in

Pengertian Bronkiolus Beserta Fungsi Lengkapnya

Bronkiolus

BRONKIOLUS – Sistem pernapasan manusia terdiri dari dua paru-paru dan trakea, ketika Anda menarik udara. Maka tekanan udara atmosfer akan memaksa udara masuk ke dalam tubuh.

Agar hal ini bisa terjadi, tubuh wajib menurunkan tekanan udara pada rongga dada. Hal ini juga bisa dilakukan dengan memperluas rongga, memakai otot-otot pada tulang rusuk dan otot khusus yang dinamai diafragma yang terletak pada bagian bawah paru-paru.

Ketika Anda menghirup oksigen, udara pertama akan ditarik masuk melewati mulut dan hidung. Lalu indah ke bawah, kemudian melalui faring atau tenggorokan dan melalui laring atau kotak suara.

Kemudian memasuki saluran udara utama yang dinamai trakea. Trakea ini memiliki cincin tulang rawan yang akan mendukungnya. Cabang-cabang dalam trakea keluar menjadi dua bronkus, dan satu untuk setiap bagian paru-paru.

Bronkus sendiri bercabang dan beberapa kali menjadi lebih kecil. Setelah beberapa bagian cabang, saluran udara ini sudah tidak lagi dibantu oleh cincin tulang rawan, yang disebut bronkiolus.

Fungsi Bronkiolus

Bronkiolus

Fungsi utama bagian ini merupakan penyaluran udara dari bronkus ke dalam alveoli, dan juga untuk mengontrol jumlah udara yang dapat didistribusikan melewati paru-paru dengan konstriksi dan dilatasi.

Paru-paru pada tubuh manusia dipenuhi oleh jutaan alveoli yang memiliki ukuran mikroskopis juga memungkinkan tingkat tinggi dalam pertukaran gas dan atmosfer. Setiap kantung udara bisa menyediakan luas permukaan agar pertukaran ini berjalan.

Dalam rangka untuk menghadirkan udara ke dalam semua alveoli, bagian ini wajib bercabang yang ukurannya lebih kecil dan lebih kecil lagi. Bronkiolus ini mempunyai diameter beberapa milimeter saja, bahkan sampai kurang dari setengah milimeter.

Ujung dari setiap bagian bronkioli ini disebut terminal bronkioli, dan berakhir pada sebagian alveoli. Fungsi dari bronkiolus adalah agar terus memperhatikan udara yang masuk dipasok ke semua alveolus.

Alveoli ini dikelilingi oleh suatu pembuluh darah kecil yang dinamai kapiler. Kapiler ini melalui dinding tipis agar oksigen memasuki darah, karbon dioksida dan air juga meninggalkan darah.

Itulah pengertian bronkiolus dan fungsi lengkapnya, semoga bermanfaat.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Eritrosit Beserta Dengan Penjelasannya

proposal

Tujuan Proposal dan Penjelasan Proposal Secara Singkat