Biografi Adolf Hitler, Fakta Sejarah Sang Diktator Nazi

BIOGRAFI ADOLF HITLER – Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan nama tokoh yang satu ini. Adolf Hitler merupakan tokoh yang terkenal dengan kekejamannya pada saat Perang Dunia II.

Tokoh ini juga diyakini sebagai biang keladi dari Perang Dunia II yang ikut melibatkan beberapa negara di dunia. Adolf Hitler banyak dikagumi sekaligus dicaci atas tindakannya menghabisi kaum Yahudi ketika ia berkuasa.

Adolft Hitler memegang kekuasaan di Jerman selama 12 tahun. Selama berkuasa ia menjadi salah satu aktor yang bertanggung jawab dalam peristiwa Holocoust yang mengakibatkan jutaan nyawa melayang. Untuk mengenal lebih lanjut tentang tokoh ini kamu bisa membaca ulasan biografi Adolf Hitler di bawah ini.

 

Kehidupan Pribadi Adolf Hitler

Kehidupan Pribadi Adolf Hitler
alifrafikkhan.blogspot.com

Adolft Hitler diahirkan pada 20 April 1889 oleh pasangan Klara Polzl dan Alois Hitler di Brounau am Inn, sebuah kota kecil di Austria. Orang tua Hitler sebenarnya memiliki 5 anak tetapi hanya dia dan adiknya, Paula yang bisa bertahan hidup hingga dewasa.

Semasa kecil Adolft Hitler cukup berprestasi dalam bidang akademik tapi setelah kematian adiknya terjadi perubahan drastis pada dirinya. Hitler menjadi depresi dan mulai berperilaku agresif terhadap orang-orang di sekitarnya terutama pada guru dan keluarganya.

Saat kecil Hitler tertarik untuk menjadi seorang seniman tetapi oleh ayahnya ia dikirim ke sekolah teknik Realschule di Linz. Hal itu membuat Hitler tidak belajar dengan sungguh-sungguh dan berharap ayahnya membiarkannya untuk mengejar apa yang telah ia cita-citakan.

Tapi belum sempat keinginan tersebut terwujud, ayahnya mendadak meninggal pada tahun 1903. Hal itu membuat keadaan Adolft Hitler semakin memburuk dan akhirnya ia dikeluarkan dari sekolah tempatnya belajar.

Setelah kematian ayahnya keadaan ekonomi keluarga Hitler semakin memburuk sehingga ia harus hidup dari uang dari ibu dan tunjangan anak yatim.

Selang empat tahun setelah kematian ayahnya, ibu Hitler menyusul meninggal dunia karena penyakit kanker. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, Hitler harus bekerja serabutan sebelum akhirnya bergabung dengan infanteri.

Kehidupan percintaan Hitler juga tidak berjalan dengan baik. Dinyakini ia memiliki hubungan romantis dengan saudara jauhnya Geli Raubal yang akhirnya melakukan bunuh di apartemennya di Munich pada tahun 1931 dengan pistol miliki Hitler.

Selain itu Hitler juga mempunyai hubungan dengan wanita lain bernama Eva Broun sejak tahun 1929 yang kemudian ia nikahi pada tahun 1945.

Adolf Hitler dan Politik

Adolf Hitler dan Politik
infostormer.com

Ketika awal Perang Dunia I, Hitler pergi ke Munich untuk bergabung dengan Resiman Infanteri Cadangan Bavaria ke-16. Selama perang tersebut, Hitler mendapatkan beberapa luka dan mendapatkan beberapa penghargaan atas keberaniannya.

Ketika Perang Dunia I berakhir pada tahun 1919, Hitler bergabung dengan Partai Buruh Jerman atau yang lebih dikenal dengan sebutan Nazi.

Dengan keliahaiannya Hitler bisa langsung mengambil alih tugas propaganda partai dan pada tahun 1921 ia diangkat menjadi pemimpin baru. Pada tahun 1923, Nazi yang dipimpin Adolf Hitler mencoba mengambil alih kekuasaan Republik Weimar Jerman pada peristiwa yang dikenal sebagai Beer-Hall Putsch.

Usaha yang dilakukan Hitler tersebut gagal dan membuat ia dijebloskan di penjara. Selama berada di penjara selama sembilan bula ia menulis Min Kampf (perjuanganku). Buku ini merupakan sebuah otobiografi sekaligus manifesto politik Adolf Hitler. Setelah keluar dari penjara Hitler muncul sebagai salah satu juru bicara populis kaum miskin yang menjadi nasionalis Jerman.

Hitler mencoba menatang kaselir Jerman Paul von Hindenburg dalam sebuah pemilu pada tahun 1932. Tapi usaha tersebut berujung dengan kegagalan. Tapi dikemudian hari setelah kematian kaselir Jerman, Adolft Hitler menjadi Führer dan Kanselir atau Reichskanzler pada tahun 1934.

Kemunculan Sang Diktator

Sang Ditaktor Adolf Hitler
angkatigabelas.blogspot.com

Setelah menduduki jabatan Reichskanzler, Hitler langsung menerapkan kepemimpinan ditaktor mutlak yang didukung oleh Gestapo atau polisi rahasia Jerman yang terkenal brutal. Kamp pelatihan dengan segera dibentuk untuk melakukan pembunuhan teroganisir Yahudi yang menjadi lawan politik dari Gipsi.

Saat berkuasa Hitler berusaha mengambil sebanyak mungkin wilayah Eropa seperti Austria dan Sudetenland pada tahun 1938. Setelah kedua wilayah tersebut dikuasai penyerangan dilanjutkan ke Polandia pada 1 September 1939. Karena tindakan inilah yang memicu terjadinya Perang Dunia II.

Adolft Hitler dan Perang Dunia II

Adolf Hitler ketika Perang
theatlantic.com

Pada saat awal Perang Dunia II, dengan kekuatan ifanteri dan tank Jerman serta tatik perang kilat, Adolft Hitler berhasil menguasai sebagian Eropa Barat. Pada 1941, Hitler menyerang Uni Soviet sebagai bentuk pembatalan pakta non-agresi yang ditandatangani pada tahun 1939.

Setelah mengalami banyak kemenangan, pasukan Hitler akhirnya mulai mengalami banyak kekalahan. Kekalahan awal terjadi di Moskow pada bulan Desember 1941 kemudian disusul kekalahan lainnya di Stalingrad pada musim dingin. Kondisi tersebut diperparah dengan ikutnya Amerika dengan sekutu dalam Perang Dunia II.

Pasukan sekutu mulai menginvasi Eropa yang diduduki oleh Jerman. Kemudian kota-kota di Jerman mulai di hancurkan dengan bom oleh pasukan sekutu dan berhasil menaklukan kota Berlin pada tahun 1945. Sementara itu, Italia, di bawah pemerintahan diktator fasis Benito Mussolini yang merupakan sekutu Jerman juga jatuh.

Selama perang, banyak petinggi Nazi menjadi putus asa dan beberapa usaha dilakukan untuk membunuh Hitler yang semuanya berakhir pada kegagalan.

Akhir Adolft Hitler

beritaseri.com
beritaseri.com

Ketika pasukan sekutu sudah mulai menguasai sebagian wilayah kekuasaan Jerman membuat Adolft Hitler semakin frustasi. Mengetahui bahwa perang sudah tidak mungkin dimenangkan sehingga Adolft Hitler melakukan bunuh diri pada tanggal 30 April 1945. Kematian Hitler kemudian menandai berakhirnya perang dan kekuasaan Nazi.

Nama resmi rezim Nazi adalah Reich Ketiga. Hitler sesumbar kekuasaan yang didirikannya akan berlangsung 1.000 tahun, namun pada kenyataannya runtuh seminggu setelah kematiannya.

Kutipan Terkenal Adolf Hitler

abandayzier.blogspot.com
abandayzier.blogspot.com

Ketika di penjara pada tahun 1923, Hitler menulis buku yang diberi judul Mein Kampf (Perjuanganku) yang berisi otobiografi dan ideologi politiknya. Di dalam beberapa pidato dan tulisannya Adolft Hitler memiliki beberapa kutipan yang saat ini masih dikenang. Berikut adalah beberapa kutipan Hitler yang terkenal:

“Setiap aliansi yang tujuannya bukan untuk berperang adalah tidak masuk akal dan tidak berguna.”

“Dengan propaganda yang efektif dan berkelanjutan, seseorang dapat membuat orang banyak melihat surga sebagai neraka atau kehidupan yang sangat menyedihkan sebagai surga.”

“Turunkan moral musuh dari dalam dengan kejutan, teror, sabotase, dan pembunuhan. Ini adalah perang masa depan.”

“Jerman akan menjadi kekuatan dunia atau tidak sama sekali.”

“Kemanusiaan adalah ekspresi dari kebodohan dan pengecut.”

“Saya tidak melihat mengapa manusia tidak harus sama kejam seperti alam.”

“Buatlah kebohongan yang besar, buatlah sederhana, selalu ulangi kebohongan itu, dan akhirnya orang-orang akan percaya.”

“Selalu lebih sulit melawan iman dibandingkan melawan pengetahuan.”

“Kekuatan tidak terletak pada pertahanan tetapi pada serangan.”

“Massa yang besar lebih menerima daya tarik retorika daripada hal-hal lain.”

“Pemimpin jenius harus memiliki kemampuan untuk membuat lawan yang berbeda muncul seolah-olah dalam satu kategori.”

“Mereka yang ingin hidup biarkan bertarung, sedangkan mereka yang tidak ingin bertarung tidak layak untuk hidup.”

Satu pemikiran pada “Biografi Adolf Hitler, Fakta Sejarah Sang Diktator Nazi”

Tinggalkan komentar