Pengertian Bioteknologi Modern Beserta Penjelasannya

PENGERTIAN BIOTEKNOLOGI – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian bioteknologi. Kami akan merangkum-nya dengan jelas dan dengan sangat detail. Nah!! langsung saja mari kita bahas tentang pengertian bioteknologi dibawah ini.

Pengertian Bioteknologi Modern

eBIOLOGI.COM

Pengertian bioteknologi adalah cabang ilmu dari orang yang pernah mempelajari pemanfaatan dari makhluk hidup semisal bakteri, virus, fungi, dan masih banyak lagi yang contoh-contoh yang lainnya. Maupun selain makhluk hidup seperti enzim, alkohol, dalam proses proses produksi untuk dapat menghasilkan barang dan jasa.

Perkembangan dari bioteknologi tidak hanya didasari oleh oleh perkembangan dari biologi saja, tapi terdapat juga pada ilmu-ilmu yang lainnya contohnya seperti ilmu komputer, biokimia, biologi, molekular, kimia, genetika dan masih masih banyak lagi yang lainya.

Jika kami simpulkan kata-kata di atas berarti bioteknologi merupakan ilmu terapan yang mengghubungkan bermacam cabang ilmu dalam proses produksi suatu barang atau jasa.

Bioteknologi sudah dikenal oleh manusia ribuan tahun lalu hanya saja baru sadarnya beberapa tahun belakangan ini. Misal pada zaman dahulu bioteknologi di bidang teknologi pangan adalah keju, roti, maupun bir yang sudah dikenal sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Bukan hanya dibidang makanan saja tapi bioteknologi modern ini bisa juga mengcangkup bidang medis sebagai contoh yang telah ditemukan sejak zaman dulu dan zaman sekarang adalah vaksin, insulin , dan antibiotik, walaupun saat zaman dulu bioteknologi belum sesempurna seperti zaman sekarang.

Pada zaman sekarang bioteknologi sudah sangat berkembang dengan pesat dan bagus, terutama di negara-negara yang memiliki teknologi yang sudah berkembang. Kemajuan ini bisa dibuktikan dengan adanya berbagai temuan teknologi yang terbaru. Contoh bioteknologi masa kini adalah kultur jaringan, kloning, sel induk.

Sekian penjelasan dari kami tentang pengertian bioteknologi modern semoga semua yang kami sampaikan pada artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika ada saran atau kritik anda bisa menulisnya pada kolom yang ada di bawah ini. Jika anda membutuhkan informasi yang lainnya anda bisa membaca artikel kami yang lainnya.

Tinggalkan komentar