8 Candi Terbesar di Dunia, 2 Diantaranya Ada di Indonesia

Candi atau kuil adalah bangunan spiritual atau tempat ibadah peninggalan zaman purbakala agama Hindu-Budha. Bangunan ini sejatinya adalah tempat pemujaan dewa-dewi dalam kepercayaan agama Hindu maupun Budha.

Ada banyak sekali candi-candi atau kuil-kuil yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa diantaranya memiliki arsitektur besar dan megah. Berikut ini daftar candi terbesar di dunia.

Angkor Wat – Kamboja

blog.tourvia.me
blog.tourvia.me

Angkor Wat berada di urutan pertama komplek candi Hindu Buddha terbesar di dunia. Angkor Wat sendiri berarti ‘Kota Candi’, dibangun pada awal abad ke-12 sebagai persembahan untuk Raja Suryawarman ke-2 untuk dijadikan tempat tinggal dan pusat pemerintahan.

Borobudur – Indonesia

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Borobudur adalah kompleks candi Buddha terbesar di Asia Tenggara. Mempunyai 2,672 panel relief dan 504 stupa, candi ini menjadi ikon wisata utama pulau Jawa. Candi Borobudur termasuk salah satu dari UNESCO World Heritage Site.

Tiger’s Nest Monastery – Bhutan

za.pinterest.com
za.pinterest.com

Komplek bangunan suci ini bernama Tiger’s Nest Monastery, berada di tepi tebing yang curam tepatnya di Lembah Paro (Paro Valley). Tiger’s Nest Monastery menjadi salah satu ikon wisata andalan di Bhutan.

Candi Ranganathaswamy – India

www.architecturaldigest.com
www.architecturaldigest.com

Candi Ranganathaswamy (Srirangam) adalah candi Hindu terbesar di India sebagai persembahan kepada dewa Ranganatha. Candi yang mulai dibangun pada abad ke 17 ini  menjadi salah satu tujuan wisata utama di India.

The Temple of Heaven – Tiongkok

www.wlivenews.com
www.wlivenews.com

Terletak di tenggara kota Beijing, The Temple of Heaven atau Kuil Surga adalah kompleks kuil Tao yang didirikan pada masa Dinasti Ming oleh Kaisar  Yongle. Kuil Surga menjadi bagian dari UNESCO World Heritage Site.

Prambanan – Indonesia

news.bisnisbandung.co.id
news.bisnisbandung.co.id

Candi Prambanan merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar yang dibangun pada abad ke-9. Arsitektur candi ini melambangkan tiga dewa utama dalam ajaran Hindu atau disebut Trimurti, yakni Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Shiwa. Candi yang menjadi salah satu tujuan wisata utama di Jogja ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site.

Wat Rong Khun – Thailand

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Wat Rong Khun adalah kompleks candi yang memiliki ciri khas bangunan berwarna putih ini berada di kota Chiang Rai. Candi yang mulai dibangun tahun 1997 oleh inisiatif dari Chalermchai Kositpipat ini hingga saat ini masih menjalani renovasi dan perluasan bangunan.

Shwedagon – Burma

www.pinterest.com
www.pinterest.com

Candi yang dikenal dengan sebutan candi emas ini terletak di pusat ibukota Burma. Bangunan yang terdiri dari stupa dan pagoda ini keseluruhan bangunannya berlapis emas.

Tinggalkan komentar