5 Penyebab Benjolan di Ketiak

Benjolan di ketiak ini merupakan salah satu keluhan yang sering membuat pasien penasaran atau bertanya-tanya dan khawatir. Alasan tersebut mungkin masuk akal juga, karena seringkali benjolan di ketiak terasa sakit, membuat tak nyaman dan badan panas dingin. Hal ini tentu akan membuat aktivitasmu terganggu.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai benjolan di ketiak. Yuk, simak dengan seksama.

 

Alergi terhadap Bahan Tertentu

hdindonesia.com

Penyebab pertama munculnya benjolan di ketiak adalah adanya respon tubuh terhadap suatu bahan-bahan tertentu. Umumnya kondisi ini terjadi karena tubuh alergi terhadap bahan seperti penisilin, yodium, serta berbagai jenis obat lainnya yang mempunyai efek memperbesar kelenjar getah bening.

Akan tetapi, alergi ini tidak berbahaya bagi tubuh, karena hal tersebut adalah respon alami yang akan hilang seiring berjalannya waktu. Lantas, kenapa dikatakan sebagai suatu respon yang alami dan wajar? Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut bisa memicu membesarnya kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ini salah satunya terdapat di bagian ketiak.

Infeksi Bakteri

bhaskoroarifis.wordpress.com
bhaskoroarifis.wordpress.com

Penyebab benjolan di ketiak yang paling sering adalah bisul di ketiak. Hal inibisa terjadi karena dalam ketiak terdapat bakteri yang masuk melalui pori-pori serta folikel rambut. Contohnya setelah mencabuti bulu ketiak atau menggaruk-garuk ketiak dengan tidak memperhatikan kebersihan.

Jika hal tersebut dibiarkan, hal ini bisa memicu terjadinya infeksi yang menyakitkan dan bisa mengakibatkan abses (kumpulan nanah). kemudian badanpun menjadi panas dingin. Infeksi bakteri bisa diobati dengan antibiotik yang diberikan oleh dokter. Dalam beberapa kasus contohnya, saat terjadi abses maka dibutuhkan prosedur operasi kecil untuk bisa mengeluarkan nanah.

Alergi terhadap Bahan Kimia Deodorant

soap.com

Siapa sangka, ternyata deodorant bisa menyebabkan terjadinya benjolan di ketiak loh. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa bahan kimia deodorant yang mungkin saja tidak cocok dengan kondisi kulit kamu. Sehingga hal ini mengakibatkan kelenjar getah bening beraksi terhadap bahan kimia deodorant yang akhirnya menyebabkan munculnya benjolan di ketiak.

Hal ini hanya akan terdeteksi jika kamu merasakan gejala tersebut setelah memakai deodorant merk tertentu. Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa memakai deodorant yang di dalamnya terdapat kandungan bahan alami.

Kanker Kelenjar Getah Bening

Gejala kanker
espanol.rfi.fr

Kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu penyebab terjadinya benjolan di ketiak. Kanker kelenjar getah bening ini sering dikenal dengan istilah limfoma. Hal ini terjadi karena adanya benda asong, seperti virus dan bakteri yang masuk ke dalam kelenjar getah bening.

Kanker Payudara

merca20.com
merca20.com

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab terjadinya benjolan di ketiak yang cukup berbahaya. Benjolan di ketiak merupakan salah satu gejala yang biasa muncul pada kanker payudara. Benjolan ini akan terasa sangat sakit jika disentuh.

Peningkatan resiko terkena kanker payudara bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena obesitas, efek samping menggunakan bra kawat, dan terlalu sering mengonsumsi daging asap.

Khusus untuk kedua penyebab terakhir yakni kanker getah bening dan kanker payudara, butuh untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Apalagi saat benjolan di ketiak muncul dibarengi gejala sakit lainnya, seperti tubuh terasa sangat lemas, berat badan turun secara drastis, nafsu makan tinggi, dan berbagai gejala umum dari kanker lainnya.

Demikian penjelasan mengenai beberapa penyebab benjolan di ketiak. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar