Berat Badan Naik Terus? Pahami Sebabnya dan Ketahui Solusinya

Jika bobot kamu bertambah secara tak terkendali hingga tubuh tertimbun lemak, maka mulailah mawas diri karena itu gejala obesitas alias kegemukan.

Obesitas atau kegemukan adalah suatu keadaan dimana seseorang mempunyai kelebihan berat badan lebih dari 20% dari berat badan idealnya. Kegemukan dapat menimbulkan banyak penyakit, seperti penyakit jantung dan gula.

Apa penyebabnya? Kegemukan dapat terjadi apabila kalori yang masuk kedalam tubuh melebihi kalori yang dibutuhkan untuk aktifitas sehari-hari. Akibat kelebihan kalori dan kurangnya aktivitas fisik terjadilah penimbunan lemak dibagian-bagian tertentu dalam tubuh. Penyebab lainnya adalah gaya hidup dan pola makan masyarakat modern yang lebih banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit olahraga. Kegemukan juga dapat diturunkan dari generasi sebelumnya, itulah sebabnya kita seringkali menjumpai orang tua yang gemuk cenderung memiliki anak-anak yang gemuk pula

Ada dua pola makanan tidak normal yang bisa menjadi penyebab obesitas dan hal ini biasanya dipicu oleh stres dan kekecewaan. Yang pertama adalah makan dalam jumlah yang sangat banyak sehingga didalam tubuh terjadi penumpukan kalori. Yang kedua adalah makan dimalam hari, kurangnya nafsu makan di pagi hari namun digantikan dengan makan berlebihan, gelisah dan insomnia dimalam harinya.

Jadi mulai saat ini, perhatikanlah apakah penambahan berat badan kamu tergolong normal atau tidak? Dan yang terpenting adalah bagaimana mengatasi obesitas tanpa menjadi sakit dan kekurangan gizi. Simak beberapa solusi ini.

1. Dengan membulatkan tekat untuk memiliki tubuh ideal.

Jangan lakukan diet dengan setengah-setengah atau ragu-ragu karena hal ini akan membingungkan proses pencernaan di dalam tubuh.

2. Pandai mengatasi rasa lapar.

Rasa lapar timbul bila kadar gula dalam darah berkurang atau lambung dalam keadaan kosong. Pilihlah makanan-makanan yang rendah kalori seperti sayur dan buah-buahan.

3. Atur pola makan pada semua jenis makanan yang dikonsumsi,

Mulailah mengkonsumsi lebih banyak lagi makanan berserat karena timbunan lemak dalam tubuh berasal dari jenis makanan berlemak, protein maupun karbohidrat.

4. Makan dan ngemil bukanlah penghalau stres.

Bagi kaum wanita makan dan ngemil biasanya merupakan cara yang tepat untuk mengatasi problem. Sebaliknya alihkan perhatian dengan melakukan gerakan atau olahraga guna membuang kelebihan energi tersebut.

Tinggalkan komentar