9 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Agar Rambut Kamu Cepat Panjang

CARA AGAR RAMBUT CEPAT PANJANG – Hai, kita mau nanya nih sama kamu. Saat ini, rambut kamu pendek, sedang atau panjang?

Hmm, jawabannya pasti macam-macam dan beda-beda ya. Kalau cowok mungkin kebanyakan pendek, sementara cewek kebanyakan panjang atau sedang.

Buat kamu yang berambut pendek namun ingin memanjangkan rambut, hari ini kita punya 9 tips khusus buat kamu. Tips-tips ini nggak cuma buat cewek-cewek doang lho ya, cowok-cowok yang ingin punya rambut panjang juga bisa coba kok. ­čÖé

Apa saja tipsnya? Yuk kita bahas satu-satu.

 

 

Install Mindset Ini!

gymnasticsnewsnetwork.com

Sebelum lanjut ke tindakan real-nya, kita merasa perlu menanamkan mindset ini dulu ke kamu. Mindset yang kita maksud adalah: rambut nggak akan panjang dalam satu malam. Iya, agar rambut cepat panjang itu butuh proses dan butuh berbagai usaha. Setelah melakukan berbagai usaha itu pun, belum tentu tips-tipsnya bisa berjalan dengan kondisi rambut kamu. So, be patient, harus sabar. ok? ­čÖé

 

Tips Pertama: Jangan Lupa Gunakan Conditioner

pixabay.com
pixabay.com

Biasakan menggunakan conditioner untuk rambut setelah keramas. Conditioner mampu memberikan stimulus agar rambut tumbuh panjang. Conditioner juga mampu menjaga kelembapan rambut kamuu. Selain itu, conditioner juga mampu mengatasi berbagai masalah rambut seperti kering, rambut rapuh, kusam dan  lainnya. Zat-zat yang terkandung dalam conditioner dipercaya dapat mengganti lipid dan protein di dalam batang rambut.

Kurangi Memakai Sampo


Jika kamu masih terlalu sering memakai sampo, segera kurangi. Sampo terbuat dari berbagai zat kimia yang akan merusak kualitas rambut kamu. Terlalu sering menggunakan sampo akan membuat proses rambut tumbuh panjang menjadi sulit. Gunakan sampo jika kamu merasa kepala kamu gatal atau kotor aja. Dan, jangan lupa pakai conditioner setelah memakai sampo. Jika memungkinkan, gunakan sampo yang terbuat dari bahan-bahan herbal.

Jangan Menggunakan Alat-alat Ini

taupeandpearl.com
taupeandpearl.com

Alat-alat yang kita maksud adalah alat pemanas rambut seperti hair dryer, catokan dan pengeriting rambut. Dalam jangka pendek, alat-alat ini memang akan membuat rambut kamu cantik. Tapi dalam jangka panjang, alat-alat ini justru membuat rambut kamu rusak. Tekanan panas yang dihasilkan alat-alat ini akan menghambat tumbuhnya rambut. Jangan manyun dulu, tentu kamu boleh menggunakan alat-alat tersebut jika memang dirasa perlu. Tapi ingat, atur suhunya agar tidak terlalu panas, ok?

Bilas Dengan Air Dingin

pixabay.com
pixabay.com

Saat memakai sampo, jangan sekali-kali bilas rambut kamu dengan air dingin. Jika nggak punya shower air dingin di kamar mandi, kamu bisa menyiapkan es terlebih dahulu sebelum masuk ke kamar mandi. Membilas air dingin ke kepala mampu menstimulus terjadinya ┬ápertumbuhan rambut yang lebih cepat dibandingkan yang nggak. Nggak perlu sering-sering, seminggu 2-3 kali aja udah cukup kok. ­čÖé

Gunakan Bahan-bahan Alami Ini

soulvegansummit.com
soulvegansummit.com

Bukan hanya untuk rambut, untuk kebutuhan apapun sebaiknya kamu mengurangi pemakaian bahan kimia. Mulai sekarang, jika masih ada obat-obat kimia untuk rambut kamu, kurangin atau stop aja penggunaanya. Pakai aja bahan-bahan alami seperti minyak zaitun (olive oil), minyak kemiri, santan, sari minyak argan, madu, lidah buaya, teh hijau atau bahan alami lainnya. Masing-masing bahan alami tersebut memiliki khasiat yang cukup banyak. Kamu bisa pilih salah satu yang kira-kira mudah ditemukan, murah dan sesuai dengan rambut kamu. ­čÖé

Berikut ini adalah bahan alami yang diyakini memiliki khasiat untuk memanjangkan rambut secara cepat dan lebih aman.

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah terkenal dan terbukti bermanfaat mempercantik rambut, dapat dilihat dari banyaknya produk perawatan rambut yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Kamu bisa memanfaatkan kandungan dan nutrisi yang terdapat di dalam lidah buaya untuk mendapatkan rambut panjang dan lebat. Caranya, gunakan gel yang terdapat pada lidah buaya lalu kemudian usapkan pada kulit kepalamu.

Lakukan perawatan ini rutin setelah selesai keramas dengan mendiamkan kurang lebih selama 20 menit sebelum dibilas. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan madu.

Teh Hijau

Penggunaan teh hijau untuk memanjangkan rambut atau untuk mendapatkan rambut yang lebih sehat dilakukan dengan menyeduh teh lalu kemudian membalurkannya ke kulit kepala. Setelahnya bungkus rambutmu menggunakan handuk dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

Antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau bermanfaat menyuburkan rambut dan membuat sirkulasi darah di kepala menjadi lebih lancar serta merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Minyak Zaitun

Bahan alami ini memang dipercaya banyak memiliki khasiat untuk berbagai macam hal mengenai kesehatan, salah satunya untuk kecantikan. Minyak zaitun juga terbukti berkhasiat mampu memanjangkan rambut dengan cepat.

Konon, minyak zaitun bahkan sudah digunakan sejak zaman nenek moyang sebagai bahan untuk merawat rambut. Selain memanjangkan, minyak zaitun juga diyakini mampu menghaluskan rambut.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk perawatan rambut yakn dengan meneteskannya pada kulit kepada sekitar 4-5 tetes setelah selesai keramas di sore hari. Setelah itu, pijat kulit kepada dengan lembut dan perlahan, lalu biarkan selama semalam. Bilas pada pagi hari dengan menggunakan shampo sampai bersh.

Santan

Mungkin kamu tidak menyangka bahwa bahan yang satu ini bisa digunakan untuk memanjangkan rambut. Namun, buktinya santan memang banyak digunakan sebagai bahan untuk merawat kesehatan rambut.

Cara menggunakannya sendiri yakni dengan santan sebagai shampo sebagai masker rambut, lalu kemudian bungkus rambut setelahnya menggunakan handuk hangat. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit, dan bilas hingga bersih.

Khasiat santan tidak hanya untuk memanjangkan rambut, tapi juga untuk membuat rambut terlihat lebih berkilau dan lembut. Lakukanlah perawatan tersebut rutin selama 3-4 kali dalam seminggu untuk memperolah hasil yang maksimal.

Minyak Kemiri

Bahan alami berikutnya merupakan salah satu rempah yang umumnya terdapat di dapur para ibu rumah tangga, yakni kemiri. Khasiat dari kemiri sendiri yaitu mampu memperkuat akar, menghitamkan serta menyuburkan rambut. Hal tersebut karena kemiri memiliki kandungan gliserida, asam linolet, palmitat, protein, stearat, vitamin B2 dan juga lemak.

Telur

Kamu bisa menggunakan bagian kuning telur untuk membuat rambutmu cepat panjang. Caranya yaitu dengan mengusapkan kuning telur ke rambut atau bagian kulit kepala lalu pijat dengan perlahan dan lembut selama 15 menit.

Selanjutnya, bilas dengan menggunakan shampo dengan tujuan menghilangkan bau amis pada rambutmu. Rutinkan perawatan seperti ini selama tiga kali dalam seminggu.

Kulit Apel

Vitamin yang terdapat di kulit apel mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan lebih lancar sehingga memberi pengaruh yang bagus untuk pertumbuhan rambutmu.

Kandungan polifenol yang tinggi pada apel juga berkhasiat mengatasi rambut rontok. Selain itu, penggunaan kulit apel juga bisa membuat rambutmu sehat dan bernutrisi.

Cara penggunaannya bisa dibilang cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan kulit apel lalu kemudian mengoleskannya ke rambut kamu. Diamkan selama 15-20 menit lalu kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Pijat Kepala Secara Rutin

dhgate.com
dhgate.com

Tips selanjutnya agar rambut cepat panjang adalah rajin-rajin memijat kepala dengan lembut. Memijat kepala dapat melancarkan peredaran sel-sel darah. Hal ini akan membuat berbagai berbagai zat yang gunakan (termasuk bahan alami tadi) diserap dengan baik sehingga pertumbuhan rambut akan terangsang lebih cepat. Jika merasa capek memijat dengan tangan, kamu bisa menggunakan alat-alat sederhana seperti gambar di atas. Saat memijat, kamu juga bisa sekalian menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak argan. Nggak usah lama-lama, cukup 3-5 menit aja. Yang penting rutin dilakukan setiap hari.

Jangan Dicat!

citypaintingghana.com
citypaintingghana.com

Buat kamu yang suka ke salon untuk nge-cat rambu, udah bisa dikurangi ya. Mengecat rambut akan membuat rambut nggak sehat. Zat-zat yang terkandung dalam cat tersebut juga akan memperlambat laju pertumbuhan rambut. Selain itu, mengecat rambut juga  tidak sesuai syariat karena terhalangnya sampai air saat wudhu atau mandi wajib. Shalat kamu bisa tidak sah karena wudhu kamu belum sempurna.

Kurang Kegiatan Berenang

pixabay.com
pixabay.com

Sebagian kamu mungkin sudah tau, air dalam kolam renang mengandung zat klorin. Klorin ini akan menghambat laju pertumbuhan rambut. Untuk kamu yang hobi berenang namun ingin rambut segera panjang, kegiatan berenangnya  bisa dikurangi dulu ya. Atau jika memang pengen banget renang, jangan lupa pakai penutup kepala. Kemudian, jangan lupa segera dibilas dengan air bersih setelah selesai berenang, ok?

Nutrisi Penting Untuk Rambut

nutrisi-untuk-rambut
hdsa.org

Untuk mempercepat panjang rambut pastikan makanan yang kamu konsumsi adalah makanan sehat dan bergizi seimbang, Pastikan juga bahwa tubuhmu tidak kekurangan nutrisi penting yang mampu merawat rambut dari dalam. Berikut nutrisi penting untuk rambut:

Zat Besi dan Seng (Zinc)

Zat besi sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kebotakan. Zat besi dibutuhkan untuk membawa dan mengedarkan oksigen ke folikel rambut. Rambut sehat tidak hanya membutuhkan nutrisi, tapi juga pasokan oksigen yang cukup.

Selain zat besi, nutrisi lainnya yang dibutuhkan rambut adalah Seng (Zinc). Sama dengan zat besi, zinc bermanfaat guna mencegah kerontokan rambut. Penelitian membuktikan bahwa mineral zinc dapat mempengaruhi kadar androgen, ialah hormon yang terkait dengan kerontokan rambut.

Selain itu, zinc juga dibutuhkan untuk melindungi kulit kepala supoaya tidak kering dan terkelupas. Kekurangan zinc akan membuat rambut rontok, kulit kepala jadi kering dan terkelupas sehingga menimbulkan masalah ketombe.

Jadi supaya rambut sehat dan kuat, makanlah makanan yang banyak mengandung zat besi dan zinc, contohnya daging sapi, daging ayam, tiram, ikan, kedelai, kacang-kacangan, telur, dan lainnya, setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Guna memaksimalkan tubuh zat besi untuk menyerap zat besi, padukan konsumsi makanan yang kaya zat besi dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, stroberi, kiwi, dan lainnya.

Vitamin A

Vitamin A akan membantu melindungi dan memproduksi minyak bagi kulit kepala. Dengan kadar minyak yang cukup itu, kulit kepala akan tetap sehat dan tidak kering. Vitamin A juga berguna untuk menjaga pertumbuhan rambut.

Kurangnya vitamin A akan menyebabkan kerontokan pada rambut, muncul  ketombe juga kulit kepala menjadi gatal. Beberapa sumber makanan yang didalamnya terkandung vitamin A diantaranya adalah wortel, ubi, labu, dan lainnya.

Vitamin B

Kelompok vitamin B kompleks termasuk nutrisi penting yang dibutuhkan rambut. Berikut diantara vitamin B yang penting bagi rambut adalah, Vitamin B6, B5, dan B12. Vitamin B5 digunakan untuk menjaga kekuatan pada rambut, membantu mengilaukan rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Vitamin B6 membantu mencegah munculnya ketombe. Sementara Vitamin B12 berguna untuk mencegah terjadinya kebotakan. Sumber makanan yang kaya akan vitamin B diantaranya adalah ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, hati, juga susu.

Biotin

Biotin pada dasarnya merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang larut dalam air. Biotin diperlukan guna memberikan perlindungan membran sel rambut, mencegah supaya rambut tidak patah dan rontok.

Bagi Kamu yang memiliki rambut tipis, sangat disarankan untuk memakan makanan yang kaya biotin, karena biotin dipercaya mampu membuat rambut menjadi lebih kuat dan tebal. Sumber makanan yang kaya biotin diantaranya adalah hati, telur, beras merah, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ragi

Vitamin C

Vitamin C penting untuk sirkulasi pada kulit kepala, untuk memperlancar aliran nutrisi ke folikel rambut. Kekurangan vitamin C menyebabkan kerusakan rambut, membuat rambut rapuh dan mudah patah. Vitamin C juga membantu memaksimalkan penyerapan zat besi oleh tubuh.

Kombinasi makanan yang mengandung Vitamin C dan zat besi bisa memberikan hasil yang lebih baik pada rambut. Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin C diantaranya adalah jambu, jeruk, brokoli, stroberi, sayur hijau, dan lainnya.

Vitamin E

Sinar matahari dapat merusak rambut. Karenanya rambut membutuhkan vitamin E yang berguna untuk memberikan perlindungan untuk rambut rusak karena sinar matahari.

Vitamin E akan menjaga membran sel dan folikel rambut, juga menjaga rambut agar kuat dan sehat. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E diantaranya adalah kacang-kacangan, kiwi, sayur-sayuranan hijau semisal bayam, brokoli, dan lainnya.

Protein

Hampir 90% rambut terdiri atas protein. Itulah sebabnya protein sangat penting dan dibutuhkan untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Protein diperlukan rambut untuk menjaga pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh, termasuk sel rambut. Protein juga membantu memberi kekuatan pada rambut.

Kekurangan protein akan menyebabkan rambut mudah patah, rapuh, rontok, juga membuat berubah warna (timbul uban). Supaya rambut kuat dan sehat, banyak-banyaklah konsumsi makanan yang mengandung protein seperti ikan, ayam, telur, daging, susu juga produk susu, kacang-kacangan, dan lainnya.

Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 termasuk nutrisi penting yang dibutuhkan rambut. Omega 3 adalah minyak alami yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala sekaligus menjaga agar rambut tidak kering.

Kekurangan omega 3 akan menyebabkan rambut jadi kusam dan kulit kepala menjadi kering. Konsumsilah makanan yang kaya akan omega 3 dua kali sehari, seperti alpukat, ikan, telur, dan kacang-kacangan, akan membuat rambut sehat, kuat, panjang, lembut, dan indah berkilau.

Makna Rambut Panjang Bagi Pria

modelnavi.jp
modelnavi.jp

Penampilan menarik menjadi idaman dan keinginan setiap pria, wajah yang manis dan tampan serta bentuk tubuh yang atletis adalah salah satu faktor penting berpenampilan menarik. Selain itu, usaha yang sering dilakukan oleh kaum adam adalah dengan membuat rambut mereka panjang terurai (Gondrong) dan kemudian ditata sedemikian rupa dengan berbagai macam model.

Sekarang muncullah sebuah pertanyaan apakah bagus pria memelihara dan memanjangkan rambut ? Atau hanya membuat tidak rapi dan urak-urakan karena malas potong rambut? Berikut makna mengenai rambut panjang bagi pria!

Stigma Masyarakat Terhadap Pria Berambut Panjang

Gaya rambut panjang sendiri saat ini telah menjadi salah satu penampilan yang banyak digandrungi kaum pria muda. Tren tersebut terjadi karena mereka yang mengkonsep bahwa dengan memiliki rambut panjang penampilan akan terlihat stylish dan menarik. Padahal dalam masyarakat sendiri terdapat sebuah stigma yang tertanam kepada pria yang memiliki rambut panjang. Stigma tersebut adalah laki-laki berambut gondrong pada umumnya terlihat seperti berandalan dan memiliki kesan tak bisa merawat diri.

Rambut Panjang Membuat Seseorang Lebih Menarik

Jika yang memiliki rambut panjang terurai adalah perempuan, rambut adalah mahkota yang harus dirawat setiap hari. Bahkan kita sering menemukan kaum hawa mengeluarkan banyak uang hanya untuk merawat rambut mereka supaya terlihat menarik. Bagi pria hal ini juga berpengaruh terhadap penampilan mereka. Apabila rambut rapi, bersih dan sering mendapatkan perawatan, tidak perlu yang mahal, cukup dengan rajin keramas saja, rambut akan terlihat lebih baik.

Ekspresi Karakter

Dengan melihat rambut, anda bisa mengetahui bagaimana karakter dan kepribadian seseorang. Misalnya jika rambut seorang pria lebih rapi dan pendek maka kemungkinan mereka sering diidentikkan sebagai pria dengan tipikal yang senang berada di bawah aturan, karyawan atau pegawai negeri. Sedangkan pria berambut panjang dan gondrong diidentikkan sebagai pria yang tidak tahu aturan, sering membelot, pemikiran yang anti mainstream.

Dari ketiga faktor tersebut, ada sebuah pertanyaan yakni apa kesimpulan sebenarnya dari pria dengan rambut panjang ? Apakah rambut panjang mempunyai manfaat atau hanya menjadi sebuah tren di kalangan anak muda saat ini ? Jawabannya tidak! Rambut gondrong panjang memiliki filosofi dan makna yang selalu berubah sesuai perkembangan zaman.

Pada abad ke-6 SM masyarakat Yunani menjadikan rambut yang panjang sebagai suatu simbol kemakmuran serta kekuasaan. Bahkan jika kita menilik ilustrasi dewa-dewa dalam bangsa Yunani Kuno seperti Zeus, Apollo dan penguasa lautan Poseidon digambarkan dengan rambut yang panjang. Sementara pria berambut pendek selalu identik sebagai budak. Hal ini mungkin hanya dianggap cerita saja, namun terdapat sebuah filosofi tersendiri di dalamnya.

Selain Yunani, kita juga bisa melihat sejarah Inggris Kuno dimana memiliki pandangan terhadap pria berambut panjang. Bagi masyarakat inggris kuno, pria yang memiliki rambut panjang adalah orang yang memiliki pandangan artistik tinggi dan seorang yang bijaksana. Lain halnya dengan kebudayaan barat, di Benua Asia rambut panjang adalah sebuah jiwa, bahkan sebuah kehormatan dan harga diri. Contohnya Jepang yang dikenal dengan Samurai-nya. Mereka mengikat rambut kemudian membentuk simpul di bagian belakang kepala. Ternyata seorang samurai pun memiliki rambut panjang dan pantang mencukur rambutnya. Karena jika hal tersebut dilakukan, artinya mereka kalah dalam perang dan merasa terhinakan.

Begitulah makna pria dengan Di zaman sekarang ini etimologi dari rambut panjang menjadi berubah karena perbedaan kultur dan zaman.

Cara Merawat Rambut Panjang Ini Jika Ingin Rambut Tetap Sehat

Jika kau sudah mengetahui cara memanjangkan rambut dan memberikan vitamin yang harus kamu lakukan hal selanjutnya ketika mempunyai rambut panjang kamu harus bisa merawatnya. Perlu perawatan khusus bagi kamu yang mempunyai rambut  panjang terutama pria.

Perawatan dilakukan agar rambut kamu bersih dan sehat, tidak sembarangan untuk memiliki rambut yang indah dan sehat, bukan hanya menggunakan merk sampo yang ternama saja untuk menjaganya tapi kamu juga harus melakukan perawatan, berikut perawatannya.

Rutinlah Berkeramas (mencuci rambut)

Buat kamu para pria yang terobsesi dengan rambut panjang kamu harus sering berkeramas, karena pria biasanya mengeluarkan lebih banyak keringat dan rentan sekali dengan kondisi rambut berminyak dan bau berbeda dengan wanita.

Gunakanlah shampoo yang tepat dan cocok dengan kondisi rambut kamu, jangan sampai salah menggunakan shampoo karena bukan memberikan kesegaran tapi malah merusak. Disarankan untuk memeriksa  masalah rambut yang kamu alami dan memilih petunjuk dokter untuk shampoo.

Diusahakan jangan berkeramas setiap hari, keramas setiap hari atau bahkan satu hari dua kali sangat berbahaya. Pada saat kamu berkeramas kandungan yang terkandung dalam shampoo dapat menghilangkan minyak pada rambut.

Mengikat Rambut

Buat pria yang mempunyai rambut panjang alangkah baiknya jika kamu mengikatnya, kamu akan terlihat lebih rapih jangan samakan dengan wanita yang jika menguraikan rambut nya akan terlihat lebih cantik. Ini juga akan mengurangi kerisihan kamu.

Mengikat rambut juga menggunakan teknik tidak asal sembarang mengikat, sisirlah rapi rambut sebelum kamu mengikatnya dan jangan pernah mengikat rambut terlalu kencang karena akan menyebabkan rambut rontok. Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan ketika mengikat rambut dengan rapi.

Jangan Menggosok Rambut Saat Masih Basah

Mengeringkan rambut memang diperlukan tapi usahakan mengeringkan rambut tidak dengan handuk, biarlah rambut mengering dengan sendirinya. Lap lah rambut dengan handuk sewajarnya saja jangan sampai kering.

Terus bagaimana jika mengeringkan rambut dengan hairdryer? Boleh saja tapi dengan panas yang sesuai dan tidak berlebihan dan juga jangan terlalu sering mengeringkan rambut dengan ini karena akan membuat rambut rusak.

Kurangi penggunaan bahan Kimia

Semakin panjang rambut makan semakin rapuh dan mudah patah jika dibandingkan dengan rambut yang pendek. Sebenarnya tidak masalah menggunakan perawatan dengan bahan kimia asalkan penggunaannya dikurangi dan tidak terlalu sering.

Penggunaan bahan kimia yang berlebihan akan menyebabkan rambut kering dan rusak, usahakan satu bulan maksimal tiga kali dalam menggunakan perawatan kimia. Gunakan juga perawatan alami untuk menutrisi rambut yang rusak.

Pakai Kondisioner dan Serum

Serum atau kondisioner akan membantu merawat rambut dan menyehatkan rambut, setelah rutin berkeramas setelah itu lakukanlah pemakaian kondisioner yang akan menambah minyak pada rambut agar tidak benar-benar hilang.

Penggunaan serum akan membuat rambut lebih terlihat bersinar dan menggunakan kondisioner bermanfaat untuk memudahkan pembentukan rambut ketika ingin disisir dan dirapaihkan. Tidak perlu rutin asalkan satu minggu dua sampai tiga kali sudah cukup.

Asupan Nutrisi dan Air Putih

Setelah kamu memberikan nutrisi dan vitamin juga merawat rambut dengan baik dan benar kamu harus mengkonsumsi asupan gizi yang berkhasiat untuk kulit kepala dan rambut kamu sendiri.

Kamu cukup makan-makanan yang seimbang yang mengandung asam lemak Omega-3, vitamin B, air putih, zinc, air kacang hijau dan sari kedelai. Mengkonsumsi kacang-kacangan membantu merawat rambut agar lebih kuat dan sehat.


Itu saja 9 tips dan segala hal mengenai rambut panjang yang bisa kita share hari ini. Jangan lupa tinggalkan komentar ya barangkali ada tips lain dari kamu yang bermanfaat buat pembaca yang lain.

Semoga satujam.com bisa terus memberikan informasi dan tips menarik lainnya ya.

Have fun!

­čÖé

Tinggalkan komentar