6 Jenis Bunga Melati yang Paling Populer Ditanam di Dunia

Bentuk bunga ini kecil, warnanya kebanyakan putih, ada yang berwarna, baunya harum. Kira-kira bunga apakah itu? Pasti masih bingung, tapi ada ciri lainnya, yakni bunga ini digunakan sebagai campuran teh.
Pasti sudah tahu dari gambar bunga di atas, kan? Ya, bunga melati. Namun tahukah kamu jenis bunga melati yang paling populer ditanam di seluruh dunia? Kalau belum, berikut adalah jenis-jenisnya.

Melati Putih

bunga-melati (robyhamdani4432.blogspot.com)
robyhamdani4432.blogspot.com

Jenis melati ini sangat banyak ditanam dan memiliki penggemar tersendiri. Wajar saja, sebab melati berjenis satu ini selain ukurannya yang mungil juga memiliki bau yang harum. Oleh karena itu tidak heran jika bunganya juga dipakai sebagai campuran teh.

Bunga melati putih memiliki pohon yang tumbuh rendah dan cenderung menjalar. Sehingga dalam membiakkannya cukup dengan metode tanam merunduk. Melati putih biasanya mekar bersamaan saat musim hujan.

Melati Bintang

Jasminum-Multiflorum (gardenoftomorrow.com)
gardenoftomorrow.com

Melati yang satu ini diberi nama sesuai dengan bentuk mahkotanya. Lihat saja bentuknya yang mirip dengan bintang yang sedang bersinar. Warna putihnya seperti cahaya bintang di atas lagit malam.

Khusus untuk jenis melati yang satu ini hanya diperuntukkan sebagai hiasan saja. Sehngga tidak seperti melati putih yang bisa dipakai sebagai campuran teh. Melati bintang tumbuh dengan batang yang kuat dan dapat berkembang sampai besar.

Melati Gambir

Bonine-Inverleith (www.pacifichorticulture.org)
www.pacifichorticulture.org

Melati gambir sekilas sangat mirip dengan bunga kamboja putih, namun sebenarnya jauh berbeda. Diihat dari pohonnya saja sudah beda, apalagi dari daunnya. Namun memang kalau dilihat dari bunganya mungkin akan terlihat sama dari kejauhan.

Melati gambir punya bau yang harum serta pohon yang lebat. Setiap pucuknya tumbuh bunga yang berukuran cukup besar. Biasanya jenis ini ditanam sebagai tanaman hias bunga untuk halaman dan taman. Jarang yang ditaruh di pot atau vas, karena ukurannya yang bisa besar.

Melati Raja

Jasminum rex (www.conservatoryofflowers.org)
www.conservatoryofflowers.org

Jenis yang satu ini adalah jenis terbesar dari keluarga melati. Bunganya bisa tumbuh dalam ukuran yang besar dan sangat penuh dengan mahkota. Sehingga dinamakan sebagai melati raja karena mahkota bunganya yang banyak itu.

Pohon dari melati raja dapat tumbuh besar dan merimbun. Sehingga hanya cocok jika ditanam di lahan luas. Meski ukurannya sangat besar, melati raja punya bau harum dan warna yang cantik. Sehingga sangat sayang jika tidak menanamnya di halaman rumah.

Melati Jepang

Melati-Jepang (tukangtaman123.blogspot.com)
tukangtaman123.blogspot.com

Melati yang satu ini juga salah satu favorit dari sekian banyak keluarga melati. Melati jepang punya pohon yang tergolong kecil dan bunga yang berukuran hampir sama dengan melati putih. Namun ada yang berbeda dari melati jenis ini. Perbedaan itu terletak di warna bunganya yang berwarna putih denga bagian ungu di tengahnya.

Meskipun warnanya cantik dan menggemaskan, namun baunya tidak begitu muncul. Sehingga sangat jarang orang tertarik pada baunya dibandingkan warnanya. Biasannya jeis yang satu ini ditanam di dalam pot atau vas bunga. Bisa ditaruh di luar atau di dalam ruangan yang terkena cahaya.

BACA JUGA: 23 Bunga yang Cantik Ini Menjadi Bunga Nasional di Berbagai Negara

Melati Kuning

Jasminum_odoratissimum (wikimedia.org)
wikimedia.org

Bunga melati yang satu ini sangat mirip dengan melati putih, hanya saja warnanya kuning. Baunya tidak begitu muncul namun warnanya cukup eksotis. Pohonnya juga kokoh dan dapat tumbuh rimbun.

Khusus untuk jenis bunga yang satu ini bisa ditanam baik di lahan luas maupun di dalam pot atau vas. Sehingga memungkinkan untuk ditaruh dimana saja sesuai kehendak kita. Namun pastikan juga rutin untuk mendapatkan cahaya matahari agar dapat berfotosintesis.

 

Satu pemikiran pada “6 Jenis Bunga Melati yang Paling Populer Ditanam di Dunia”

Tinggalkan komentar