Bioma Gurun: Flora dan Fauna Lingkungan Biotiknya

BIOMA GURUN – Gurun adalah sebuah wilayah yang menerima curah hujan kurang dari 250 mm setiap tahun. Adapun ciri-ciri daerah gurun adalah sebagai berikut.

  1. Curah hujan sangat rendah, kurang dari 25 mm setiap tahun
  2. Kecepatan penguapan air lebih cepat dari presipitasi (curah hujan).
  3. Kelembapan udara sangat rendah.
  4. Perbedaan suhu siang hari dengan malam hari sangat tinggi (siang dapat mencapai 45ÂșC sehingga penguapan juga tinggi, malam dapat turun sampai minus derajat celcius).
  5. Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air.

Flora Lingkungan Biotik Bioma Gurun

Flora Lingkungan Biotik Bioma Gurun
pexels.com

Tumbuhan yang tumbuh adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi di daerah kering (tumbuhan serofit). Oleh karena itu, tumbuhan yang dimiliki wilayah ini sangat sedikit. Di gurun juga dijumpai tumbuhan menahun berdaun seperti duri, contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air.

Misalnya kaktus saguaro raksasa dapat dijumpai di gurun-gurun Amerika Utara, kaktus ini berukuran seperti pohon yang tingginya mencapai 16 meter dengan akar sepanjang 10 meter ke segala arah. Akar-akar ini kokoh dan padat sehingga dapat menyerap air sebanyak mungkin dan dapat menjaga tanaman dan kencangnya tiupan angin.

Fauna Lingkungan Biotik Bioma Gurun

Fauna Lingkungan Biotik Bioma Gurun
pexels.com

Hewan besar yang hidup di gurun umumnya yang mampu menyimpan air, misalnya unta, sedangkan untuk hewan-hewan kecil seperti kadal, tikus, semut dan ular umumnya hanya aktif hidup pada pagi hari, pada siang hari yang terik mereka hidup pada lubang-lubang.

Hewan-hewan gurun yang aktif pada siang hari antara lain unta, burung pemangsa seperti elang ekor merah, ular, kupu-kupu, belalang, kalajengking, harimau ekor layang-layang, burung pengicau gurun, dan laba-laba tarantula. Hewan-hewan yang aktif pada malam hari antara lain kanguru, tikus, kanguru, rubah fennec, tokek pemburu malam.

Berikut ini merupakan persebaran gurun di permukaan bumi. Beberapa bioma gurun terdapat di daerah tropika (sepanjang garis balik) yang berbatasan dengan padang rumput. Bioma gurun dan setengah gurun banyak ditemukan di Amerika Utara, Afrika Utara, Australia, dan Asia Barat.

  • Benua Amerika: Gurun Mojave, Gurun Atacama, Gurun Great Basin, dan Gurun Sonoran
  • Benua Afrika: Gurun Sahara, Gurun Kalahari, Gurun Namib
  • Benua Australia: Gurun Simpson, Gurun Victoria Besar, Gurun Sandy Besar
  • Benua Asia: Gurun Thor, Gurun Arabi, Gurun Gobi

Tinggalkan komentar