Pengertian Brainware Beserta Tingkatan Lengkapnya

BRAINWARE ADALAH – seseorang yang memakai atau mengendalikan komputer. Contoh dari brainware adalah seorang programmer, netter, blogger dan juga orang biasa yang memakai komputer juga dinamai brainware.

Disisi lain, ada juga brainware yang bisa dikatakan sebagai suatu perangkat intelektual yang mengendalikan kemampuan dari suatu hardware atau juga software.

Tanpa adanya brainware, maka suatu Hardware ( Perangkat Keras ) dan juga Software ( Perangkat Lunak ) tidak akan bisa bekerja dengan maksimal atau tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Tingkatan Brainware

Brainware Adalah
pintarkomputer.com

Pengguna yang mengendalikan suatu komputer bisa dinamai dengan User. Ada juga beberapa jenis user, contohnya dibawah ini :

1. System Analyst

System Analyst  adalah seorang penanggung jawab dari suatu penelitian, perencanaan dalam menentukan perangkat lunak dan sistem yang akan sesuai dengan kebutuhan dalam organisasi bisnis atau juga perusahaan.

Seorang sistem analyst harus mempunyai 4 kemampuan atau juga keahlian seperti analisis, manajerial, teknis, dan interpersonal. System analyst juga menangggung peranan yang amatlah penting dalam proses kemajuan sistem.

2. Programmer

Programmer adalah seorang yang memiliki kemampuan dalam hal penguasaan bahasa pemrograman, Contohnya bahasa C, Pascal, Html, Java dan lain-lain.

Programmer ini dapat juga dikatakan sebagai pembuat atau pencipta suatu hal baru, dan sangat dibutuhkan dalam sistem komputerisasi yang telah di rancangnya.

3. Administrator

Administrator adalah seorang yang memiliki tugas untuk mengolah suatu sistem dalam operasi dan program-program yang sedang berjalan pada suatu sistem komputer.

4. Operator

Operator adalah seorang yang memiliki tugas melayani dan juga menjalankan sistem ataupun peralatan yang mempunyai hubungan dengan suatu perangkat komputer tersebut.

Operator ini tentunya memiliki tingkatan paling akhir, karena operator ini juga bertugas untuk menjalankan atau menggunakan komputer.

Brainware termasuk dalam bagian yang paling penting dari suatu sistem komputer. Hardware suatu komputer tidak akan bisa bekerja tanpa adanya bantuan software. Sedangkan software dan hardware tidak akan bisa bekerja tanpa bantuan brainware.

Jadi tiga komponen antara software, hardware, dan brainware saling terkait serta membutuhkan satu dengan lainnya.

Itulah penjelasan dari Brainware dan juga tingkatannya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar