Dampak Negatif dan Positif Masuknya Budaya Barat Ke Indonesia

Budaya barat atau biasa disebut juga peradaban barat mengacu pada budaya yang berasal dari Benua Eropa dan Amerika. Bisa dibilang, budaya barat merupakan kebudayaan yang paling modern di dunia ini.

Budaya barat yang dimaksud di sini merujuk kepada warisan norma-norma sosial, adat istiadat, sistem politik, agama, dan teknologi. Ciri khas dari budaya barat yaitu cara pembinaan kesadarannya dengan cara memahami ilmu pengetahuan dan filosofi yang kuat.

Indonesia sebagai negara kepulauan menganut budaya ketimuran. Budaya barat masuk ke Indonesia dipromosikan lewat arus globalisasi. Tentunya ada dampak negatif dan positif dengan masuknya budaya barat ke Indonesia.

tamaadhi.wordpress.com
tamaadhi.wordpress.com

Dampak positif masuknya budaya barat ke Indonesia misalnya bisa dilihat pada bidang teknologi. Teknologi yang diciptakan oleh kebanyakan orang barat terbukti bisa memudahkan pekerjaan keseharian.

Dampak negatif masuknya budayat barat ke Indonesia bisa dilihat pada trend busana dan adat pergaulan. Remaja Indonesia semakin banyak yang menggunakan busana yang minim-minim dan bergaul tidak seperti layaknya adat budaya ketimuran.

Munculnya teknologi yang semakin canggih di satu sisi juga menimbulkan dampak negatif, contohnya sikap individualisme. Dampak negatif terhadap lingkungan seperti menganut kebebasan berpikir yang berlebihan sehingga sebagian orang bertindak sesuka hatinya tanpa berfikir lebih dalam.

Sebagai warga Indonesia kita harus mengenal budaya negara sendiri dan membentengi diri dengan dampak negative dari gempuran budaya barat.

Tinggalkan komentar