Wisata Bukit Moko, Romantisme Bandung di Kala Senja

BUKIT MOKO – Bila kamu bertanya pada anak muda yang tinggal di Kota Bandung, di mana tempat yang paling romantis di malam hari? Mungkin hampir semua akan menjawab Bukit Moko!

Lokasi wisata ini memang memiliki pesona tersendiri. Dari tempat ini kamu bisa melihat keindahan pemandangan lampu kota ketika malam hari, jadi tidak heran bila tempat ini bisa dijadikan tempat liburan romantis bareng pasangan.

Keindahan Bukit Moko tidak hanya pada pemandangan malam hari, tetapi ketika pagi atau siang hari kamu juga bisa menyaksikan pemandangan yang sangat mempesona. Pemandangan alam perbukitan yang masih asri akan membuat kamu takjub akan keidahannya. Kamu bisa melakukan berbagai hal yang menarik di bukit ini.

Menikmati Cahaya Lampu Kota dari Atas Ketinggian Moko

Menikmati Cahaya Lampu Kota dari Atas Ketinggian Moko
bandungcity-tour.blogspot.com

Bila di akhir pekan kamu menyempatkan diri untuk berlibur ke Bandung dan merasa bosan dengan wisata kuliner dan belanja yang selalu menjadi agenda rutin di kota ini, maka Bukit Moko mungkin bisa kamu jadikan sebagai piliha terbaik.

Mengunjungi Bukit Moko akan sangat pas bila dilakukan pada malam hari, pada saat itulah kamu bisa melihat suasana Bandung di malam hari yang sangat mengagumkan. Bentuk geografis Bandung yang terlihat seperti mangkuk dari atas akan sangat terlihat elok dengan kilauan lampu-lampu beragam warna dan bentuk dari gedung dan lampu kota.

Bila beruntung kamu bisa menyaksikan taburan bintang yang sangat indah di langit malam. Bukit Moko biasanya menjadi tempat buruan bagi para fotografi yang ingin mengabadikan keindahan kota Bandung di malam hari yang penuh dengan cahaya lampu.

Menikmati Romantisme Sunset Di Bukit Moko

senja di bukit moko
Backpackerindonesia.com

Apabila kalian mencari tempat romantis di Bandung, sepertinya Bukit Moko ini bisa menjadi referensi bagus yang wajib kalian kunjungi. Bagaimana tidak, saat kita berada di ketinggian dengan pemandangan landscape kota Bandung sembari menikmati pergantian hari dengan senja yang indah tentu bisa membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat tersebut.  Belum lagi saat hari sudah mulai malam, cahaya lampu kota nampak berkilauan turut melengkapi keindahan malam di Bukit Moko.

Mengunjungi objek wisata Bukit Moko ini sepertinya akan kurang lengkap jika hanya sendiri, mungkin kalian bisa mengajak kekasih tercinta atau bisa juga bersama dengan teman-teman untuk mengisi waktu petang yang mengasyikkan. Bermain gitar di atas ketinggian bersama sahabat juga bisa menjadi acara yang menarik untuk dilakukan di Bukit Moko.

Jadi Bukit moko ini merupakan hutan pinus yang rindang dan masih nampak alami sehingga cahaya sunset pada sore hari di lokasi tersebut terlihat keemasan menerobos celah dedaunan yang menghasilkan sebuah siluet alam yang menakjubkan. Adapun cara menuju ke tempat tersebut juga tidak terlalu sulit, oleh karena itu saat sore hari Bukit Moko ini selalu ramai pengunjung.

Bermalam Di Camping Ground

bermalam di camping ground bukit moko
sarangpenyamun.wordpress.com

Nah, liburan memang tidak harus selalu menginap di hotel mewah ataupun di penginapan yang mahal. Kita bisa mencoba suasana baru menginap di Bukit Moko karena di sana juga tersedia lahan untuk berkemah atau Camping Groud.

Bukit Moko memang menjadi tempat wisata sekaligus sebagai tempat berkemah yang sangat cocok karena memiliki pemandangan yang indah pada malam hari. Terlebih lagi lokasinya yang berada di lebatnya hutan pinus dan juga berada di puncak bukit membuat kita bisa melihat pemandangan 360 derajat. Semua pemandangan kota Bandung pada malam hari bisa terlihat dengan jelas, apalagi saat kondisi hari sedang cerah.

Jadi camping di Bukit Moko ini sepertinya memang wajib  kalian coba, terlebih lagi kabarnya di Bukit Bintang salah satu bagian dari kawasan Bukit Moko akan dibangun secara khusus bumi perkemahan yang lengkap dengan segala fasilitas-fasilitasnya. Dengan begitu apabila kita berwisata sekaligus berencana menginap di sana semua akomodasi telah tersedia dengan baik.

Kalian bisa mengagendakan untuk mencoba bermalam di Bukit Moko bersama teman-teman saat liburan. Atau bisa juga mengadakan acara seru-seruan untuk camping merasakan suasana alam perbukitan yang masih asri.

Tips Bermalam Di Camping Ground Bukit Moko :

  • Jika kalian ingin bermalam dengan mendirikan tenda di Camping Ground sebaiknya juga menyiapkan peralatan masak portabel dalam tas.
  • Sebaiknya menggunakan lotion anti nyamuk saat berkemah malam hari mengingat kita sedang berada di alam bebas yang mana banyak serangga seperti nyamuk, dll.
  • Bawalah perbekalan dari rumah untuk kebutuhan di sana, meliputi kebutuhan makan, minum, pakaian ganti dan lain sebagainya.
  • Jangan lupa membawa sleeping bag agar saat berkemah tetap bisa tidur dengan nyaman.
  • Jangan lupa membawa penerangan yang cukup agar suasana malam hari bersama teman-teman kalian lebih menyenangkan.
  • Untuk mengantisipasi cuaca buruk yang tiba-tiba sebaiknya, sebaiknya mempersiapkan terpal untuk shelter daurat dan juga membawa plastik pelindung barang-barang elektronik yang sekiranya penting.

Mungkin inilah salah satu alasan mengapa Bukit Moko ini dari hari ke hari selalu ramai pengunjung terutama para kawula muda yang hendak menghabiskan waktu akhir pekan bersama teman-teman sebaya di atas bukit.

Bukit Moko dengan Warung Daweungnya

Bukit Moko dengan Warung Daweungnya
blog.reservasi.com

Berwisata ke Bukit Moko tidak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi warung Daweung. Bagi kamu yang sudah pernah ke Bukit Moko pasti sudah tahu keberadaan warung ini, karena warung Daweung ini adalah satu-satunya warung yang ada di sini. Di warung ini kamu bisa memesan aneka minuman hangat serta makanan kecil untuk mengusir rasa dingin yang menusuk tulang.

Menikmati Eksotisme Landscape Kota Bandung

pemandangan landscape bukit moko
diengadventure.com

Bandung sekarang tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata kuliner atau belanja saja, banyak objek wisata alam yang bisa dikunjungi di Bandung, sampai-sampai orang Belanda pada masa imperialisme memberinya julukan Paris Van Java yang berarti keindahan kota Bandung.

Jika anda ingin berkunjung ke Puncak Bintang bukit Moko, maka disarankan untuk mengunjunginya dimalam hari, karena pemandangan di bukit Moko akan tampak sempurna jika dilihat di malam hari. Anda dapat melihat keindahan hamparan gemerlap lampu-lampu kota Bandung dan aktivitas kota Bandung di malam hari.

Banyak para wisatawan yang sengaja datang ke bukit Moko di malam hari untuk menikmati romantisme dan eksotisme kota Bandung secara sempurna.

Dari atas bukit Moko, anda akan merasakan sensasi kota Bandung yang begitu luar biasa. Udaranya yang beriklim dingin akan menambah sensasi tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

Memang begitu indah kota yang dulu disebut sebagai Paris Van Java oleh orang-orang Belanda di masa imperialisme ini. Selain itu, Bandung juga terkenal dengan banyaknya bangunan dengan gaya arsitektur Art Deco.

Bandung juga populer dengan kecantikan Mojang Bandung yang populer dengan “Nyai-nyai” nya yang bisa disejajarkan dengan keindahan kota Paris di Perancis.

Kegiatan Fotografi di Bukit Moko

fotografi di bukit moko
Kalenderislam.info

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung dan berwisata ke banyak tempat namun tidak ada momen yang di abadikan. Sudah menjadi hal yan wajar setiap orang yang pergi berlibur atau berwisata untuk mengabadikan momen tersebut, baik dengan kamera ponsel atau kamera digital lainnya.

Bahkan banyak dari para wisatawan yang dengan sengaja pergi ke tempat wisata hanya untuk berfoto-foto saja.

Di bandung bagian selatan, lebih tepatnya di kawasan wisata ciwidey, anda dapat menemukan objek wisata alam paling populer dan menjadi favorit bagi para fatografer dalam menyalurkan hobinya, yaitu dengan membidik sudut-sudut eksotis danau alam yang disebut dengan Kawah Putih. Danau alam Kawah Putih tersebut terbentuk karena letusan gunung berapi.

Sedangkan di Lembang, ada Terminal Wisata Grafika Cikole yang bisa dijadikan sebagai setting latar untuk kegiatan fotografi anda. Terminal Wisata Grafika Cikole sangat tepat untuk mengambil momentum keindahan eksotisme dan romantisme bukit Bintang dengan kegiatan fotografi.

Seperti halnya di kawah Putih Ciwidey yang sering digunakan sebagai tempat favorit untuk pengambilan foto prewedding, maka di Terminal Grafika Cikole juga tak kalah indahnya dengan Kawah Putih di Ciwidey.

Dengan memanfaatkan moment terbaik sunsetnya di sore hari, Terminal Grafika Cikole sangat indah untuk dijadikan sebagai background pengambilan gambar atau foto prewedding.

Mengunjungi Puncak Bintang Moko

Mengunjungi Puncak Bintang Moko
plesiryuk.com

Bila sebelumnya kamu hanya menyaksikan sunset dan sunrise dari puncak Bukit Moko, di Puncak Bintang kamu juga bisa melakukan hal serupa. Tetapi pemandangan yang ditawarkan oleh Puncak Bintang lebih mempesona.

Hal ini disebabkan lokasi Puncak Bintang yang lebih tinggi dibandingkan dengan Bukit Moko sehingga kamu lebih puas menikmati pemandangan dari atas bukit tanpa terhalang oleh apapun. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Bukit Moko, hanya berjarak sekitar 300 meter.

Jalan-jalan di Hutan Pinus

Jalan-jalan di Hutan Pinus
plesiryuk.com

Di puncak tertinggi dari Bukit Moko ini kamu bisa menikmati area hutan pinus yang cukup bersih dan tertata dengan rapi.  Selain itu di kawasan ini kamu bisa camping dengan fasilitas yang cukup lengkap. Di kawasan ini kamu juga bisa menikmati keindahan area patahan lembang dengan hiking menembus hutan pinus kurang lebih 2 KM.

Pemandangan Alam di Siang Hari di Bukit Moko

Pemandangan Alam di Siang Hari di Bukit Moko
liburmulu.com

Bagi kamu yang suka dengan fotografi bisa juga datang pada siang hari. Banyak sekali tempat-tempat di Bukit Moko yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Hijaunya dedaunan dikombinasikan dengan langit biru dan latar belakang pegunungan merupakan obyek romantis yang tercipta dalam jepretan kamera. Dan suasana seperti ini hanya terjadi di wilayah perbukitan Moko di Bandung.

Hiking di Hutan Pinus Bukit Moko

hiking di bukit moko
outsideonline.com

Bukit Moko adalah sebuah kawasan wisata hutan pinus yang sangat lebat, indah dan alami di Bandung. Bukit ini merupakan puncak tertinggi di Bandung dengan tinggi sekitar 1500 dpl (di atas permukaan laut).

Anda dapat menikmati wisata alam khas dataran tinggi Bandung, Bukit Moko dengan cara jalan-jalan atau hiking. Harga tiket masuknya adalah 5 ribu rupiah per orang. Jika kalian ingin mengadakan syuting film, membuat video clip atau acara di sini maka biaya yang harus dikeluarkan adalah 200 ribu rupiah ke atas.

Untuk hiking, pihak pengelola telah menyediakan jalanan yang dapat anda telusuri yang di sepanjang jalan tersebut, anda bisa menikmati keindahan alam dan suasana yang istimewa di mana terdapat banyak pohon pinus tinggi yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan.

Anda dapat menikmati area pinus yang bersih dan tertara dengan suhu kawasan hutan yang sejuk dan terbebas dari polusi. Menghirup udara di area ini dapat menyehatkan tubuh karena udara bersih bebas polusi.

Saat hiking di Bukit Moko, anda juga bisa melihat langsung bagian wilayah bersejarah Bandung Purba dan titik di mana diprediksi oleh ahli dari Amerika akan menjadi awal kehancuran Kota Bandung pada masa mendatang dengan menyusuri areal Patahan Lembang dengan berjalan menembus hutan pinus yang lebat dengan jarak 2 km.

Fasilitas yang Ada di Bukit Moko

fasilitas di bukit moko bukit bintang
rjsyahrulloh.blogspot.com
  • Mushola. Untuk anda yang beragama Muslim, jangan khawatir tidak bisa menunaikan kewajiban shalat 5 waktu saat berwisata ke Bukit Moko karena di sini telah disediakan mushola
  • Toilet. Fasilitas wajib yang harus ada di setiap tempat wisata yang biasanya sangat dibutuhkan untuk memenuhi panggilan alam para pengunjung. Toilet di Bukit Moko ini cukup bersih sehingga anda dapat memenuhi panggilan alam tersebut dengan cukup nyaman.
  • Track Hiking. Tidak perlu lagi takut tersesat saat jalan-jalan di sini karena pihak pengelola telah menyediakan track hiking yang bisa anda manfaatkan untuk menikmati keindahan alam hutan pinus di Bukit Moko. Anda tinggal mengikuti track yang sudah ada.
  • Tempat istirahat. Bagi anda yang mengalami kelelahan saat jalan-jalan di Bukit Moko, anda dapat beristirahat sejenak di tempat istirahat yang telah disediakan oleh pihak pengelola
  • Camping Ground. Tempat untuk camping yang wajib anda coba saat berkunjung ke Bukit Moko. Tempat ini cukup representatif lokasinya plus areal api unggunnya dan menjadi daya tarik utama di sini. Untuk menikmati camping ground ini, anda harus mengeluarkan biaya yang pastinya terjangkau.
  • Warung Lesehan. Bagi anda yang melakukan suatu perjalanan pastinya akan merasakan yang namanya lapar. Di sini sudah tersedia sejumlah warung lesehan untuk memenuhi keperluan makan dan minum anda dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan begitu perut anda bisa penuh tanpa takut dompet anda menjadi kosong.
  • Parkir. Anda dapat memarkirkan kendaraan anda di tempat parkir yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi untuk menentukan posisi parkir kendaraan anda.

Itu dia fasilitas-fasilitas yang bisa anda temukan di Bukit Moko sehingga berwisata bersama keluarga atau teman menjadi lebih nyaman.

Tips Mengunjungi Bukit Moko

Tips Berwisata ke Bukit Moko
ytimg.com

Bila kamu ingin mengunjungi Bukit Moko dalam waktu dekat, berikut ada beberapa tips agar liburan kamu makin menyenangkan.

  • Lokasi Bukit Moko tidak dilewati oleh jalur angkutan umum, jadi kamu harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya untuk sampai di atas Bukit Moko.
  • Sebelum berangkat cobalah cari sumber referensi jalur yang akan dilewati, sehingga kamu bisa mepersiapkan kendaraan yang akan digunakan untuk sampai di atas . Jangan sampai kamu menggunakan kendaraan dalam kondisi jelek karena medan yang dilalui adalah tanjakan curam.
  • Kunjungi Bukit Moko ketika cuaca dalam keadaan cerah, dengan waktu kunjungan ketika matahari tenggelam sampai terbit keesokan harinya. Karena di kedua momen itulah kamu bisa melihat pemandangan dari atas bukit yang sangat indah.
  • Persiapkan baju hangatmu. Jangan pergi mengunjungi Bukit Moko tanpa menggunakan baju hangat. Mungkin terkesan sepele, tapi justru berada wilayah pegunungan yang tinggi maka hawa dan udaranya serta angin yang berhembus bisa membuatmu kedinginan dan sakit. Oleh karena itu persiapkan baju hangat dengan sebaik-baiknya. Udara di area ini terkadang bisa mencapai 15 derajat, cukup untuk membuatmu kedinginan.

Rute Ke Bukti Moko

rute ke bukit moko
lipis-zaini.blogspot.com

Bukit Momo memiliki ketinggian sekitar 1500-1700 meter di atas permukaan laut, terletak di Kampung Buntis, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Dengan koordinat Google Map adalah -6.842174,107.676612.

Untuk megunjungi bukit indah ini, kalian dapat memilih 3 pilihan jalan, yaitu melewati Bojong Koneng, Cimuncang, dan Padasuka. Ketiga jalur ini memiliki karakteristik dan kesulitan masing-masing. Jika kalian melewati Bojong Koneng, jalur ini tergolong cukup menantang karena banyak terdapat tanjakan dan turunan, namun dari segi jarak, jalur ini merupakan jalur yang paling dekat dan cepat untuk sampai ke tujuan.

Selain itu adalah jalur Cimuncang. Jalur ini masih dibilang belum memenuhi standar karena kondisi jalan masih dipenuhi bebatuan dan banyak sekali kelokan kelokan tajam, sehingga jalur ini tidak direkomendasikan dan jarang digunakan.

Yang terakhir adalah jalur Padasuka. Jalur ini merupakan jalur yang biasa dipakai oleh para pengunjung untuk mencapai bukit moko. Jalur ini sangat bersahabat yang mana sering dan dapat dengan mudah dilewati oleh kendaraan mulai dari motor, mobil, ojek, angkot, hingga pejalan kaki.

Jarak dari pusat kota bandung tidak terlau jauh, hanya sekitar 30 KM. Kalian tidak perlu bermalam karena dapat ditempuh dengan dengan mudah dengan kedaraan. Transportasi yang biasa digunakan adalah sepeda motor karena lebih fleksibel dan mudah.

Kalian harus sudah terbiasa melewati melewati jalan jalan terjal jika ingin berkendara sendiri, karen jalur yang tersedia menanjak, tajam dan menikung. Jika tidak dapat berkendara sendiri, kalian dapat menyewa ojek atau kendaraan umum lainnya disekitar sana.

Adapun untuk mencapai bukit tersebut, direkomedasikan kalian  harus masuk lewat jalan Padasuka. Karna jalur ini lenih aman dan nyaman. Pada jalan Padasuka terdapat juga sebuah area wisata yang cukup terkenal yaitu, Saung Angklung Udjo. Dari tempat tersebut, kemudian telusuri jalan hingga menemukan Polsek Cimenyan di sekitar KM 4 – 5.

Setelah itu kalian akan menemukan gerbang batas Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Kalian akan melewati sebuah villa yang menandakan bahwa Anda sudah berada di KM 8.

Mulai dari tempat tersebut kalian akan melihat sebuah tanjakan yang memiliki tikungan cukup tajam yang tidak memiliki pembatas. Pastikan untuk  ekstra hati – hati ketika akan melewati jalan tersebut. Pastikan juga motor anda telah dalam kondisi yag baik, karena sering kali banyak motor yang mogok di jalur ini.

Setelah melewati jalur yang menantang tadi, kalian akan bertemu Dapur Catil. Dari Dapur Catil kalian  akan melewati tiga gapura sebelum menuju Bukit Moko. Jalur di awal gapura sangat mulus, namun di gapura ketiga, jalan akan sangat berbatu. Selanjutnya kalian akan menemukan daerah Batu Lonceng. Ketika menemukan daerah Batu Lonceng, itu adalah pertanda  sudah sangat dekat dengan bukit moko.

Sesampainya dibukit moko kalian akan disambut dengan berbagai macam warung dan faslitas menarik yang tersedia seperti lounge di warung daweung, lapangan api unggun, camping field, bangku untuk bersantai, dan yang pasti keindahan luar biasa yang terhampar di depan mata.

Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota bandung, tidak ada salahnya bagi kalian yang ingin merasakan indahnya kota bandung dari atas bukit beserta suasana alam yang indah nan asri. Tempat wisata ini juga dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan.

lokasi bukit moko
ridwanderful.wordpress.com

Harga Tiket Masuk Bukit Moko

  • Untuk tiket masuk ke bukit Bintang kawasan wisata Puncak dikenai biaya sebesar Rp. 8.000 untuk satu orang.
  • Sedangkan untuk tiket masuk ke warung Daweung Moko dikenai biaya Rp. 10.000 untuk satu orang.

Alamat Bukit Moko

  • Alamat objek wisata alam bukit Moko terletak di kampung Buntis Bongkar, desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Prov. Jawa Barat.

Jam Buka Bukit Moko

  • Bukit Moko buka Setiap Hari (Senin – Minggu, 24 jam)

Jadi jika kalian yang saat ini masih bingung menentukan tempat wisata akhir pekan, dengan membaca beberapa rekomendasi di atas sepertinya Bukit Moko bisa menjadi alternatif pilihan yang paling tepat. Apalagi wisata tersebut lokasinya sangat terjangkau begitu juga dengan harga tiket masuk yang telah di tetapkan. Liburan murah dan mengesankan bisa kalian dapatkan di Bukit Moko ini.

Tinggalkan komentar