Buat Jamu Kunyit Asam

Orang Indonesia tentu tidak asing dengan tanaman kunyit dan asam. Mengonsumsi air kunyit asam baik untuk kesehatan tubuh. Kunyit memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga tubuh Anda pun akan lebih sehat. Bagi anda yang kelebihan berat badan, kunyit mampu menekan nafsu makan Anda sehingga Anda pun terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan secara berlebih. Kunyit memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi. Kunyit juga mampu membersihkan tenggorokan Anda.

Selain memiliki sifat anti bakteri, kunyit juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga menghilangkan rasa sakit atau pegal di tubuh. Infeksi kulit karena luka bakar, cedera, atau terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat disembuhkan dengan rutin meminum air kunyit asam. Kunyit mampu menghilangkan racun di dalam tubuh sehingga Anda akan memiliki kulit yang bersih dan cerah.

Daripada mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik beralihlah pada ramuan herbal. Kunyit asam dapat Anda buat sendiri di rumah. Jika membuat sendiri Anda bisa memilih bahan yang benar-benar baik dan alami, agar mendapatkan khasiat yang maksimal. Bahan-bahan yang diperlukan seperti dibawah:

Bahan-bahan
Resep ini untuk 20 gelas
Kunyit asam yang tua, 1 kg dikupas dan dicuci bersih
Asam kawak, 1/4 kg buang bijinya
Gula aren atau gula jawa, 1/2 kg
Jeruk nipis tua, 5 biji ambil airnya
Garam dapur, 1/4 sendok teh
Air matang, 20 gelas

Cara membuat
Pertama-tama, kunyit yang sudah dikupas kemudian ditumbuk sampai benar-benar halus dan lembut, setelah itu tambahkan air matang 17 gelas sambil diaduk-aduk.
Kemudian peras dan disaring kunir tadi.
Larutkan gula aren atau gula jawa tadi dengan asam kawak dengan 3 gelas air hingga tercampur rata
Tambahkan campuran asam kawak dan gula aren dengan perasan kunyit tadi dan aduk, saat mengaduk tambahkan garam dan air jeruk nipis hingga tercampur, kemudian baru disaring ulang.

Aturan minum
Untuk wanita dewasa yang sedang datang bulan 1x sehari 1 gelas tidak boleh lebih dari satu minggu
Untuk menjaga kesehatan diminum 1 minggu sekali 1 gelas

Peringatan!
1. Bagi yang mempunyai penyakit liver atau ginjal dilarang minum jamu ini
2. Ibu hamil juga dilarang mengkonsumsi jamu kunyit asam
3. Balita tidak disarankan meminumnya dikarenakan jamu ini termasuk jamu keras
4. Meminumnya juga tidak boleh berlebihan

Orang bijak berkata, hidup sehat bukan berarti tidak pernah sakit tetapi berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjadi sehat. Semoga resep kunyit asam ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda.

Tinggalkan komentar