Board Game, Tidak Sekedar Bermain Tapi Dapat Mencerdaskan Otak

Bermain disukai semua orang tanpa dibatasi usia. Permainan akan mengalihkan sejenak perhatian dari kesibukan yang menguras waktu, emosi, dan pikiran.

Selain game online maupun offline, ada juga jenis permainan yang tak kalah menyenangkan. Sayangnya permainan ini banyak ditinggalkan masyarakat.

Padahal memainkan permainan ini tidak hanya akan membuatmu senang. Kamu bisa bersosialisasi dengan lawan permainan, terasah jiwa sportifitas, dan mencerdaskan karena kamu terbiasa berpikir strategi terbaik.

Permainan ini sering disebut board game atau permainan yang menggunakan media papan. Ada yang benar-benar menggunakan papan, ada juga yang menggunakan kertas.

Bahkan oleh perkembangan teknologi, permainan ini banyak yang dibuat dalam versi on line maupun off line menggunakan gadget. Namun secara umum permainan ini tetap disebut sebagai board game.

Beberapa board game yang mungkin tak asing bagimu sebagai berikut.

Catur

www.wallpaperscraft.com

Permainan dengan papan berpetak hitam dan putih dengan jumlah 64 kotak ini terkenal hampir di semua belahan dunia. Berbagai turnamen diadakan mulai tingkat RT, kelurahan, nasional, bahkan internasional.

Catur adalah permainan yang menjadi simbol kecerdasan pemainnya. Satu pemain memiliki biji catur yang berperan sebagai raja, ratu, pion, benteng, menteri, dan kuda.

Agar bisa mengalahkan biji catur lawan, diperlukan kecerdasan dan konsentrasi. Permainan ini mutlak hanya bisa dilakukan 2 orang saja.

Perkembangan catur dimulai abad ke-6 di India. Saat raja-raja Gupta memerintah, permainan ini disebut catur ga. Selanjutnya menyebar ke Persia sebagai shatranj di Sassanis. Aturan permainan semakin berkembang seiring penyebaran permainan ini di Arab.

Monopoli

ideas.lego.com

Monopoli bisa dimainkan lebih dari 2 orang. Pada waktu senggang, ajaklah keluarga tercinta bermain monopoli bersama-sama.

Selain ditentukan mata dadu yang keluar, permainan ini juga menuntut strategi berinvestasi di tanah yang sedang kamu lewati. Kamu dapat membeli rumah dan hotel di tanah yang kamu beli.

Ada sertifikat tanah beserta harga sewa jika lawan mainmu berhenti di tanah milikmu. Saat itulah kamu dan lawan mainmu belomba-lomba mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya.

Ada juga petugas bank yang melayani transaksi jual beli, penukaran uang, dan sebagainya. Permainan ini tak kalah populernya dibandingkan catur.

Congklak

www.donebydon.ca

Orang Jawa menyebutnya sebagai dakon. Permainan ini merupakan asli Indonesia. Sebuah papan permainan yang berisi cekungan kecil pada 2 sisi berlawanan. Ada juga cekungan besar sebagai lumbung menyimpan biji congklak.

Peraturan umum dari permainan ini adalah membagikan biji congklak ke semua lubang permainan kecuali lumbung lawan. Adapun biji terkahir akan mendapatkan bonus pada kondisi tertentu.

Halma

www.instructables.com

Halma bisa dimainkan oleh 2 atau 3 orang. Tugas utama masing-masing pemain harus memindahkan semua tentara pada sisi seberangnya. Adapun tentara bisa terus berjalan jika melompati tentara lain, baik tentaramu sendiri ataupun tentara lawan.

Jika tidak ada tentara yang dilompati, tentara hanya bisa berjalan 1 langkah. Pemenang dari permainan ini adalah pemain yang bisa memindahkan semua tentaranya dengan cepat.

Ular Tangga

Permainan ini menggunakan papan ular tangga dan dadu. Tak perlu strategi khusu dalam memainkannya, karena keberjalanan permainan sangat ditentukan jumlah mata dadu yang keluar.

Biasanya ada 100 petak dalam satu papan. Pemain bisa langsung naik jika bertemu tangga. Namun pemain harus turun saat berhenti pada petak yang ada ekor ularnya.

Cobalah untuk melestarikan beberapa permainan diatas. Permainan-permainan di atas dapat memberikan kehangata keluarga dan mengajari anak-anak pentingnya sportivitas.

Tinggalkan komentar