Belajarlah dari Pohon Kelapa, Karena Semua Bagian Tubuhnya Penuh Manfaat

Salah satu indikator keberkahan dan kesuksesan dalam hidup, yaitu ketika kita bermanfaat bagi orang lain. Menjadi orang sukses di mata manusia tentunya mudah diidentifikasi oleh banyak orang, karena biasanya kesuksesan seperti itu bisa dilihat dengan kasat mata, misalnya saja orang sukses itu punya mobil, rumah mewah, dan harta berlimpah. Tapi kesuksesan yang dilingkupi keberkahan itu susah untuk dilihatnya.

Kenapa bisa susah ya? Karena manusia sudah mengidentikkan kesuksesan dengan sesuatu yang berbau materi. Padahal jika kita memandang bahwa kesuksesan itu adalah kemanfaatan bagi orang lain, tentunya banyak orang-orang sukses yang bisa kita lihat di sekitar kita, sekalipun ia hanya tukang bersih-bersih atau pedagang kaki lima.
Salah satu ciri bahwa seseorang telah sukses dan mendapat keberkahan, terlihat pada kedekatannya kepada Allah. Jika hartanya berlimpah, gelarnya berderet semakin panjang dan ia pun merupakan orang terpandang, namun jika ia lalai dalam ibadahnya, apalagi untuk kenal dengan tetangga di sekitarnya, maka ia jauh dari kategori sukses yang mendapat keberkahan tersebut.

Kenapa kita harus bermanfaat bagi orang lain? Pertanyaan seperti ini, mirip sekali dengan pertanyaan kenapa kita harus beribadah. Apakah dalam ibadah kita perlu mempertanyakan alasannya? Bukankah pohon kelapa yang penuh manfaat saja tidak pernah bertanya kenapa semua anggota tubuhnya dimanfaatkan oleh manusia?

Mungkin kita perlu belajar kali ya dari pohon kelapa? Belajar untuk apa? Tentunya belajar untuk menjadi orang yang bermanfaat.

Daun Kelapa Selalu Mengingatkan Kita Dengan Ketupat dan Janur Kuning

shellaipa1biologidaun.blogspot.com

Salah satu bagian dari pohon kelapa yang sering dimanfaatkan oleh manusia adalah daunnya. Biasanya kita akan menemukan daun kelapa saat hari raya tiba, karena saat hari raya kita akan menemukan ketupat tersaji di meja makan kita. Apa hubungannya ketupat dengan pohon kelapa? Karena ketupat dibuat dari daun kelapa, itu jawaban sederhananya.

Selain bisa dijadikan kulit pembungkus ketupat, daun kelapa pun sering digunakan untuk membuat janur kuning. Biasanya janur kuning ini dipakai sebagai penanda saat ada orang yang nikahan dan dipasang digapura-gapura sebagai penunjuk jalan. Jika tidak ada daun kelapa, mungkin bentuk janur kuning tidak akan seindah itu, coba saja kalau dibuat dari kertas, kalau kehujanan, penandanya akan segera hancur.

Tidak Akan Ada Santan Jika Tidak Ada Buah Kelapa

manfaatbuah.com

Bagian lainnya dari pohon kelapa yang sangat bermanfaat adalah buahnya. Tanpa buah ini, mungkin kita sekarang tidak akan melihat dan merasakan gurihnya santan kelapa. Dan kita pun tentu tidak akan merasakan rendang yang rasanya lezat, opor yang menggugah selera dan makanan lainnya yang menggunakan santan.

Tapi, ternyata buah kelapa tidak hanya bisa dijadikan santan, air kelapanya pun bermanfaat, daging kelapanya yang masih muda pun sangat nikmat jika dimakan begitu saja atau dijadikan panganan yang diberi nama klapertart atau panganan lezat lainnya.

Batangnya yang Kokoh Biasa Dijadikan Sebagai Bahan Bangunan

flickr.com

Bagian tubuh pohon kelapa lainnya yang bermanfaat adalah batang pohon kelapa. Biasanya kita akan menemukan bahwa batang pohon kelapa ini dijadikan bahan bangunan rumah, khususnya bagi orang-orang di pedesaan yang masih menggunakan kayu sebagai penopang atap rumahnya, karena kalau rumah modern di perkotaan sudah banyak yang menggunakan baja ringan.

Selain batangnya, akar pohonnya pun bermanfaat lho, ada yang menjadikannya sebagai obat dan ada yang menjadikannya sebagai bahan untuk kayu bakar atau dibuat menjadi arang. Oiya ada yang lupa, bagian tulang daunnya yang keras pun bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi.

Banyak sekali kan manfaat pohon kelapa ini? Apakah kita pun sudah bermanfaat bagi orang di sekitar kita?

Tinggalkan komentar