Belajar Cinta dari 8 Binatang yang Setia Sampai Mati

Memang ada binatang yang ganti-ganti pasangan. Babi misalnya, yang bisa berhubungan seks hanya untuk senang-senang, bukan untuk reproduksi.

Namun ternyata tidak semua seperti itu. Beberapa spesies binatang justru tidak pernah berganti pasangan alias setia sampai mati pada cinta pertamanya.

Binatang apa sajakah itu?

Ikan angelfish perancis

setia 1
Ikan tropis berwarna cerah ini berenang beriringan seumur hidupnya.

Bersama pasangannya, mereka mencari makan bersama-sama, mempertahankan daerahnya, dan tetap bersama sampai kematian memisahkan keduanya.

Kadal punggung sirap

setia 2
Kesetiaan itu sangat langka di dunia reptil. Namun kadal yang satu ini pengecualian.

Sepasang kadal punggung sirap asal Australia ini saling bertemu di musim semi. Pasangan betinanya biasanya hamil pada akhir musim panas. Setelah itu mereka akan berpisah sebentar sampai akhirnya bertemu lagi di waktu yang sama tahun berikutnya.

Monyet gibbon

setia 3
Kebanyakan hewan primata memang sangat sembarangan dalam mencari pasangan. Namun monyet gibbon hanya memilih satu pasangan saja seumur hidupnya.

Mereka bersama-sama membesarkan bayinya. Biasanya pasangan gibbon tinggal bersama-sama dalam keluarga besar bersama pasangan-pasangan lainnya.

Serigala

setia 4
Serigala memang binatang buas yang berbahaya, namun mereka masih memiliki sisi romantisnya sendiri.

Serigala alpha jantan dan betina dalam kawanan serigala ini seperti ayah dan ibu. Pasangan serigala ini tinggal bersama, membesarkan anaknya  bersama dengan bantuan beberapa serigala dewasa di kawanannya. Selain serigala alpha jantan dan betina, serigala dalam kawanan tetap menjomblo sampai akhir hayatnya.

Angsa

setia 5
Banyak burung yang monogami alias hanya punya satu pasangan. Namun angsa adalah contoh yang paling terkenal.

Faktanya, salah satu ritual pedekate pasangan angsa ini adalah saling melingkari lehernya membuat bentuk hati yang sempurna.

Berang-berang

setia 6
Sangat masuk akal kalau berang-berang tetap setia sampai mati. Berang-berang seringmengangkat batang kayu yang sangat berat. Tentu jadi  lebih mudah kalau ada pasangan yang bisa membantunya.

Tikus padang rumput

setia 7
Sangat jarang ada tikus yang setia. Namun ternyata tikus padang rumput ini pengecualian.

Ilmuwan bahkan berpikir tikus ini berubah secara genetis agar bisa menetap begitu mereka menemukan pasangannya.

Penguin

setia 8
Burung air ini punya ritual pedekate yang paling terkenal dari semua jenis burung. Apalagi kalau kamu sudah menonton film Happy Feet.

Sangat mirip seperti manusia dalam memilih cincin, penguin jantan mencari selama bertahun-tahun untuk menemukan kelereng yang sempurna sebagai hadiah untuk betina yang mereka cintai.

Jika sang penguin betina menerima kelerengnya,  mereka berdua cocok dan tinggal bersama selamanya.

Kalau kamu berpikir betapa manisnya cara binatang-binatang ini menunjukkan rasa cinta mereka pada pasangannya, SHARE ke facebook ya!

Tinggalkan komentar