Berhenti Merokok

Berhenti merokok adalah keputusan yang mulia. Selain menjauhkan diri dari jeratan penyakit, bagi Anda perokok aktif, menghentikan aktivitas merokok juga menjauhkan orang-orang di dekat Anda dari efek negatif asap rokok.

Tentu sulit melepaskan diri dari rokok jika Anda adalah perokok aktif. Namun bukan tidak mungkin Anda meninggalkan kebiasaan buruk ini. Pertama dan utama, Anda harus bertekad bulat berhenti merokok. Selanjutnya, publikasikan keinginan Anda kepada anggota keluarga, tetangga, maupun sanak saudara. Hal ini agar mereka dapat membantu Anda ketika Anda mulai menunjukkan tanda-tanda hendak merokok kembali.

Apabila kedua hal tersebut sudah Anda lalui, lakukan cara-cara berikut Anda dapat menjalankan menghilangkan kebiasaan merokok.

1. Atur target waktu Anda

Anda tidak bisa langsung berhenti merokok begitu saja, karena itu akan menyiksa Anda. Mulailah dengan cara mengurangi aktivitas merokok sedikit demi sedikit. Cobalah menargetkan waktu sekitar 2 – 3 minggu untuk benar – benar bisa berhenti merokok.

2. Hindari kebiasaan untuk memacu keinginan merokok

Bagi sebagian orang, minum kopi, alkohol, begadang dan juga bedebat dapat menimbulkan keinginan merokok. Hindarilah kegiatan-kegiatan yang membuat Anda ingin merokok ini. Cobalah menggantinya dengan konsumsi buah – buahan dan juga susu. Kedua makanan ini memberikan kesan yang tidak enak jika bersanding dengan rokok.

3. Cari kesibukan lain

Usahakan tidak terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan Anda untuk merokok. Bersepeda, berolahraga, berenang, berkebun, merupakan beberapa kegiatan dapat membuat Anda lupa untuk merokok. Aktifitas yang padat akan membuat Anda semakin melupakan keinginan untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukannya.

4. Banyak minum air putih

Konsumsi air putih yang banyak akan membuang racun rokok dalam tubuh Anda dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi air putih juga menimbulkan kesan tidak nikmat jika disandingkan dengan rokok.

5. Sibukkan diri Anda setelah makan

Banyak perokok aktif yang selalu menghisap rokok usai makan. Jika Anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, buang kebiasaan merokok setelah makan. Anda dapat menggantinya dengan cara menggosok gigi atau berjalan-jalan. Meskipun berat, Anda akan terbiasa jika Anda melakukannya secara rutin dan bertahap.

6. Dekati tempat tanpa asap rokok

Pilih tempat yang bebas asap rokok seperti perpustakaan, atau toko buku. Jika Anda sedang bersama teman-teman, ajak mereka ke area ‘no smoking’.

7. Mengganti rokok (nikotin) dengan yang lain

Mulailah ganti rokok Anda dengan makanan lain. Anda dapat mencoba permen karet atau coklat.

8. Perbanyak tidur atau istirahat

Setelah seharian berusaha menahan kebiasaan merokok, tubuh Anda pasti akan terasa lelah. Jadi alangkah baiknya jika Anda menambah waktu istirahat. Ketika tidur, Anda tidak akan berpikir lagi untuk merokok.

Anda ingin berhenti merokok? Lakukan saja sekarang!

Tinggalkan komentar