Tips Agar Bersih-Bersih Lebih Mudah dan Tidak Melelahkan

Kebersihan pangkal kesehatan. Rumah yang bersih dan rapi menjadikan anggota keluarga nyaman tinggal didalamnya. Kesehatan anggota keluarga juga lebih terjaga. Namun bagi ibu rumah tangga tak jarang bersih-bersih menjadi momen yang menyebalkan sekaligus melelahkan.

Terlebih saat anak-anak masih kecil. Padahal sudah dibersihkan dan dirapikan setiap saat, namun tetap saja ada bagian rumah yang kotor dan berantakan. Berikut ini ada beberapa tips bersih-bersih rumah agar lebih mudah dan tidak melelahkan.

Tetapkan Jadwal

www.popeti.com

Jadwal adalah hal yang cukup penting. Jika kamu sudah memiliki jadwal maka kamu tidak akan terbebani dengan kewajiban bersih-bersih. Sebagai contoh hari Senin jadwal menguras kolam, Selasa mengelap meja-meja, Rabu menyapu dan mengepel lantai, dan seterusnya.

Tidak memiliki jadwal membuatmu selalu kepikiran rumah berantakan, kotor, berdebu, dan lain-lain. Padahal waktumu dalam satu hari satu malam sangat terbatas. Belum lagi pekerjaan-pekerjaan rumah lainnya.

Bersihkan Mainan Anak Sekaligus

magazinearticleseiya.blogspot.com

Mainan anak-anak sangat mudah berdebu. Tak jarang anak memasukan apapun ke dalam mulutnya termasuk mainan. Kamu tak perlu membersihkan mainan anakmu satu persatu. Mainan anakmu banyak tentu memakan banyak waktu dan tenaga.

Cucilah mainan anak sekaligus di dalam wastafel sekaligus. Jika mainan anakmu aman dan tidak terlalu kecil, kamu bisa menggunakan mesin cuci untuk mencucinya. Gunakan kecepatan mesin cuci yang paling kecil.

Gunakan Cairan Pemutih

news.indoenz.science

Noda membandel pada wastafel dan dapur sering bikin ibu-ibu keki. Bekas cipratan minyak, tepung, dan bahan makanan lainnya sulit untuk dibersihkan. Bunda harus menggosoknya dengan tenaga lebih dan waktu lama.

Dapur dan wastafel adalah tempat yang digunakan setiap harinya. Salah satu cara membantu membersihkan wastafel dan dapur adalah menggunakan cairan pemutih.

Tuangkan cairan pemutih pada botol bekas minyak wangi. Jangan lupa untuk mengencerkannya dengan air bersih. Semprotkan cairan pembersih pada tempat yang terdapat noda membandel. Selanjutnya lap dengan kain bersih. Noda membandel lebih mudah dihilangkan. Cairan pemutih juga berfungsi sebagai anti bakteri.

Gunakan Air Jeruk Nipis

caramenghilangkanjerawatalananospray.blogspot.com

Selain cairan pemutih, air jeruk juga dapat membantumu membersihkan noda membandel. Untuk membersihkan wastafel, campurkan air jeruk nipis dengan garam. Kemudian berikan pada noda membandel wastafel.

Bersihkan dengan sikat bekas. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

Air perasan jeruk nipis bisa membantu membersihkan jendela dapur. Campurkan dua sendok makan air perasan jeruk nipis dengan ½ cup cuka pada air hangat. Masukan larutan ini pada wadah bekas minyak wangi yang ada penyemprotnya.

Semprotkan pada jendela dapur. Kemudian bersihkan dengan lap bersih.

Air perasan jeruk nipis juga bisa membantu membersihkan telenan yang biasa kamu gunakan untuk memotong sayuran, daging, dan bumbu. Potong jeruk nipis menjadi dua bagian.

Gosok-gosok potongan jeruk nipis ini pada telenan. Kemudian bilas dengan air bersih. Telenan akan menjadi bersih dan bau tidak sedap dapat kabur.

Tidak Perlu Memaksa

kumasibunda11.wordpress.com

Jika memang waktumu sangat terbatas, kamu tidak perlu memaksa membersihkan seluruh bagian rumah setiap saat. Terlebih bagi bunda yang harus berkarir di luar rumah.

Tidak ada salahnya mencari asisten rumah tangga untuk membantumu bersih-bersih. Daripada kamu selalu uring-uringan kepada anak-anak karena beban pekerjaan rumah tangga.

Hal yang bikin gemes adalah asisten rumah tangga sudah selesai melakukan tugasnya. Namun anak-anak kembali membuat rumah kotor dan beranyakan. Jawaban terbaik situasi ini adalah harus bersabar.

Percayalah di masa depan kamu akan merindukan rumah yang berantakan saat anak-anakmu sudah dewasa dan sibuk dengan dunianya sendiri.

Tinggalkan komentar