Beberapa Hal Cara Budidaya Buah Persik

Buah Persik adalah buah yang memiliki daging berwarna kuning dengan aroma harum. Buah persik ini hanya memiliki satu biji. Tanaman berbuah ini dimasukkan dalam golongan Famili Rosaceae. Selain itu, buah persik ini memiliki nama lain yaitu buah momo dalam bahasa Jepang.

Buah persik ini juga bisa ditumbuhkan melalui benih, akan tetapi cara tersebut akan memakan waktu yang cukup lama untuk sampai berbuahnya. Asal buah persik tersebut mempengaruhi tanaman buah persik ini berbuah atau tidak. Hal itu tergantung dari jenis buah tersebut berasal.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan membudidayakan buah persik.

  1. Buah Persik memiliki beberapa varietas yang toleran dengan suhu yang lebih dingin yang bisa kamu pilih. Buah persik bagus ditanam di daerah tanah yang keadaannya baik dan kering. Dan jika ditanam di daerah tanah yang subur, tanamn harus menerima sinar matahari yang cukup
  2. Selain itu hindari juga daerah-daerah posisinya rendah yang mudah tergenang oleh air, karena hal tersebut dapat menghancurkan buah persik. Cara yang terbaik saat menanam adalah memilih pohon yang usianya sudah satu tahun atau lebih. Dan tanam pada saat cuaca hangat.
  3. Memberikan pupuk dengan kandungan 2 pon pupuk nitrogen setelah 5 minggu ditanam. Kemudian pada tahun 2 berikan pupuk dengan tambahan tiga perempat pupuk nitrogen pada musim semi dan awal musim panen.
  4. Ketika memasuki masa panen, dalam waktu 2 sampai 3 bulan jangan biarkan pohon melakukan pembuahan, bantu pohon untuk membuat pohon lebih keras dan kokoh. Selain itu kamu juga harus memotong atau memangkas tunas pohon secara rutin.
  5. Untuk menjaga pohon, elimnasi tunas ditengah pohon setelah memasuki tahun ketiga. Dan pastikan untuk selalu memangkas pohon setiap tahun untuk mendorong produksi buah persik nantinya.
  6. Ketika pohon sudah memiliki jarak 5 sampai 10 inci pada cabang setelah pohon mekar sekitar 5 sampai 8 minggu kemudian, atur produksi. Karena hal tersebut dapat memastikan buah-buahan yang nantinya akan dipanen berbentuk lebih besar. Dan membantu meningkatkan ketahanan buah terhadap penyakit.
  7. Panen buah persik ketika sudah tampak matang dan besar. Bukan berarti tidak panen ketika ada warna hijau pada buah Persik. Yang penting secara keseluruhan terlihat sudah matang. Dan berhati-hati ketika panen pada buah persik yang varietas, karena mudah hancur buahnya.
  8. Tempatkanlah buah pada tepat yang dapat bertahan lama bagi buah persik. Seperti di lemari es, di buat manisan, dan bisa juga dikalengkan. Jika dilakukan hal seperti itu, buah persik akan tetap tahan dalam satu bulan.

Itulah beberapa hal mengenai cara membudidayakan buah persik. Semoga bisa bermanfaat dan mengaplikasikan ketika akan budidaya buah persik.

Tinggalkan komentar