Candi Gedong Songo Semarang, Candi Indah yang Sempat Hilang

Candi Gedong Songo merupakan candi yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi Gedong Songo didirikan pada abad ke-9 Masehi.

Kata Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa yang bermakna Gedong adalah bangunan atau rumah sedangkan Songo adalah sembilan. Jadi makna Gedong Songo adalah sembilan bangunan.

Hal yang berkesan di lereng Gunung Ungaran ini adalah memiliki pemandangan yang sungguh indah yang disajikan dengan hutan pinus yang tertata rapi dan mata air yang mengandung belerang.

Sesekali kabut tipis menyelimuti Candi Gedong Songo sehingga mengakibatkan mata tidak begitu jelas memandang keindahan candi tersebut jika dilihat dari kejauhan. Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.

Candi Gedong Songo
yukpiknik.com

Untuk dapat mengunjungi obyek wisata Candi Gedong  maka kita harus berjalan sekitar 200 meter melalui jalan setapak. Namun kamu jangan khawatir karena sesampainya disana kamu akan ditawarkan jasa transportasi yaitu kuda untuk berwisata mengelilingi obyek wisata Candi Gedongsongo.

Harga tiket masuk ke objek wisata Candi Gedong cukup membayar Rp. 5000/orang sedangkan bagi wisatawan asing (Wisman) 25.000/orang.

Untuk jasa transportasi kuda bervariasi tergantung lokasi dan jarak tempuh. Misalnya saja tarif ke Wisata Desa  Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000), Air Panas Rp 40.000 (Wisman Rp 60.000), Candi II Rp 30.000 (Wisman Rp 40.000), Candi Songo Rp 50.000 (Wisman Rp 70.000)

 

Untuk menuju Candi Gedong Songo diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang naik, dan kemiringannya sangat tajam. Lokasi candi juga dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari obyek wisata Bandungan. Berikut daftar jarak tempuh menuju candi ini.

  • Ungaran – Gedong Songo : 25 km.
  • Ambarawa – Gedong Songo : 15 km.
  • Semarang – Gedong Songo : 45 km

Demikianlah artikel mengenai objek wisata Candi Gedong Songo. Kita sadar bahwa Indonesia sendiri punya potensi wisata yang luar biasa dan patut kita lindungi. Kalau bukan kita siapa lagi. Terimakasih.

 

Tinggalkan komentar