Buat Kamu yang Mau Pindah KTP Pelajari 12 Hal Berikut Ini

Kata orang bijak, satu-satunya hal yang tidak berubah di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Artinya, dalam hidup ini kita akan senantiasa mengalami perubahan. Seorang bayi berubah menjadi dewasa. Seorang junior berubah menjadi senior. Juga air laut yang pasang surut silih berganti, dan seterusnya.

Tidak tertutup kemungkinan kamu juga akan mengalami perubahan alamat, dengan kata lain pindah KTP. Mungkin yang seorang perempuan akhirnya mengikuti suami di kota lain. Mungkin yang sudah berumah tangga akhirnya memutuskan hijrah ke kota lain. Ada seribu kemungkinan dalam hidup. Masyarakat kita memiliki aturan hidup. Ketahui hal-hal ini sebelum kamu pindah KTP.

 

Pindah Alamat artinya juga harus pindah KTP

KTP warga
en.tempo.co

Pindah KTP menjadi sangat penting bagi kamu yang memutuskan hijrah ke kota lain, dengan kata lain pindah alamat tempat tinggal. Hal ini karena kamu akan mengalami banyak kesulitan jika tidak memiliki KTP di tempat kamu tinggal. Misalnya dalam pengurusan hak suara saat pemilu, urusan perbankan, dan banyak lagi urusan yang lain.

Ada baiknya fotokopi KTP-mu terlebih dahulu sebelum mengurus pindah KTP.

Fotokopi KTP
binesia.com

Untuk mendapatkan KTP baru, kelak KTP lamamu akan ditahan/ditarik di kecamatan untuk di musnahkan. Oleh karena itu, pada beberapa waktu kamu tidak memegang KTP. Sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dalam masa itu, sebaiknya kamu memfotokopi KTP-mu. Hal ini agar kamu punya alibi jika dituduh sebagai penduduk ilegal.

Syarat pertama, melapor ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mendapatkan SKP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
118.97.83.226

Sesuai Pasal 15 UU Nomor 23 Tahun 2006, penduduk WNI yang pindah dalam wilayah NKRI wajib melapor kepada instansi pelaksana (perangkat pemerintah kabupaten / kota yang bertanggung jawab dan  berwenang melaksanakan pelayanan dalam urusan administrasi kependudukan) di daerah asal yang dalam hal ini adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah (SKP).

Syarat kedua, melapor kepada instansi pelaksana di tempat tinggal tujuan untuk mendapat SKPD

SKPD
alitmahendra.com

Selanjutnya penduduk WNI wajib melapor kepada instansi pelaksana ditempat tinggal tujuan dengan membawa SKP, untuk mendapatkan Surat Keterangan Pindah-Datang (SKPD).

Syarat ketiga, SKP/SKPD adalah wajib. Dilarang meninggalkan syarat pertama dan kedua.

KTP
gultomlawconsultants.com

SKP/SKPD digunakan sebagai dasar perubahan atau penerbitan KK dan KTP bagi penduduk yang bersangkutan.

Syarat keempat, patuhi ketentuan pindah KTP dalam satu desa/kelurahan,  antar desa/kelurahan, antar kecamatan, antar kabupaten, antar kota, hingga antar provinsi.

Pindah rumah
vk.com

Sesuai Pasal 59, penandatanganan SKP/SKPD bagi penduduk WNI adalah sebagai berikut:

  1. Untuk pindah-datang dalam satu desa/kelurahan atau antar desa / kelurahan dalam satu kecamatan ditandatangani oleh Kepala Desa atas nama Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil)
  2. Untuk pindah-datang antar kecamatan ditandatangani oleh Camat atas nama Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil).
  3. Untuk pindah-datang antar Kabupaten / Kota dan antar Provinsi ditandatangani oleh Kepala Instansi Pelaksana (Kepala Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil).

Langkah pertama, datang ke RT/RW tempat tinggal

Plang rumah ketua RT/RW
platnomorrumah.blogspot.com

Mendatangi RT dan RW tempat tinggal untuk mengurus Surat Pindah (SP) dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK)

Langkah kedua, surat dari RT/RW bawa ke kelurahan dan kecamatan

Kantor kecamatan
blitarkab.go.id

Surat dari RT / RW dibawa ke kelurahan dan kecamatan, SP tersebut akan diganti oleh kelurahan/kecamatan dan akan terbit Surat Keterangan Pindah (SKP). Sebagai data arsip, KTP dan KK yang diserahkan akan disimpan.

Langkah ketiga, SKP dari kecamatan akan diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan ditembuskan ke kelurahan/kecamatan alamat yang baru.

Loket KTP
rakyatmedia.com

SKP memiliki 2 lembar. Lembar pertama akan dilanjutkan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang mana alamat yang lama akan diganti dengan selembar surat yang sudah dicap dan ditandatangani serta dilengkapi oleh alamat yang baru. Lembar kedua SKP adalah tembusan untuk kelurahan/kecamatan alamat yang baru.

Langkah keempat, membuat SKCK

SKCK
ardisaz.com

Mengurus surat kelakuan baik yang sekarang disebut dengan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), mulai dari KORAMIL hingga Kepolisian.

BACA JUGA: Pengertian dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan yang Pernah Dipakai di Indonesia

Langkah kelima, bawa berkas-berkas ini

Berkas
heusenstamm.de

Pada saat kita pindah berkas yang dibawah ini perlu ada :

  1. SKP yang berstempel dan bertandatangan kepala kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  2. SKP tembusan yang berstempel dan bertandatangan kepala kelurahan/kecamatan
  3. 2 lembar surat kelakuan baik

Langkah keenam, lakukan hal-hal ini saat berada di alamat baru

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
depok.go.id

Di tempat alamat baru, yang perlu dilakukan adalah :

  1. Lapor ke RT/RW dan mendaftar/memasukkan data anggota keluarga yang pindah kedalam Kartu Keluarga (KK) dan membuatkan KTP
  2. Melapor ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  3. Melapor ke kantor kelurahan/kecamatan dan proses pembuatan KK dan KTP.

20 pemikiran pada “Buat Kamu yang Mau Pindah KTP Pelajari 12 Hal Berikut Ini”

  1. Salam kenal admin….
    Saya mau nanya… Bisakah pengurusan surat pindah hanya memakai foto copy kk dan ktp asli saja… Sebagai persyaratan awal.. Soal nya saya lagi pasca cerai secara hukum sama mantan istri saya… Jika saya urus surat pindah untuk mendapatkan ktp yg baru…. Seperti nya mantan istri saya tidak mau menyerahkan kk yg asli…. Kami sudah tidak sama tinggal hampir 5 th….. Ttng kesulitan teesebut kira nya admin paham….tanya saya… Gimana solusi terbaik nya agar saya bisa mendapatkan ktp di tempat yg baru…. Karena ktp sangat penting… Terutama pengurusan surat surat di perbankan…. Terima kasih….mohon solusi dan jalan keluarnya.,.

    Balas
  2. saya sudah ngurus surat pindah, tapi belum saya serahkan di tempat yang baru.. tapi saya ngak jadi pindah. ini gimana cara mengatasinya

    Balas
    • Ini sama sperti saya. Katanya sih harus di lanjutkan. Karna berkas kita sudh tidak ada lagi setelah surat keterangan pindah sudah keluar

      Balas
  3. Saya punya pertanyaan mengenai SKPD. KTP saya adalah KTP Manado. Awal tahun ini saya mendapatkan tawaran pekerjaan yang mengharuskan saya berpindah-pindah tempat tinggal. Untuk sementara saya berdomisili di Bali, dengan pekerjaan di beberapa daerah di Indonesia Timur yang mengharuskan saya berpindah-pindah tempat di beberapa kota di Indonesia Timur (Ambon, Sorong, Mataram, dll) dimana setiap kota saya harus tinggal sekitar 2-3 minggu untuk melakukan pekerjaan saya sebagai network provider. Dalam jangka waktu 6 bulan kedepan saya akan berpindah lagi ke Jakarta, karena rotasi pekerjaan yang mengharuskan pekerjaan saya pindah ke daerah tersebut.
    Pertanyaan saya, apakah saya harus mengurus SKPD di setiap kota yang saya datangi dan tinggali semasa pekerjaan saya yang berpindah-pindah? Jika demikian, maka hal ini sangat merepotkan bagi saya karena masa tinggal saya di tiap kota adalah tidak lama, dan pada saat SKPD selesai di 1 kota, sudah tiba masanya bagi saya untuk berpindah lagi ke tempat yang baru.
    Apakah ada system pencatatan kependudukan di Indonesia yang mendukung akan hal ini, karena saya ingin memperoleh kepastian hukum dalam hal domisili yang berpindah-pindah, meskipun KTP dan kependudukan/domisili permanen saya adalah di Manado dimana saya memiliki tanah dan rumah permanen disana dan tercatat sebagai penduduk dan wajib pajak disana.
    Mohon petunjuk dari admin.

    Balas
    • @bp.David
      Saran saya,coba buat ktp sementara saja/surat keterangan domisili di tempat tugas andq nanti,tanpa harus merubah ktp asli,dgn syarat sbb :
      -ktp asli
      -fc.kk penjamin (bs punya ibu kost / ttga trdekat di domisili tugas anda
      Langsung lapor ke rt/rw terdekat agar dibuatkan surat pengantar pengurusan ktp sementara,semoga membantu.

      Balas
  4. saya pnya pertanyaan saya berasal dari nunukan ( kaltara) dan saat ini tiggal di makassar kerja dan juga saya tinggal sendiri di makassar dan KTP lama saya sudah lama mati. yang ingin saya pertanyakan bagaimana cara mengurus/ buat KTP baru disini apabila saya tidak menpunyai KK

    Balas
  5. terima kasih infonya..

    sedang mau mengurus surat pindah, namun karena kuliah, tempat lahir, dan tinggal setelah menikah di tempat yang berbeda, saya agak pusing juga mengurus surat pindahnya. Sedangkan untuk mengurus surat pindah beda propinsi saya harus membuat skck di kampung halaman, tiketnya untuk ke kampung halaman itu loh… mahal, dan belum tau juga semua instansi yang mengurus ini waktunya sudah available, dalam arti bisa berapa lama pengerjaan nya saya pun belum tau, jadi cukup dag dig dug mau pesan jadwal tiket balik. huhuhu..

    ah, semoga Indonesia kedepannya bisa makin oke birokrasi nya,

    Balas
  6. Pagi saya mau bertanya
    Saya orang sumatera utara namun saya sekarang tinggal dibandung bekerja, ktp saya e-ktp sumatera utara. Bagaimana untuk mengurus surat domisili tanpa surat pindah
    Makasih

    Balas
  7. Mau tanya,kalo tidak ada skck bsa ga ya??
    Masalahnya tjuan saya mmbuat surat pindah ya biar gampang ngurus skck karena disini tdak bisa mngurus skck pale ktpkmpung walaupun sudah pakai surat domisili mkanya saya mnta pindah domiaili agar ktp saya jadi ktp alamat skrg agar mudah mngurus surat” lainnya..
    mhon jawabannya

    Balas
  8. Salam kenal untuk admint…saya hanya ingin menanyakan brp lama proses pemindahan…sebab saya mengalami hal ini…semua berkas telah saya limpahkan ke kelurahan..tp saya tidak mendapatkan resi dari kelurahan tmpt saya tinggal..dan saya hanya disuruh menunggu sampai 1 bulan untuk kembali ke kelurahan untuk foto dan baru di berikan resi…apakah menurut anda proses ini benar..sebab bbrp kerabat saya jg melakukan pindah penduduk…akan tetapi ada perbedaan antara mereka dan saya…mereka meninggalkan berkas2 yg di butuhkan..dan di berikan resi ( ya katanya sejenis ktp sementara) pada hari itu juga..nah yg saya alami bertolak blaka…berkas2 saya telah saya serahkan 2minggu yg lalu..dan saya hanya di berikan formulir pemindahan ..menurut anda apa yg terjadi sebebarnya hibgga terjadi perihal seperti yg saya alami???

    Balas
    • Pengalaman saya dibuatkan ayah saya surat pindah itu cepat sebenarnya pak asal tau alurnya saja..
      jadi ngurus di kelurahan trus dibawa ke kantor capil setempat berserta berkas2nya, nanti diberikan bukti tanda terima untuk pengambilan surat pindah awalnya diberitahun 1bln untuk kembali tp ternyata setelah keluar suratnya 3hari stelah berkas dikumpulkan di capil sdh selesai harusnya..
      saran saja mending ngurus sendiri dan tanya alur2nya.. trus klo sdh di capil jangan tunggu 1bln (sesuai info petugasnya) krn masa berlaku surat pindah itu 1bln dari tanda tangan kepala capilnya.. jadi sering2lah didatengi capilnya untuk ditanya..
      sekian infonya semoga bermanfaat.

      Balas
  9. Maaf mau nanya. Saya masih mahasiswi dan membuat ktp di jakarta. ingin pindah ktp ke bogor dan di bogor bukan tinggal bersama orang tua, melainkan sama saudara. apa bisa pindah ktp tanpa persetujuan orang tua? apa kalo pindah ktp berarti pindah kk juga? jadi masuk kk saudara. apa itu perlu persetujuan orang tua di saat saya sudah punya ktp?
    mohon penjelasannya

    Balas
  10. di keluarahan diminta surat lunas PBB, walah sy tanya yg punya rumah udah bertahun2 gak bayar. sial… gak bisa ngurus jadinya. bingung nih

    Balas
  11. Saya sdh 4 tahun dijakrta pusat asak dr medan. Selama ini saya pakai ktp medan. Skrg saya sdh urus surat perpindahan penduduk dari medan. Yg jd pertanyaan saya knp harus pake skck dr kepolisian. Dan rt saya yg di jakarta menyatakan harus pulang ke medan mengurus skck. Saya kasih skp yg dari medan tidak diterima. Yg jd masalah klu saya pulang ke medan ongkos nya sdh berapa ??. Harus jg saya ke medan untuk urus skck kepolisian ??? Solusinya gmn pak

    Balas
  12. untuk dokumen pindah-datang ini apakah sudah sesuai dengan instruksi dari menteri mengenai ktp-el yang memudahkan warganya mengurus hal ini? jadi tidak perlu banyak pintu? mohon pencerahannya

    Balas
  13. saya punya masalah mau tnya ke Admins
    sy dulu domisili di semarang .. krena sesuatu hal sya terpaksa tinggalkan kluarga merantau ke Luar negri
    tnpa sepengetahuan sya .. rumah di semarang di jual suami.. dan skrang suami tidak lagi mentap di kampung saya dulu.. dan juga belum mengajukan pindah.. karena suami sekarang ikut istri simpananya..
    yg saya tanyakan…
    bolehkah sya mengajukan pindah domisili ke tmpat orang tua saya.. tetapi sya masih punya ikatan nikah dng suami?
    dan bgaimana cara mengajukan pindah dengan kasus yg sya alami… trimakasih atas jwabanya

    Balas
  14. Selmt pagi..! Saya berncana pindah ke sumedang dari jkt, tp KTP lama dah keburu mati sdngkn eKTP blm saya ambil d jkt. Mhn pencerahnnya. O ya… saya dah tinggal 3 thn d sumedang…

    Balas
  15. saya tidak punya KTP. surat pindah saya hilang. jadi saya belum terdaftar ke alamat yg baru yaitu bekasi. itu gimana ya min. mohon pencerahannya

    Balas
  16. Mau tanya dong bpk/ibu sekalian kalo saya mau mengyrus surat pindah tapi diwakilkan boleh tidak ?, ktp saya msh manado sdgkan skrg saya sdh tinggal di tanggerang..c dan saya mau buat srt pndah dri manado le tanggerang tanpa harus saya balik lagi ke manadi untuj mengurusnya melainkankan diwakilkan oleh keluarga untuk pengurysannya, bisa tidak ya?

    Balas

Tinggalkan komentar