Cairan Pembersih Radiator, Kebutuhan Wajib Bagi Setiap Pemilik Kendaraan Beroda Empat

Berlibur di akhir pekan bersama dengan keluarga memang terasa begitu menyenangkan, apalagi kalau kita bisa menggunakan mobil pribadi, atau mobil kesayangan saat perjalanan menuju lokasi wisata.

Tapi hati-hati, rencana untuk berlibur di akhir pekan bisa jadi gagal dan berubah jadi sesuatu yang tidak menyenangkan, saat mobil kesayangan Anda tiba-tiba mati di tengah perjalanan, mogok atau istilah lainnya adalah overheating.

Rencana-rencana kegiatan liburan yang sudah dibuat dengan matang, akan jadi berantakan dan berujung pada kekecewaan para anggota keluarga karena tidak tersampainya tujuan untuk berlibur.

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami kejadian di atas. Pastikan selalu kondisi mesin dalam performa yang baik, dan jangan lupa juga untuk memastikan cairan pendingin radiator tetap pada kualitas baik, agar mesin tidak mengalami overheating saat Anda tengah menuju perjalanan.

Hal ini penting, karena disaat kita menempuh perjalanan jauh dengan jalan-jalan yang rawan kemacetan, maka mesin mobil akan lebih mudah memanas. Tanpa adanya performa baik dari radiator tentulah bisa menyebabkan panas berlebih (overheating) yang tidak bisa distabilkan, sehingga mobil akan jauh lebih rentan untuk mogok.

Penting Juga Untuk Memastikan Radiator Bersih dari Debu dan Kerak

Contoh Radiator yang Kondisinya Bersih.| Pict by. www.indoforum.top
Contoh Radiator yang Kondisinya Bersih.| Pict by. www.indoforum.top

Berbicara mengenai radiator, ternyata tidak cukup hanya dengan memastikan cairan pendingin radiator. Tapi kita juga perlu untuk memastikan tidak ada sumbatan-sumbatan kotoran pada radiator, sehingga fungsi dari cairan dan radiator dalam menstabilkan panas dapat maksimal.

Penyumabatan ini biasanya terjadi karena debu-debu yang berasal dari luar. Debu-debu itu terbawa masuk kedalam radiator melalui endapan yang mungkin terbawa oleh cairan pendingin.

Nah, kumpulan dari debu-debu itulah yang kemudian mengendap pada radiator dan menjadi kerak, sehingga alur atau sirukulasi pendinginan mesin tidak berjalan lancar.

Kerak-kerak pada radiator mobil sangat perlu untuk dibersihkan karena walaupun cairan pendingin radiator yang kita gunakan masih dalam kondisi baik, hal itu bisa jadi tidak berpengaruh besar kalau terjadi penyumbatan pada radiator mobil Anda.

Itulah alasan mengapa penting untuk tetap menjaga kebersihan radiator secara berkala, baik dari cairan pendinginnya maupun dari radiator itu sendiri.

Bagaimana Cara Membersihkan Radiator yang Sudah Terlanjur Berkerak?

Untuk membersihkan radiator yang sudah berkerak cukup mudah, Anda hanya membutuhkan cairan pembersih khusus radiator. Kemudian membersihkan radiator dengan cairan pembersih dan sikat.

Cairan khusus pembersih radiator dapat Anda temui dengan mudah pada bengkel-bengkel mobil yang ada, atau bahkan bengkel mobil langganan Anda sendiri menyediakannya.

Demikianlah ulasan Penulis mengenai pentingnya cairan pembersih radiator, yang merupakan kebutuhan wajib bagi Anda para pemilik kendaraan beroda empat

Anda bisa berkomentar pada kolom bawah artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar