Cara Agar Bisa Terhindar Dari Azab Kubur

“Setiap yang bernyawa pasti akan mati”. Salah satu ayat dalam dalam Al-Quran itu menunjukkan bahwa kematian itu pasti akan datang dan menghampiri semua yang bernyawa di muka bumi ini, termasuk manusia.

Dalam syariat Islam, diajarkan bahwa setelah ajal menjemput, setiap manusia akan memasuki alam barzakh atau yang biasa dikenal dengan alam kubur.

Di alam kubur tersebut tiap manusia akan ditanya tentang pertanyaan-pertanyaan yang mana akan menentukan apakah dia akan disiksa atau malah diberi kenikmatan di dalam kuburnya.

Bila dia mampu menjawab dengan benar maka pasti dia akan diberikan kenikmatan di dalam kuburnya sampai hari kiamat. Begitu juga sebaliknya, apabila dia tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar, maka siksaanlah yang akan menemaninya sampai hari kiamat tiba.

www.lebihbaik.xyz
www.lebihbaik.xyz

Oleh karena itu Rasulullah mengajarkan kepada umatnya satu amalan yang apabila bisa dikerjakan dengan istiqomah, bisa menghindarkannya dari pedihnya siksa kubur.

Amalan tersebut adalah membiasakan diri membaca surat ke 67 yaitu surat Al Mulk setiap malam sebelum tidur. Jika kamu bisa mengamalkannya maka insyaAllah kamu akan terhindar dari azab kubur yang pedih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ”Surat Al Mulk adalah penghalang dan penyelamat yang menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur”. (HR. Tirmidzi).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga bersabda, “Ada suatu surat dari Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat dan dapat memberi syafaat bagi yang membacanya, sehingga dia diampuni dosanya, yaitu tabaarakalladzii biyadihil mulk”. (HR. Ahmad).

Wallahu a’lamu bish shawab.

Tinggalkan komentar