Belum Lengkap Rasanya ke Garut Tanpa Mengunjungi 10 Tempat Wisata Terkenal ini

Jawa Barat adalah daerah yang luas, yang didonimasi oleh pegunungan dan berbagai macam perkebunan seperti teh. Kalau ditanya soal wisata Jawa Barat, gambaran pertama kebanyakan orang pasti Bandung. Iya, kan? Padahal, masih banyak tempat wisata lainnya yang tak kalah asyik dan indah dari Bandung. Garut contohnya.

Berletak di Jawa barat (pastinya) dan dikelilingi oleh banyak pegunungan, dan berada di dekat samudera hindia. Keadaan geografis demikianlah yang membuat Garut mempunyai banyak tempat wisata dan lokasi-lokasi berpotensi lainnya. Tempat asyik apa saja yang bisa kita kunjungi di Garut?

Pantai Santolo

pantai santolo
garut.co

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di garut ini terletak di kecamatan Cikelet, 88 kilometer di selatan dari arah kota garut. Pantainya yang luas dan lebar, pasirnya yang putih, panorama lautannya yang indah dan masih banyak keindahan lainnya yang membuat Pantai Santolo menjadi tempat wisata andalan dan daya tarik banyak wisatawan.

Situ Bagendit

situ bagendit
wikipedia.org

Selain pantai, tempat wisata andalan adalah garut adalah danau. Danau yang terletak di kecamatan Banyuresmi ini terkenal dengan kebersihan, keasrian dan keindahan lingkungannya yang terjaga, yang pastinya membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini. Tak hanya bisa menikmati pemandangan yang indah, kita juga bisa bermain perahu dan sepeda air, mencoba rakit situ Bagendit yang ikonik, memancing, dan masih banyak aktifitas-aktifitas seru lainnya.

Pantai Rancabuaya

pantai rancabuaya
travelblog.ticktab.com

Selain pantai Santolo, garut juga memilki banyak pantai yang juga tak kalah terkenalnya. Pantai Rancabuaya salah satunya. Yang membuat pantai ini unik dari pantai-pantai di garut lainnya adalah banyaknya batu karang yang tersebar di sekitar pantai. Jadi kita bisa menemukan banyak ikan dan biota lautan yang bersarang di sekitar bebatuan karang yang indah. Uniknya lagi, kita bisa menemukan air terjun yang langsung mengarah ke lautan.

Curug Orok

curug orok
flickr

Pantai sudah. Danau sudah. Garut juga punya curug (air terjun) yang indah. Curug Orok namanya. Berada di desa Cikandang, nama curug ini diambil dari cerita masyarakat setempat tentang seorang ibu yang membuang bayinya dari atas curug setinggi 45 meter ini. Untuk memasukinya, kamu harus membeli tiket seharga 10.000 per orang.

Gunung Papandayan

gunung papandayan
gizanherbal.wordpress.com

Kamu suka aktiftas mendaki gunung? Garut juga punya gunung dengan pemandangan yang indah. lho.

Hanya berjarak sekitar 70 km dari kota bandung, Gunung api yang masih aktif ini cukup terkenal di masyarakat jawa barat. Selain pemandangan yang indah, di atas kita bisa mendapati kawah dengan air panasnya, yang sering disebut-sebut bisa mengobati berbagai penyakit.

Pantai Cijeruk Indah

pantai cijeruk indah
kutayu.com

Pantai ini cocok buat kamu yang ingin menikmati pemandangan indah yang sepi dengan santai. Pantai yang masih bersih dan alami ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sesampainya disini, kita akan disapa dengan putihnya pasir yang indah, dan biru bersihnya lautan yang menghampar di sekitarnya. Bersih, indah, dan masih alami.

Air Panas Cipanas.

pemandian air panas cipanas
pegipegi.com

Jawa barat memang terkenal dengan wisata pemandian air panasnya. Termasuk Cipanas yang ada di Garut. Pemandian air panas yang alami ini bisa dijangkau 6 kilometer dari kota Garut atau 50 kilometer dari kota Bandung. Selama perjalanan anda akan dihibur dengan indahnya kehiajuan pemandangan sawah-sawah pedesaan. Tempat wisata ini cocok untuk melepas penatnya keliling kota seharian.

Pantai Karang Paranje

pantai karang paranje
klikhotel.com

Berada di 8 kilometer sebelah timur Pameungpeuk, tempat wisatayang satu ini tergolong baru. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya sebuah gugusan karang besar yang mencuat di ujung pantai, dengan sebuah saung di atasnya. Benar-benar mengingatkan kita pada tanah lot, Bali. Pantai ini sangat luas, dan terlihat sangat sepi ketika di hari kerja.

Pantai Puncak Guha

pantai puncak guha
dkijakarta.co

Jika pantai-pantai garut lainnya diselimuti oleh pasir yang luas, pantai yang satu ini memilki tebing tinggi yang langsung berbatasan dengan laut. Di sini kita bisa melihat keindahan panorama laut dan garis pantai yang luas dari ketinggian. Jika kita lihat ke bawah tebing, terdapat ratusan kelelawar yang hinggap di bawahnya yang bisa kita saksikan.

Candi Cangkuang

candi cangkuang
pegipegi.com

Jika kamu ingin mencoba wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi candi peninggalan kerajaan Sunda Galuh┬áini. Keunikan dari candi hindu ini adalah, walaupun candi ini adalah peninggalan hindu, di sampingnya terdapat makam islam kuno. Untuk mencapainya pun juga seru – kita harus menggunakan rakit untuk menyeberangi danau.

Setelah membaca berbagai tempat wisata barusan, tempat manakah yang paling kalian ingin kunjungi? Selamat berwisata!

Tinggalkan komentar