Khasiat Tersembunyi Biji Selasih yang Belum Diketahui Banyak Orang

Biji selasih berasal dari tumbuhan kemangi. Tumbuhan ini selain diambil daunnya sebagai pelengkap makanan seperti lalapan ataupun sebagai penambah aroma untuk cita rasa masakan dan penyedap makanan, juga dapat diambil bijinya sebagai obat-obatan tradisional dapat juga digunakan sebagai campuran minuman-minuman segar.

Biji selasih berwana hitam dan berukuran kecil-kecil. Nutrisi yang terkandung didalam biji selasih cukup banyak, ada vitamin, mineral, lemak, karbohidrat dan serat. Biji ini juga mempunyai senyawa-senyawa alami seperti tymol, eugenol dan metal eugenol. Dalam hal ini, saya akan membahas manfaat-manfaat dari biji selasih. Diantaranya adalah :

1. Biji selasih dapat mengurangi efek nikotin. Bagi para pecandu rokok, biji ini dapat digunakan sebagai bahan untuk meminimalisir efek samping dari nikotin. Tetapi bagian yang lebih banyak digunakan terdapat pada daun kemanginya.

2. Biji selasih mengandung vitamin C dan antioksidan, dimana biji ini dapat membantu menguatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia.

3. Sebagai obat penyakit, biji ini dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah pencernaan. Seperti sakit perut, kembung, kram perut, sembelit dan buang air besar yang tidak teratur. Karena biji ini juga mengandung efek karminatif. Dalam biji selasih juga terdapat antispasmodik dan digunakan sebagi ekspektoran atau obat batuk jadi dapat juga mengobati sakit batuk, gangguan pernafasan dan bronkitis.

4. Menenangkan suasana hati dan meredakan stres. Aroma dari biji ini sering digunakan sebagai bahan aromaterapi.

5. Minyak alami yang keluar dari biji selasih ini dapat membantu mengobati luka dan infeksi pada kulit.

6. Dapat juga sebagai pengontrol nafsu makan dan menurunkan kadar gula.

7. Tanaman ini mempunyai kandungan anti inflamasi, dimana kandungan tersebut dapat menguatkan tulang. Dengan kalsium yang dimilikinya dapat membantu mecegah pengeroposan tulang.

8. Selain dapat dijadikan sebagai obat-obatan herbal, tumbuhan ini juga dapat digunakan untuk pengahalus kulit.

Biji selasih
Biji selasih kering – foodnaturalthai.com

Tumbuhan biji selasih ini sangat banyak sekali kegunaannya. Tumbuhan ini juga sangat mudah dijumpai bahkan memang ada yang dibudidayakan. Demikian itu penjelasan dari manfaat-manfaat biji selasih, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar