7 Hal Tentang Indonesia yang Mengesankan bagi Para Bule

Menurut sebagian warga negara asing (WNA, atau biasa kita sebut dengan “bule”) yang berasal dari Eropa, Indonesia seringkali memberikan kejutan buat mereka. Bagi mereka, negara kita ini punya hal-hal baru yang menambah wawasan mereka, dengan kata lain, hal tersebut tidak ada di negara mereka berasal.┬áPenasaran apa aja hal tersebut? Berikut ini diantaranya.

 

Bangun Gara-gara Adzan Subuh

lolwot.com
lolwot.com

Buat para bule, terutama para mahasiswa asing yang kuliah di Indonesia, seruan adzan di pagi buta sangat mengagetkan mereka. Apalagi mereka yang tinggal di dekat masjid.

Nggak heran sih, karena mereka sebelumnya memang tinggal di negara yang (mungkin) jumlah muslimnya sedikit, jadi belum pernah dengar bunyi adzan secara langsung, apalagi menggunakan speaker di pagi buta. Tapi nggak semua kok.

Menurut Zuzana Lhotova, seorang mahasiswi asal Ceko yang lagi belajar di Jogja, ia pertama kali mendengar adzan waktu dia jalan-jalan ke Maroko. Sejak saat itu, ia merasakan bahwa adzan sangat terasa spiritual dan eksotis.

Jadi Artis Dadakan

youtube.com

Bule-bule alias wisatawan asing (dari negara manapun) pasti akan sukses menarik perhatian masyarakat kita, dari yang masih kecil sampai yang udah ubanan. Barangkali, karena kita-kita ini jarang ketemu dengan orang asing ya.

Yang unik lagi, masyarakat biasanya akan berusaha menyapa mereka dengan semampunya. Ada yang cuma senyum, karena bingung mau ngomong apa. Ada yang lambaian tangan sampai ada yang berusaha manggil “Mister, mister!”. Udah kaya artis aja. Tapi, untuk yang ini nggak berlaku buat warga Bali. Karena mereka udah sering ketemu bule, jadi udah nggak asing┬álagi dengan yang namanya bule.

Kepedesan sama Masakan Khas Indonesia

Penyajian makanan padang
commons.wikimedia.org

Sebagaimana yang juga kita tahu, masakan Indonesia itu beragam banget. Ada masakan khas Jogja yang cita rasanya lebih kemanis-manisan sampai masakan Padang yang hampir nggak terlepas dari yang namanya santan dan cabai.

Biasanya, ketika mereka nyoba makanan-makanan manis itu, mereka bakal ketagihan. Tapi, ketika udah nyoba makanan yang pakai sambal, kebanyakan bule akan kewalahan, walaupun nantinya banyak juga yang ketagihan. Hehe.

“Nggak Pakai Gula” Adalah Kata yang Wajib Dihafal

Gula
kolotv.com

Belum beralih ke lain topik, bagi para mahasiswa bule yang baru belajar di Indonesia, kata “nggak pakai gula/tawar” adalah kata yang harus selalu diingat. Karena, rata-rata minuman yang dijual di warung-warung makan kita, baik itu es teh, es jeruk, jus buah dan selainnya, bagi mereka terlalu manis. Mereka kadang nggak biasa mengonsumsi gula sebanyak itu.

Norak Ketika Melihat Cicak di Dinding Rumah

julieinbali.wordpress.com

Tinggal di negara tropis, Indonesia, membuat mereka kerap menemukan binatang-binatang tropis yang belum pernah dilihat langsung di negara mereka. Contoh mudahnya cicak dan tokek, binatang yang sering kita temui di atap rumah kita. Dan ini menjadi tontonan yang menarik bagi mereka. Norak, ya.

Kaget dengan Lalu Lintas di Indonesia

corelita.com
corelita.com

Aktifitas jalanan di Indonesia cukup banyak berbeda dengan negara-negara eropa dan ini membuat mereka agak kaget dan canggung. Mulai dari cara mengendarai kendaraan yang harus melalui lajur kiri, banyaknya kendaraan roda dua di jalanan umum dan warung-warung serta tempat tambal ban yang banyak berada di trotoar jalan raya.

Jadi Orang Kaya Mendadak

ummi-online.com
ummi-online.com

Nilai rupiah kita yang, apabila dibandingkan negara-negara eropa, sangat lemah ini bisa membuat turis-turis asal eropa menjadi orang kaya mendadak.

Bagaimana tidak, rata-rata upah minimum di sana adalah senilai USD 3000, yang bila dikonversi ke nilai rupiah sekarang (kurs 1 USD = 13.625) bisa mencapai Rp 40.000.000. Ditambah lagi dengan murahnya harga barang-barang di Indonesia, membuat mereka semakin terasa kaya raya.