, pelajarilah materi-materi yang ada di dalamnya, sedikit demi sedikit, dari materi satu ke materi yang lain, dan lakukan pemahaman materi ini selama 20 menit.
  3. Usai 20 menit, berhentilah sejenak untuk istirahat. Hal ini untuk menenangkan pikiran. Sebaiknya istirahat ini jangan lama-lama, cukup 5-10 menit saja. Ingat, jangan mengisi istirahat dengan membaca SMS teman, Facebook-an, Twitter-an, dll. Sebab, kegiatan-kegiatan tersebut justru membuyarkan fokus dan konsentrasi. Istirahat merupakan waktu untuk menenangkan pikiran.
  4. Setelah istirahat, pikiran akan tenang, saatnya Anda untuk mengulang kembali materi-materi yang telah dipelajari dan dipahami selama 15 menit, kemudian istirahat kembali selama 5-10 menit.
  5. Selanjutnya, ulang kembali materi yang telah Anda pelajari dan anda pahami selama 10 menit. Nah, di sini Anda sudah mempelajari materi-materi sebanyak 3 kali dengan waktu pertama 20 menit, kedua 15 menit, dan ketiga 10 menit dengan istirahat selama 5-10 menit setiap selesai mempelajari dan memahami suatu materi.

Dengan demikian, Anda sudah belajar memahami suatu materi pelajaran yang sudah diciptakan oleh pakar otak dunia yaitu Tony Buzan. Selamat belajar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar