Bosan dengan Belajar? Yuk Ikuti Beberapa Tips ini

Metode menghafal dari buku merupakan metode yang kuno, kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk hal seperti itu. Otak kita dipaksa untuk menghafal semua pelajaran disaat yang sama. Cara ini sangatlah tidak efektif karena yang dihasilkan hanyalah generasi penghafal, bukan generasi yang kreatif.

Generasi kreatif adalah generasi yang mampu memahami betul apa yang ia pelajari, Karena pada hakikatnya kita belajar sesuatu untuk dipahami, bukan hanya untuk dihafal.

Pernahkah kalian merasa pusing dan jenuh dalam belajar?  Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dalam belajar sehingga tidak membuat kita merasa bosan dan jenuh. Mau tau gimana caranya? Yuk simak langkah-langkah dibawah ini.

Buat skala pemetaan

mindmap
https://www.mindtools.com

Skala pemetaan dapat memperkuat pengetahuan untuk ujian. Tambahkan gambar juga didalamnya, selain simple skala pemetaan akan membuat kita jauh dari kejenuhan karena yang kita lihat bukan hanya tulisan tapi gambar-gambar yang menarik. Skala pemetaan ini dapat mengasah kreatifitas kita dan juga mudah digunakan ketika kita mempresentasikan esai atau topik penelitian.

Biasakanlah menggunakan metode ini sejak dini karena dengan skala pemetaan akan membuat peta pikiran kita semakin cepat dan mudah menerima informasi.

Metode kuis

3.bp.blogspot.com

Buatlah 2 kelompok, kelompok kesatu sebagai penanya sedangkan kelompok yang kedua sebagai penjawab lalu lakukanlah pergantian secara berkala. Menanyakan kembali tentang materi yang sudah kita dapatkan akan membuat kita lebih memahami pelajaran teresebut.

Dengan begitu, kita akan siap dengan berbagai jenis pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar ketika ujian nanti. Proses ini juga berguna untuk membiasakan kita terhadap soal-soal yang rumit. Jikalau nanti ada soal yang dirasa susah untuk dijawab, kamu bisa mendiskusikan jawabannya kepada teman kamu.

Metode kuis ini juga bisa menjadi ukuran sejauh mana letak kekuatan dan kekurangan kita sehingga memungkinkan kita untuk fokus belajar pada materi kelemahan kita .

Jangan hanya fokus pada menghafal

satujam.com

Metode menghafal tidak akan membuat pengetahuan kita bertambah, ia hanya bisa membantu kita dalam mencari nilai yang baik pada materi tertentu.

Pahamilah inti dari konsep yang diajarkan seperti memikirkan bagaimana hal itu terjadi, mengapa bisa, dan apa selanjutnya, cara berpikir seperti itulah yang harus kita lestarikan. Cara seperti ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama sehingga kita akan tahu betapa hebatnya ilmu pengetahuan tersebut.

Melakukan Brainstorming

sgct63du2awknxkp167gwzzb.wpengine.netdna-cdn.com

Teknik belajar yang satu ini sangat ideal jika dilakukan berasama-sama atau berkelompok. Brainstorming adalah cara yang paling tepat untuk memperluas ide dari setiap anggota.

Tidak ada jawaban yang salah dalam proses brainstorming, karena tujuan utama dalam proses ini adalah menangkap ide-ide yang timbul dari argumen masing-masing individu. Sehingga disesi akhir kita dapat menyimpulkan inti dari permasalahannya.

Fokus pada tujuan

akta.com

Selalu ingatlah tujuan hidup kita selama ini. Tentunya, setiap orang punya impian bukan? Selalu fokus akan hal itu. Ketika kita sedang menghadapi masalah dalam belajar, jangan anggap tujuan kita belajar hanya karena paksaan atau sekedar mendapat nilai yang baik.

Nilai-nilai yang tertulis itu tidak dapat menentukan kualitas seseorang. Tidak masalah seberapapun nilai kita, seberapapun peringkat kita, toh kesuksesan itu bukan hanya dinilai dari raport. Yang menentukan adalah niat dan kesungguhan kita dalam belajar.

Mencintai pelajaran

https://assets.entrepreneur.com

Bila kamu tidak pandai dalam suatu pelajaran, maka cobalah untuk mencintainya. Dengan kecintaanmu terhadap sesuatu, maka hal ini akan membuatmu termotivasi, tak pantang menyerah dan selalu bangun ketika terjatuh.

Sesuatu yang dilakukan sepenuh hati akan memnimbulkan hasil yang sangat luar biasa. Seperti bill gates, ia pernah bilang bahwasannya yang membawa ia seperti sekarang ini adalah kecintaannya terhadap komputer dan semangat yang tinggi.

Ia dulu pernah bermimpi untuk mengahdirkan komputer kedalam tiap-tiap rumah (kala itu komputer berukuran sangat besar, sehingga tidak mungkin untuk memilikinya didalam rumah) dan akhirnya semua terwujud berkat kecintaannya terhadap komputer. Maka dari itu, cobalah untuk mencintai apa yang kita kerjakan. 🙂

Satu pemikiran pada “Bosan dengan Belajar? Yuk Ikuti Beberapa Tips ini”

Tinggalkan komentar