8 Tempat yang Bisa Kamu Kunjungi untuk Menikmati Keindahan Bunga Edelweis

Indonesia kaya akan berbagai jenis flora. Salah satu yang menjadi favorit adalah bunga edelweis. Bunga yang masuk dalam family bunga matahari ini memiliki warna putih yang sangat cantik. Bunga ini disebut juga bunga gunung karena habitat aslinya adalah di pegunungan.

Lihat juga: 10 Bunga Ini Memiliki Keindahan yang Tidak Biasa

Di Indonesia, edelweis kadang juga disebut bunga senduro. Bunga edelweis banyak ditemukan di pegunungan indonesia. Ingin melihat bunga cantik ini? berikut ini adalah 8 tempat terbaik untuk menikmati kecantikan bunga edelweis.

 

Padang Sabana, Gunung Merbabu

iqbaldw.wordpress.com
iqbaldw.wordpress.com

Provinsi Jawa Tengah memiliki salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki yaitu gunung merbabu. Gunung ini masuk ke dalam 3 wilayah kabupaten, yaitu Magelang, Salatiga, dan Boyolali.

Untuk mendaki Gunung Merbabu, kamu bisa menggunakan 3 jalur, yaitu jalur wekas di Magelang, jalur Cunthel di Salatiga, dan jalur Selo di Boyolali. Dari ketiga jalur pendakian tadi, salah satu yang menjadi favorit adalah jalur selo.

Ketika melalui jalur selo, kamu akan melewati 2 pada sabana yang juga biasanya digunakan untuk tempat beristirahat. Di Padang Sabana ini kamu bisa menemukan banyak bunga edelweis yang berada di antara rerumputan hijau. Sambil beristirahat, kamu bisa menyegarkan pikiran dengan keindahan bunga ini.

Tegal Alun, Gunung Papandayan

www.wiranurmansyah.com
www.wiranurmansyah.com

Untuk area wilayah Jawa Barat, gunung yang menjadi favorit para pendaki adalah Gunung Papandayan. Salah satu tempat favorit ketika mendaki di gunung ini adalah Tegal Alun. Gunung yang masuk wilayah kabupaten Garut ini menyajikan keindahan edelweis ketika kamu melewati wilayah Tegal Alun.

Tegal Alun adalah sebuah area yang lapang yang banyak ditumbuhi bunga edelweis. Kamu tidak boleh mendirikan tenda disini, namun tempat ini cocok bagi kamu untuk mengabadikan momen atau mengambil gambar bunga edelweis yang cantik.

Kalimati, Gunung Semeru

sayasukamain.wordpress.com
sayasukamain.wordpress.com

Gunung ini adalah salah satu gunung yang wajib ditaklukan oleh para pendaki. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki keistimewaan tersendiri. Gunung ini masuk ke area Pegunungan Tengger, setelah mendaki gunung ini kamu bisa segera mampir ke Gunung Semeru karena memang berdekatan.

Selain ketinggianya, Gunung Semeru juga menawarkan keindahan alam menarik yang memikat para pendaki. Ranu kumbolo yang merupakan sebuah danau yang indah, oro-oro ombo menawarkan keindahan bunga lavender, dan kalimati yang menawarkan keindahan bunga edelweis.

Alun-Alun Suryakencana, Gunung Gede

indonesianbackpackers.com
indonesianbackpackers.com

Selain Gunung Papandayan, Gunung Gede juga menjadi favorit para pendaki asal Jawa Barat. Alun-Alun kencana adalah sebuah tanah lapang yang berada di area Gunung Gede.

Alun-Alun Suryakencana berada di ketinggian 2.750 dibawah permukaan laut. Salah satu daya tarik tempat ini adalah adanya bunga edelweis yang banyak tersebar di area ini. Area ini luasnya sekitar 50 hektare sehingga kamu bisa puas jalan-jalan melihat keindahan bunga edelweis.

Lembah Mandalawangi, Gunung Pangrango

www.lenteratimur.com
www.lenteratimur.com

Jawa Barat kembali menawarkan wisata keindahan alamnya. Gunung Pangrango memiliki lembah yang indah bernama Mandalawangi. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan bunga edelweis yang berada di antara rerumputan dan tanaman lain.

Gunung Lawu

cadventura.com
cadventura.com

Di Gunung Lawu, kamu tidak bisa menemui bunga ini sepanjang perjalanan. Bunga edelweis khas Gunung Lawu berwarna merah muda keungu-unguan. Edelweis jenis ini jarang ditemui di tempat lain, yang memang menjadi ciri khas gunung lawu.

Puncak Gunung Ciremai

empinvina.wordpress.com
empinvina.wordpress.com

Edelweis banyak terdapat di daerah tinggi, namun di Gunung Ciremai, kamu bisa menemukan bunga ini tepat di puncak gunungnya.

Ketika kamu mendaki, begitu kamu sampai puncak, seolah-olah semua perjuangan yang kamu lakukan terbayar dengan keindahan bunga ini.

Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani

indahnya-ibupertiwi.blogspot.com
indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Di luar Pulau Jawa, selain Puncak Jaya Wijaya, Gunung Rinjani adalah salah satu favorit para pendaki gunung. Selain Gunung Semeru dengan ranu kumbolonya, Gunung Rinjani juga memiliki segara anak yang merupakan danau dengan pulau kecil di tengahnya.

Selain segara anak, kamu bisa menikmati plawangan sembalun yang merupakan sebuah lembah dimana kumpulan bunga edelweis berada.

Tinggalkan komentar