7 Cara Mudah Belajar Menjahit Otodidak yang Bisa Kamu Praktekkan di Rumah !

Belajar Menjahit – Banyak cara mudah agar kita bisa sukses dalam belajar menjahit dengan cara otodidak. Menurut sebagian orang menjahit adalah sebuah hobby yang sangat menyenangkan. Dan menurut sebagian orang lagi, menjahit adalah suatu kebutuhan yang mau tidak mau harus tetap dipelajari.

Dalam artikel ini kita akan berbagi tips bagaimana cara menjahit dengan cara otodidak. Berikut ini adalah ulasan lebih lengkapnya.

Niat

Belajar Jahit
500px.com

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah niat. Niat sangat penting sekali karena seperti yang kita ketahui, kita akan belajar sendiri atau otodidak. Setelah niat sudah mantap silahkan dikomunikasikan niat belajar ini kepada orang terdekat kamu. Harapannya sih agar mereka memberikan dukungan kepada kamu.

Luangkan Waktu

Belajar Menjahit
500px.com

Nah meluangkan waktu ini sangat diperlukan yah. Karena sering kali kita tidak pernah meluangkan waktu sehingga belajar menjahit selalu tertunda dan akhirnya tidak bisa sama sekali. Walaupun kita belajarnya dengan otodidak, kita harus memiliki waktu-waktu khusus untuk belajar. Entah itu 30 menit atau bahkan sampai 2 jam. Yang penting luangkan waktu dulu deh.

Fokus

Jahit Sendiri
500px.com

Dalam dunia craft, banyak sekali teknik yang bisa dikembangkan. Misalnya saja knitting, clay, jahit, crochet, dan sebagainya. Permasalahan yang sering kita hadapi adalah ketika sudah belajar menjahit kemudian melihat teman kita belajar di cabang lain, kita langsung pingin ikutan cari tutorialnya. Hal seperti inilah yang dapat membuat belajar menjahit jadi lebih lama karena kita tidak fokus pada tujuan kita. Jangan pernah terlena dengan rumput tetangga, karena rumput yang kita miliki biasanya lebih bagus dan indah.

Belajar Online

Jahit Otodidak
500px.com

Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah browsing situs-situs yang mempunyai tutorial menjahit untuk pemula. Memang kebanyakan bukan situs dari Indonesia, akan tetapi mereka mempunyai packaging yang megnasikan untuk belajar otodidak. Dan jangan lupa untuk membuka video-video tutorial menjahit. Hal ini akan memudahkan kamu untuk belajar menjahit dengan cara otodidak.

Belajar Dari yang Mudah

Belajar Menjahit Otodidak
500px.com

Belajarlah dari yang paling mudah, belajar membuat pola jahitan bukanlah suatu pekerjaan yang bisa dipelajari dalam sehari semalam. Untuk itu, sebagai langkah awal cobalah menjahit dari pola yang sangat mudah seperti sarung bantal, memasang kancing, dompet serut, merapihkan jahitan baju yang terbuka, mendedel jahitan. Setelah kamu menguasai itu semua, maka kamu  bisa belajar untuk menjahit pola yang lebih rumit.

Praktek dan Sabar

Cara Menjahit
500px.com

Mungkin ketika hanya sekedar teori dan tanpa pernah di praktekkan itu tidak akan pernah berhasil. Karena menjahit bukan seperti belajar menghafal. Praktek merupakan kunci keberhasilan dari belajar menjahit. Jika kamu masih gagal, jangan pernah berhenti mencoba lagi dan lagi. Sabar merupakan modal penting lainnya ketika kamu ingin belajar menjahit. Untuk mencapai tingkatan mahir dan ahli kamu tidak mungkin dengan instant. Karena itu semua harus membutuhkan proses yang panjang.  Nikmati saja prosesnya sampai kamu benar-benar sangat menyukainya dan akhirnya menjadi mahir.

Pilih Kain

Jahit
500px.com

Kamu bisa mencoba mulai dari kain-kain perca atau kain sisa kiloan yang dijual murah. Hindari menggunakan kain seperti ciffon atau bahan yang biasa digunakan untuk kaos. Sebaiknya untuk pemula gunakanlah bahan katun yang harga tidak terlalu mahal, karena kamu sangat membutuhkan media untuk belajar. Jadi untuk menghemat biaya gunakanlah kain tersebut.

Nah itulah ulasan singkat tentang tips bagaimana cara menjahit otodidak untuk kamu yang pemula. Jika sekarang kamu sudah tau ilmunya, maka segeralah untuk di praktekkan. Semoga berhasil !

Tinggalkan komentar