Mengenal Black Hole, Lubang Hitam yang Dapat Menelan Matahari

Black Hole atau lubang hitam merupakan sebuah lubang hitam yang bertempat di angkasa luar. Lubang ini memiliki gaya tarik yang sangat kuat sehingga dapat menarik benda apapun kedalamnya.

Tentunya manusia hanya dapat mengamatinya dengan teleskop dari kejauhan, karena teknologi yang dimiliki masih sangat terbatas.

Lubang hitam ada yang berukuran kecil maupun besar. Lubang hitam terkecil memiliki ukuran sebesar satu atom, walaupun kecil lubang hitam ini tetaplah memiliki massa yang besar. Salah satu lubang hitam yang besar bernama stellar, lubang hitam ini memiliki massa 20 kali lebih besar dari massa matahari.

http://news.nationalgeographic.com/
http://news.nationalgeographic.com/

Lubang hitam paling besar disebut supermassive. Massa dari supermassive ini lebih besar dari 1 juta matahari yang digabungkan. Setiap galaksi yang besar memiliki supermasive di pusatnya.

Galaksi Bima Sakti memiliki supermassive yang disebut Sagitarius. Lubang hitam ini memiliki massa sekitar 4 juta matahari.

Para ahli berpendapat bahwa lubang hitam sudah ada sejak awal penciptaan alam semesta. Lubang hitam Stellar tercipta ketika bintang besar runtuh. Para ilmuwan juga berpendapat kalau lubang hitam supermassive tercipta diwaktu yang sama dengan terciptanya galaksi ini.

Banyak orang beranggapan bahwa lubang hitam merupakan pintu menuju dimensi lain. Tentunya anggapan ini belum terbukti, karena belum ada seorangpun yang dapat kembali untuk menceritakan kisahnya ketika sudah terhisap kedalam lubang hitam. Namun jika anggapan ini benar, entah makhluk seperti apa yang akan kita temui dalam dimensi lain tersebut.

Tinggalkan komentar