Inilah 7 Busana Pengantin Tradisional yang Bikin Pernikahanmu Lebih Bermakna

Pernikahan menjadi salah satu momen paling berharga dalam kehidupan seseorang. Ketika menjelang pernikahan, seseorang pasti akan mempersiapkannya dengan sebaik mungkin. Para calon pengantin berharap pernikahannya benar-benar spesial dan indah.

Mulai dari makanan, tempat resepsi, tamu undangan, susunan cara sampai dengan pakaian, kamu pasti ingin yang terbaik. Nah, khusus untuk pakaian pengantin, kamu bisa memilih salah satu dari busana berikut ini.

Busana pengantin ini dapat kamu gunakan untuk kamu yang membuat konsep pernikahan secara tradisional menurut adat masing-masing. Sungguh unik dan menyenangkan jika kamu bisa memakai ada tradisional di tengah derasnya arus modernisasi.

Seperti apa penampakan terbaik busana pengantin tradsionalnya, cekidot!

Paes Ageng dan Yogya Kanigaran

primerawedding.com

Kostum yang satu ini memang tidak ada matinya. Peminat kostum pengantin tradisional Paes Ageng dan Yogya Kanigaran tidak hanya dari kalangan rakyat Yogyakarta, tetapi juga sebagian masyarakat Jawa.

Rancangan busananya yang santun dan nampak sakral sehingga banyak yang menyukai penampilannya. Apalagi ditambah upacara adat dalam pernikahan Jawa, tentunya suasana pernikahan menjadi makin sakral dan agung bak putri raja.

Busana Pengantin Solo

gsumariyono.wordpress.com

Jarik selalu menjadi ciri khas pengantin Solo. Sampai saat ini, budaya tersebut masih dilestarikan. Terlebih lagi Solo merupakan kawasan Kerajaan Jawa, adat istiadat semakin dipertahankan.

Busana pengantin Solo dan Yogyakarta nyaris sama. Perbedaannya terletak pada lukisan di dahi. Untuk pengantin Solo, lukisan di dahi lebih menyerupai kurva, sedangkan lukisan dahi pada pengantin Yogya nampak lebih runcing.

Adat pengantin Solo selalu disertai upacara adat yang sakral. Orang-orang mengenalnya dengan sebutan Solo Basahan.

Busana Pengantin Bali

mjsalonkds.blogspot.com

Pengantin Bali terkenal dengan keanggunan dan kegagahannya yang elegan di dalam balutan busana pengantin khas Bali. Pemakaian busana pengantin khas Bali juga disertai prosesi adatnya yang amat kental.

Hanya saja, busana pengantin Bali telah mendapatkan sedikit sentuhan modern. Namun, secara performa, busana pengantin Bali tetap sarat dengan adat istiadat setempat.

Aura Dari Busana Pengantin Sunda

mindopratama.wordpress.com

Orang Sunda terkenal dengan kelembutan hati dan kecantikan para wanitanya. Ternyata, karakter tersebut melekat pula pada balutan busana pengantin khas Sunda. Siapapun dapat melihat dengan jelas aura luar biasa yang terpancar dari busananya.

Meski berbeda suku bangsa, namun agaknya busana pengantin Sunda masih dipengaruhi budaya Jawa. Pasalnya, suku ini tinggal di daratan yang sama dengan Suku Jawa.

Busana Pengantin Khas Madura

snowfrogpunyacerita.blogspot.com

Keberanian dan ketegasan terpancar dari busana pengantin khas Madura. Warna merah dan hitam selalu menjadi ciri khas Suku Madura. Meskipun demikian, busana pengantin Madura terlihat eksotis dan menawan.

Busana Pengantin Ala Betawi

sewabusanabetawi.blogspot.com

Uniknya orang Betawi tercermin dari rancangan busana pengantinnya. Dengan dominasi warna merah, busana pengantin ini mengisyaratkan kreativitas yang tinggi dari Suku Betawi.

Kreativitas tinggi tersebut terbukti dengan lahirnya seniman-seniman besar dari Suku Betawi asli. Memang benar kata pepatah, busana mencerminkan siapa pemakainya. Begitu pula dengan desain busana pengantin Betawi ini.

Mewahnya Busana Pengantin Padang

trendbajupengantin.com

Pernah melihat pengantin wanita dengan mahkota berat dan berkilauan di kepalanya? Yap, itulah pengantin Padang. Nama penghias kepala pengantin wanita tersebut dinamakan Suntiang.

Warna busana pengantin Padang tidak hanya satu saja, melainkan lebih dari satu warna cerah. Kalau kamu ingin mengenakan busana ini, kamu bisa memilih warna emas, hijau, biru atau ungu. Tapi, bersiaplah untuk memakai Suntiang yang unik dan mewah.

Itulah beberapa pilihan busana tradisional yang melambangkan kekayaan budaya Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar