Tanpa Bumbu-bumbu Ini Kita Tak Akan Menemukan Masakan Lezat yang Terhidang di Meja Makan

Apa rasanya ya kalau masakan cuma dikasih garam sama gula saja? Kira-kira kita bisa menemukan masakan selezat yang kita temui sekarang nggak? Pastinya rasanya nggak akan jauh-jauh dari rasa manis dan asin saja. Bahkan kalau kita campur keduanya, maka kita tidak ubahnya seperti makan oralit setiap hari.

Jadi beruntung sekali kita diberi aneka macam bumbu dan rempah-rempah oleh Allah. Dengan adanya bumbu dan rempah-rempah ini, maka cita rasa yang kita dapatkan saat kita makan bervariasi. Dan kita tidak hanya merasakan asin dan manis saja, tapi lebih dari itu.

Dengan begitu pentingnya peran bumbu dalam menciptakan kelezatan masakan, inilah sebabnya kita perlu mengenal bumbu-bumbu yang selama ini membuat kita selalu selera makan. Bumbu-bumbu yang biasa dipakai di masakan kita terdiri dari apa saja sih? Daripada penasaran, langsung kita lihat bersama saja yuk!

Bawang Merah dan Bawang Putih

flickr.com

Inilah dua bumbu yang selalu dipakai untuk memasak. Kedua bumbu ini, yaitu bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu kunci dari kelezatan dan keharuman masakan. Selain itu, kedua bumbu ini pun baik untuk kesehatan tubuh. Misalnya saja bawang putih yang kaya dengan anti oksidan, begitupula dengan bawang merah yang terkadang digunakan untuk membalur punggung anak yang sedang sakit.

Secara spesifik, kira-kira makanan apa saja yang membutuhkan bawang merah dan bawang putih? Dengan menggunakan bawang putih dan bawang merah, kita bisa memasak nasi goreng, capcay, tumis sayuran, pepes ikan, semur ayam dan masakan lezat lainnya.

Cabe

disperindag.depok.go.id

Masakan tanpa bumbu yang satu ini tentunya akan terasa kurang, apalagi bagi para pencinta pedas. Untuk mereka yang suka pedas, makan masakan yang tidak menggunakan cabe itu sama saja rasanya seperti makan sayur tanpa garam.

Penggunaan cabe pada masakanĀ  pada akhirnya disesuaikan dengan selera, jika sebagian besar orang rumah nggak suka pedas, maka kita bisa menghilangkan keberadaan cabe ini dalam setiap masakan yang kamu masak.

Merica

tokopedia.com

Baik itu makanan Indonesia atau pun makanan yang berasal dari barat, banyak yang menggunakan merica sebagai salah satu bumbu masakannya. Keberadaan merica di tengah-tengah kita membuat setiap makanan yang kita masak terasa hangatnya.

Tapi jangan sekali-kali kebanyakan memberikan merica pada masakan ya? Soalnya rasa getir akan menjalari makanan kamu. Makanan yang seharusnya terasa hangat dan lezat di mulut, berubah menjadi suguhan yang mengerikan kalau kita tambahkan merica berlebihan.

Jahe

gelangpratama .com

Kalau kamu masak makanan yang berbau amis, maka kamu bisa tambahkan jahe ke dalam masakan. Penambahan jahe ini, biasanya dilakukan untuk meminimalisir rasa amis yang berlebihan pada masakan. Contohnya saja saat membuat sop daging.

Kunyit dan Lengkuas

anugerahquran.com

Dua bumbu masak ini, biasanya bisa kita beli sepaket di pasar. Kita cukup bilang ingin membeli bumbu dapur, maka kunyit dan lengkuas akan diberikan kepada kita beserta bumbu lainnya. Kunyit pada makanan salah satu fungsinya adalah memberi warna sedangkan lengkuas lebih kepada bumbu pelengkap yang membuat masakan akan terasa lezatnya.

Tinggalkan komentar