7 Fakta Menarik tentang Beruang Kutub

Kamu pasti tahu dong dengan hewan yang hidup di Kutub Utara ini. Beruang kutub merupakan hewan ikonik yang populer di dunia ini. Binatang ini banyak dijadikan tokoh fisik dalam sebuah novel fiksi, iklan produk, film dokumenter dan acara TV lainnya. Hewan yang satu ini memang sangat populer karena memiliki bulu yang bersih dan lembut serta tingkah polah yang sangat menggemaskan.

Tak heran bila banyak boneka besar dengan bentuk mirip dengan beruang kutub. Tapi tahukah kamu? Bahwa bintang ini mempunyai beberapa fakta yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ini adalah beberapa fakta tentang Beruang Kutub yang menarik untuk diketahui.

 

Beruang Kutub Tidak Berwarna Putih

Beruang Kutub Tidak Berwarna Putih
pixabay.com

Kalau dilihat sepintas, beruang kutub memang terlihat seperti berwarna putih. Tapi sebenarnya bulu beruang kutub tidak memiliki warna atau transparan dan lapisan bawahnya juga tidak memiliki warna. Lalu kenapa beruang kutub terlihat putih Sebenarnya di dalam setiap rambut pelindung merupakan kantung udara yang memiliki rongga.

Ketika matahari menyinari mantel tersebut maka semua panjang gelombang cahaya memantul dari kantung tersebut. Hal itulah yang menyebabkan beruang kutub tampak putih. Bahkan warna ini bisa berubah. Tergantung pada waktu tahun dan posisi matahari, beruang kutub dapat terlihat kuning dan coklat.

Beruang Kutub Bisa Berenang Seminggu Nonstop

Beruang Kutub Bisa Berenang Seminggu Nonstop
pixabay.com

Beruang kutub merupakan hewan yang memiliki kemampuan berenang yang sangat baik. Hal itu didukung dengan bentuk cakarnya yang memiliki selaput sempurna untuk berenang di laut dengan kecepatan tinggi. Selain itu binatang ini juga bisa berenang dalam waktu yang lama. Rata-rata mereka bisa berenang sejauh 100 kilometer tanpa berhenti.

Bahkan dalam sebuah penelitian pada tahun 2011 diketahui bahwa ibu beruang kutub dan anaknya menyeberangi Laut Beaufort untuk menemukan rumah baru. Mereka berenang sejauh 680 kilometer lebih selama sembilan hari. Ketika sampai di tempat tujuan hewan ini kehilangan sekitar 22% dari berat tubuhnya.

Beruang Kutub Tidak Bisa Dilihat dengan Kamera Inframerah

Beruang Kutub Tidak Bisa Dilihat dengan Kamera Inframerah
pixabay.com

Selain sebagai pemburu yang handal di Kutub, hewan ini ternyata mempunyai kekuatan magis yang aneh. Tubuh beruang kutub tidak bisa dilihat dengan kamera inframerah. Para peneliti mengetahui hal unik ini ketika melakukan penelitian dengan cara terbang di atas Kutub Utara untuk mengetahui populasi beruang.

Awalnya para peneliti kesulitan melihat jejak beruang karena berbaur dengan lingkungan putih. Karena itu para peneliti memutuskan untuk menggunakan kamera inframerah, tapi hasilnya sangat mengejutkan. Mereka tidak bisa menemukan beruang dengan kamera tersebut yang terlihat hanya mata dan nafas beruang.

Memiliki Indera Penciuman yang Tajam

Memiliki Indera Penciuman yang Tajam
pixabay.com

Beruang kutub mempunyai kemampuan untuk mencium mangsanya dari kejauhan. Hewan ini bisa mencium bau anjing laut yang bersembunyi di lapisan salju setebal 1,5 meter. Bahkan dalam sebuah penelitian diketahui bahwa beruang kutub bisa mencium bangkai mangsanya sejauh 20 mil. Sungguh kemampuan yang luar biasa bukan? Meski begitu dalam berburu hewan ini sangat sabar. Mereka akan menyamar menjadi es dan menyembunyikan badannya sambil menunggu mangsa.

Baca Juga : 5 Hewan yang Berburu Mangsa dengan Cara yang Unik

Memiliki Badan yang Super Berat

Memiliki Badan yang Super Berat
pixabay.com

Meski terlihat kecil, berat beruang kutub jantan bisa mencapai 800 kg. Berat ini setara dengan berat 10 berat manusia dewasa. Untuk beruang betina biasanya memiliki berat sekitar 300-400 kg.

Tinggi dari hewan ini juga cukup mengesankan, yakni mencapai 2,5 meter. Salah satu faktor yang membuat tubuh hewan ini berat adalah timbunan lemak yang ada di tubuhnya. Binatang ini diketahui mempunyai lemak setebal 10 cm di bawah kulutnya. Lemak ini berguna untuk menjaga tubuh beruang tetap hangat walau berada di Kutub Utara.

Memiliki Bayi yang Sangat Mungil

Memiliki Bayi yang Sangat Mungil
pixabay.com

Tahukah kamu, ternyata bayi beruang kutub itu sangat kecil lho. Pada saat lahir, bayi beruang ini memiliki ukuran sebesar tikus. Selain itu kondisinya terlihat sangat lemah karena memiliki ukuran sangat kecil, tidak mempunyai bulu dan buta. Satu-satunya makanan yang dikonsumsi adalah susu dari induknya yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi.

Pengabdian induk beruang kutub sangatlah luar biasa karena akan selalu menjaga dan melindungi anak-anaknya hingga 28 bulan anak-anak beruang kutub tinggal di sarang.

Bulu Beruang Kutub Rontok pada Saat Musim Panas

Bulu Beruang Kutub Rontok pada Saat Musim Panas
pixabay.com

Untuk menjaga kestabilan suhu tubuh, pada musim panas beruang kutub akan merontokan bulunya. Suatu adaptasi yang serupa dengan pohon jati yang akan menggugurkan daunnya ketika musim kemarau. Tapi perlu dilindungi karena populasinya yang sedikit membuat beruang kutub masuk dalam golongan hewan yang hampir punah.

Tinggalkan komentar